PS Linggang Mapan Juara Linggang Cup Open 1 2018

PS Gloria Kampung Gemuhan Asa Kecamatan Barong Tongkok, sudah menjadi langganan Juara dalam setiap turnamen sepakbola putri sejak tahun 2005 lalu. KELVIN NURDIN/KABARKUBAR.COM

LINGGANG BIGUNG – KABARKUBAR.COM
Sepuluh kampung di wilayah Kecamatan Linggang Bigung bakal bergiliran menjadi tuan rumah Linggang Cup Open. Jika tahun 2018 ini Kampung Linggang Melapeh mendapat kesempatan sebagai tuan rumah, tahun 2019 nanti giliran Kampung Linggang Mapan. Meski berganti tuan rumah, pelaksanaan turnamen khusus sepakbola ini tetap sama. Dimulai 1 Maret, dan akan berakhir saat final pada 1 April.

“Linggang Cup Open terus bergulir setiap tahunnya, di bulan dan tanggal yang sama,” ujar Ekti Imanuel yang juga Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Kutai Barat, Selasa 3/4/2018.

Ekti menjelaskan, Linggang Cup Open digagasnya sebagai ajang silaturahmi masyarakat dataran Linggang. Yang terinspirasi Porseni Cup di era 1980-an, digagas dan disponsori Pastori Katolik. “Untuk sempekat warga Linggang dan silaturahmi tetap terjaga,” katanya.

Ekti Imanuel bersama para pemain, pelatih dan official PS Linggang Mapan yang meraih Juara di Turnamen Sepakbola Linggang Cup Open 1 Tahun 2018. KELVIN NURDIN/KABARKUBAR.COM

Bedanya, Linggang Cup Open memberi kesempatan yang sama bagi 10 kampung menjadi tuan rumah setiap tahunnya. “iapa bakal jadi tuan rumah tahun berikutnya, diundi saat final turnamen tahun berjalan. “Nah, untuk Linggang Cup Open 2 tahun 2019 di Linggang Mapan. Sesuai hasil cabut undi yang saya lakukan,” ujar Ekti yang juga Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya Kabupaten Kutai Barat.

Linggang Cup Open 1 yang diikuti 54 kesebelasan, terdiri dari 40 tim Putra dan 14 Putri. Seluruh pertandingan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Benteng Putra Linggang Melapeh. Hasilnya, PS Linggang Mapan meraih Juara setelah menumbangkan PS Family Group Kampung Sekolaq Oday dengan skor telak 6-0 pada partai Final, Minggu 1/4/2018. Sedangkan posisi ke 3 ditempati PS Manarung Putra Junior yang mengalahkan PS Presatiya Raya Balok Asa dengan skor 2-1. Pertandingan ini digelar Sabtu 31/3/2018 sore hari.

Kecerian Tim Putri PS Jangkar Muda Sakti dari Kampung Gemuhan Asa, usai meraih Juara II pada Linggang Cup Open 1, Minggu 1/4/2018. KELVIN NURDIN/KABARKUBAR.COM

Untuk Tim Putri, dua kesebelasan dari Kampung Gemuhan Asa Kecamatan Barong Tongkok merajai. Sebagai Juara, PS Gloria Bohoq mengalahkan PS Jangkar Muda Sakti dengan skor tipis 1-0. Sementara Juara III diraih PS Viktoria A Linggang Bigung, yang menumbangkan PS Rajawali Balok Asa dengan skor 4-2 lewat drama adu pinalti.

Selain disaksikan ribuan masyarakat pecinta sepakbola, Penutupan Linggang Cup Open 1 yang dipimpin Beny Renco sebagai Ketua Panitia, juga dihadiri sejumlah tokoh masyarakat. Diantaranya, Kim Sianto selaku Pengurus Harian KONI Kubar, Kepala Kampung (Petinggi) Linggang Melapeh Musiman, dan Petinggi Linggang Mapan Hernovprin.

Hadir juga Petinggi Linggang Purwodadi Umar, Petinggi Linggang Bigung Baru Bonifasius Dion, Kepala Adat Linggangg Melapeh Syahdan dan Pendeta GPdI Linggang Melapeh Hanif Jakob. #Kelvin Nurdin

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here