Ridwai: “Saya imbau, agar euforia kemenangan ini kita jaga sebaik-baiknya”

Hasil Quick Count oleh Lingkaran Survei Indonesia Denny JA saat suara baru masuk dari 324 TPS dari 390 TPS di seluruh Kabupaten Kutai Barat. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Sekira pukul 17.00 Wita, penghitungan suara di 390 Tempat Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kutai Barat telah berakhir. Hasil Hitung Cepat atau Quick Count Lingkaran Survei Indonesia Denny JA, pasangan FX Yapan dan H Edyanto Akan unggul. Hingga pada pukul 17.45 Wita, pasangan nomor urut 2 yang disebut Yakan, meraih suara sebesar 60,27 persen.

Hasil itu didapat setelah 98 persen suara terkumpul dari seluruh TPS  yang tersebar di 190 kampung dan 4 kelurahan. “Berdasarkan perhitungan cepat ini, Yakan sudah bisa dikatakan mengungguli rival (saingan) di Pilkada ini,” kata FX Yapan dalam Konferensi Pers di Lamin Kerebeq, Kawasan Busur RT 9 Kelurahan Barong Tongkok pada Rabu, 9 Desember 2020.

Secara pribadi, keluarga dan selaku pasangan calon, Yapan berterimakasih setinggi-tingginya kepada masyarakat Kubar yang sudah menggunakan hak suaranya sesuai hati nurani. Demikian juga kepada tim sukses lintas partai, ia memberikan apresiasi yang luar biasa.

“Mudah-mudahan perhitungan cepat ini sama dengan hasil KPU nanti. Terima kasih kepada Srikandi, perjuangan luar biasa para ibu. Tadinya putih-putih kulitnya, sekarang berubah jadi hitam (karena bekerja di lapangan untuk Yakan),” ungkapnya.

Konferensi Pers oleh Tim Pemenangan Yakan di Lamin Kerebeq, Kawasan Busur RT 9 Kelurahan Barong Tongkok pada Rabu, 9 Desember 2020. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Ia juga mengapresiasi kinerja Sahabat Yakan yang dinilai telah menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Serta tim rohaniawan yang menurutnya bekerja keras dan mendukung dalam doa yang sungguh luar biasa. “Kita juga melihat mereka sangat berperan di dalam Pilkada ini. Terima kasih juga untuk masyarakat semuanya,” kata Yapan.

“Saya minta seluruh Tim Yakan untuk bersabar. Kita menunggu hasil final (Real Count atau Hitung Resmi) dari KPU sebagai pelaksana Pilkada ini. Saya minta, tolong tim Yakan jangan dilayani kalau ada informasi yang menyerang kita. Tidak usah dilayani,” imbuhnya.

“Saya juga memohon, di Facebook dan di mana saja, jangan membuat blunder (kesalahan yang merugikan sendiri). Kita tidak usah berlebihan, kita tunggu dari KPU, itu kita dampingi suara kita yang masih di kampung-kampung dan akan masuk ke kecamatan untuk pleno. Akan masuk ke KPU Kubar,” katanya.

Quick Count oleh LSI Denny JA untuk Pilkada Kubar juga ditayangkan secara resmi di berbagai media ternama nasional. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Yapan menegaskan, pleno di kabupaten oleh KPU Kubar, adalah hasil yang sah menurut peraturan. Namun, margin error atau batas kesalahan data quick count oleh LSI juga tidak lebih dari 1 persen. “Data ini, meski sampai 5 persen margin error-nya, kita tetap menang,” ujarnya.

Menurut Edyanto Arkan, hasil LSI memastikan Yakan di posisi menang. Ia pun berterimakasih kepada seluruh tim pemenangan, partai pengusung dan pendukung. Serta seluruh masyarakat yang menyukseskan Pilkada Kubar ini. “Ini adalah rahmat TUHAN Yang Maha Kuasa, yang memberikan amanah kepada kami berdua. Untuk membawa masyarakat Kubar menjadi lebih sejahtera dan berkeadilan,” katanya.

FX Yapan meminta seluruh masyarakat untuk tidak merayakan kemenangan dengan berlebihan. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Ini juga hasil kerja keras bapak, ibu, adik-adik dan semua masyarakat Kubar yang masih menginginkan kami memimpin Kubar sampai tahun 2024 mendatang. Ini tonggak, bahwa amanah itu sebagaimana yang telah kami lakukan, berada pada garis yang benar. Yaitu ingin Kubar secara berkeadilan,” ucap Edyanto Arkan.

Sebagai Ketua Tim Pemenangan Koalisi Partai Yakan, Ridwai menyampaikan terima kasih tak terhingga. Baik Tim Koalisi, Sahabat Yakan, Srikandi, Barisan Muda Yakan dan Relawan Yakan, yang sudah melaksanakan tugas sebaiknya. “Kami atas nama Tim Pemenangan, mengucapkan terima kasih atas kerja keras selama 71 hari ini,” katanya.

Bendahara DPC PDI Perjuangan Kubar ini menyebut kerja keras semua tim sudah jelas dan nyata. Yakni, Yakan sudah terpilih kembali untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kubar. Kemenangan di depan mata tersebut, diminta agar semua orang tetap menunggu hasil resmi dari KPU Kubar yang akan disampaikan ke masyarakat. “Saya imbau, agar euforia (rasa gembira) kemenangan ini kita jaga sebaik-baiknya,” ujarnya.



“Jangan sampai berlebihan, yang nantinya bisa menimbulkan kegaduhan di masyarakat kita. Itu yang saya tekankan dan harapkan. Kita boleh bersenang-senang, boleh bergembira, tapi tidak boleh berlebihan. Sehingga tidak memancing suatu masalah atau keributan,” pungkas Ridwai.

Menjadi mediator Konferensi Pers, Stepanus Ujung menyatakan besok Tim Pemenangan Yakan akan mengumpulkan formulir C Hasil yang dulu disebut C6. Besok disebut sebagai final Real Count, dan akan disampaikan kepada masyarakat.

Ia mengingatkan, pleno penetapan hasil Pilkada Kubar akan dilakukan pada tanggal 13-19 Desember 2020 oleh KPU Kubar. “Kita akan tahu, dan biasanya kalau pun berbeda, paling selisih 1 persen. Kita harus bersabar dan jangan terlalu jumawa, dan kita meyakini, bahwa kemenangan sudah ada di pihak Yakan,” kata Stepanus. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here