Fokus Gelar Liga Untuk Pembibitan Atlet

Eri Wiranda terpilih menjadi Ketua Asosiasi Futsal Kabupaten Kutai Barat untuk periode 2018-2022. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Anggota Asosiasi Futsal Kabupaten Kutai Barat memberikan kepercayaan kepada Eri Wiranda menjadi pimpinan untuk periode 2018-2022. Eri yang merupakan pimpinan klub Futsal Lady Gaga ini menggantikan Hari Supranoto, lewat Kongres Luar Biasa, Sabtu 7/4/2018 di Ruang Rapat Diklat Setkab Kutai Barat. Dihadiri 30 orang perwakilan 14 klub yang antara lain klub Macan Dahan, Duta Pertama, Wan, Pama, Gantar, Sholic, Geyoy FC, Brader FC, APP Kaltim dan Cendana FC.

Menurut Dodi Grynaldi selaku Pimpinan Sidang Kongres, agenda kongres adalah pergantian penggurus Asosiasi Futsal Kubar. Sebab ketua yang ada (Hari Supranoto) tidak lagi berdomisili di Kubar, tapi saat ini Sangatta Kabupaten Kutai Timur. Sehingga sejumlah program yang dilaksanakan di Kubar tidak lagi ada kordinasi ke provinsi.

Dodi mengimbau, agar empat tahun ke depan Futsal Kubar berubah lebih baik dalam organisasi maupun tehnisnya. Sebab Kubar punya potensi sangat besar, dengan putra-putri Kubar yang sedang kuliah di Samarinda. “Ini (kongres) juga permintaan teman-teman di Kubar, terutama klub di bawah naungan Futsal Kubar. Kita harap seluruh pengurus Futsal Kubar baru dapat lebih baik lagi,” katanya.

Kongres Luar Biasa Asosiasi Futsal Kabupaten Kutai Barat, Sabtu 7/4/2018 di Ruang Rapat Diklat Kantor Bupati Kutai Barat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Eri Wiranda mengatakan, membuat target menyelenggarakan liga yang selama ini belum pernah ada. Tahun depan didahului dengan kompetisi antar pelajar dan antar kecamatan. “Jadi kita fokus pada pembibitan usia dini untuk memenuhi target jangka panjang. Yaitu target  menduduki 3 besar di Pra Porprov tahun 2021,” ujarnya.

Sebagaimana instruksi Sekretaris Asosiasi Futsal Kaltim Dody Rinaldi, agar mengutus anggota mengikuti pelatihan tingkat nasional. Juli 2018 ini untuk pelatihan wasit Level 3 Nasional dan Oktober 2018 ada pelatihan pelatih Level 1 Nasional. Kedua pelatihan tersebut hanya terselenggara 2 kali dalam setahun. Kubar mendapat penghormatan sebagai penyelenggara kedua pelatihan itu.

Sebelumnya Kubar tidak ada wasit berlisensi nasional. Namun hanya berdasarkan pengalaman dan bisa disebut belum sah. Baru sebulan lalu ada wasit berlisensi nasional, setelah mengikuti pelatihan di Penajam Paser Utara. “Kita akan bekerjasama dengan PSSI, Dinas Pemuda dan Olahraga, serta KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia). Agar bisa berjalan beriringan ke depannya,” tegas Eri Wiranda.

Menanggapinya, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia Kubar FX Sumardi mengaku mendukung hasil kongres. Untuk kemajuan Bumi Tanaa Purai Ngeriman. “Kalau kemarin futsal kita belum sempat lolos ke Porprov, dengan pembenahan seperti ini kita harap bisa lolos nantinya,” ujarnya. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here