Bagian Pemerintahan, KPU dan Panwaslu Paparkan Materi Politik

Pembelajaran Politik Praktis, Etika dan Budaya Politik Bagi Masyarakat Kubar, Selasa 28/11/2017 di Ruang Rapat I Kantor Bappeda Kabupaten Kutai Barat, diikuti 70 peserta. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Banyaknya model pemilihan di Indonesia, sepatutnya dipahami benar aturan mainnya oleh masyarakat. Sehingga Pesta Demokrasi akan berlangsung dengan baik, dan menumbuhkan partisipasi lebih besar. Untuk itu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kutai Barat menggelar Pembelajaran Politik Praktis, Etika dan Budaya Politik Bagi Masyarakat Kubar, Selasa 28/11/2017 siang kemarin.

Bupati Kubar FX Yapan mengatakan, Indonesia dihadapkan begitu banyaknya Pemilihan Umum atau Pemilu. Ada Pemilihan Presiden, pemilihan Anggota Legislatif, Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur, dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Ada juga Pemilihan Kepala Kampung, Pemiliham Kepala Adat dan Pemilihan Ketua Badan Perwakilan Kampung. Sehingga masyarakat harus benar-benar memahami atau mengerti tentang politik.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh masyarakat Kubar memahami dan mengerti tentang politik. Setelah selesai, seluruh peserta dapat mensosialisasikannya kepada masyarakat luas di Kubar,” ujar FX Yapan kepada sekitar 70 peserta dari beragam elemen masyarakat, di Ruang Rapat I Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kubar.

Acara diisi pemaparan dari berbagai instansi. Dan dimulai oleh Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Kubar, Misran Effendi. Ia menyampaikan 13 materi pokok, yakni :

  1. Sejarah dan Perkembangan Ilmu Politik
  2. Definisi Politik
  3. Politik Sebagai Kekuasaan
  4. Politik Sebagai Proses Pembuatan Kebijakan
  5. Definisi Kekuasaan
  6. Definisi Pengaruh
  7. Defini Wewenang
  8. Perbedaan Negara dan Pemerintah
  9. Pengertian Etika Politik
  10. Etika Politik Demokrasi
  11. Budaya Politik
  12. Tujuan Etika Politik
  13. Sasaran Etika Politik

Sedangkan Ketua Komisi Pemilihan Umum Kubar, FX Irianto memberikan 5 materi. Yaitu:

  1. Penyelenggara Politik
  2. Azas Penyelenggara Politik
  3. Etika dan Budaya Politik
  4. Pendidikan Politik
  5. Mengenal Pemilu

Mewakili Panitia Pengawas Pemilu Kubar, Risma Dewi selaku Kordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, memaparkan 5 materi. Yaitu:

  1. Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Banwaslu Tegakkan Keadilan
  2. Undang-Undang Nomor : 07 Tahun 2017
  3. Alat Kerja Pengawasan
  4. Pusat Pengawasan Partisipatif
  5. Laporan Online

Pemaparan dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Hermanuddin, Kabag Perencanaan Polres Kubar Kompol Kasdi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Silan, Ketua Presidium Dewan Adat Kubar Yustinus Dullah, KNPI Kubar, dan beragam unsur masyarakat. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here