Dinas Pariwisata Diminta Melibatkan Lebih Banyak Lagi Masyarakat Di Lima Kecamatan

Usai berkeliling Sungai Mahakam, Parade Hudoq menuju lokasi acara pembukaan Festival Hudoq Cross Border 2019 di Lapangan Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

LONG BAGUN – KABARKUBAR.COM

Sebelum dibuka Kamis 24/10/2019 siang, Festival Hudoq Cross Border 2019 di Kabupaten Mahakam Ulu diawali dengan Parade Hudoq. Penampilan budaya warisan leluhur suku Dayak di dataran hulu Sungai Mahakam itu mengundang antusias masyarakat setempat. Ketua DPRD Kabupaten Mahakam Ulu, Novita Bulan pun memberikan pesan khusus.



Seraya mengapresiasi gelaran adat budaya lokal yang telah dimulai tahun 2018 lalu, Novita Bulan berharap ada peningkatan kualitas kelompok peserta. Diakuinya ada perbaikan tampilan dari pelaksanaan tahun lalu. Karena kali ini Penari dan Topeng Hudoq lebih banyak.

“Judulnya Hudoq, tapi kelihatan masih sedikit, bahkan ada yang cuma lima Hudoq, setidaknya ada 20 atau 30 Hudoq per kecamatan,” ungkapnya kepada wartawan, saat acara pembukaan festival di Lapangan Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun.

Parade Hudoq Festival Hudoq Cross Border 2019 di Kabupaten Mahakam Ulu, dilakukan di Sungai Mahakam dengan menumpang perahu bermotor. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Dikatakan Novita Bulan, secara institusi DPRD Mahulu mengapresiasi Festival Hudoq Cross Border 2019. Terlihat dari banyak hal yang diperbaiki oleh panitia pelaksana, sehingga terlihat makin ramai. Sebagai salah satu instrumen seni budaya, masyarakat diharap lebih antusias untuk terlibat.

“Kita berharap Pemkab Mahulu khususnya Dinas Pariwisata agar melibatkan lebih banyak lagi masyarakat di lima kecamatan. Karena persiapannya sudah lama, agar lebih banyak lagi yang datang ke kabupaten,” pesan Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya ini.

Penampilan salah satu kontingen peserta Hudoq di atas perahu saat Parade Hudoq. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Sesuai jadwal, Parade Hudoq dilakukan sebelum acara pembukaan Festival Hudoq Cross Border 2019. Ratusan penari Hudoq sebagai kontingen dari lima kecamatan se- Mahulu berkeliling Sungai Mahakam di seputaran Pelabuhan Utama Ujoh Bilang. Sebelum parade, mereka berkumpul di tepian Sungai Mahakam, yang dalam bahasa setempat disebut Karangan.

Di tempat itu para peserta parade mempersiapkan  pakaian Hudoq mereka. Setelah semua siap, kemudian menggunakan perahu atau kapal motor rombongan melakukan Parade Hudoq menuju Pelabuhan Ujoh Bilang. Dilanjutkan ritual adat yang diadakan Lembaga Adat Kabupaten.



Parade ini dimaksudkan sebagai ucapan selamat datang, yang merupakan tradisi sebelum acara dimulai. Usai parade, peserta Hudoq berkumpul di lapangan tempat acara pembukaan Festival Hudoq Cross Border 2019. Untuk mengikuti acara yang dibuka Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh. #Lilis Sari

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here