Dishub Akan Pasang Zebra Cross di Perkampungan

Tempat penyeberangan atau Zebra Cross di depan Gereja Bethel Tabernakel Jemaat ‘Yesus Alpha Omega’ Dusun Royoq Kampung Sekolaq Oday Kecamatan Sekolaq Darat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

SEKOLAQ DARAT – KABARKUBAR.COM
Mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas, Jemaat ‘Yesus Alpha Omega’ Gereja Bethel Tabernakel atau GBT berinisiatif membuat Tempat Penyeberangan berupa Zebra Cross. Hal itu ditujukan untuk menghindarkan masyarakat dari risiko laka lantas, khususnya anak-anak di Taman Baca Anak PPK gereja setempat.

Zebra Cross di jalan poros Barong Tongkok-Melak itu, sedikit banyak telah membantu masyarakat untuk lebih aman saat menyeberang jalan. “Zebra Cross dibuat atas sumbangan jemaat dan orangtua murid. Agar pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan dan tahu pentingnya keselamatan,” kata Gembala GBT ‘Yesus Alpha Omega’, Pendeta Sopater Sufedi, di gereja yang berlokasi di Jalan Sendawar Raya No.158 RT IV Dusun Royoq Kampung Sekolaq Oday, Kecamatan Sekolaq Darat.

Atas inisiatif tersebut, Kasi Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Barat, Ahmad Bey sangat mendukung dan memberi penghargaan tinggi. Menurutnya, Zebra Croos fungsinya vital bagi masyarakat sekitar, khususnya anak-anak dan remaja saat menyeberang jalan. Sebab volume kendaraan melintas sudah sangat ramai. “Semoga atas pemikiran dan hasil kerja yang mereka lakukan itu, dapat bermanfaat bagi anak-anak maupun orang banyak,” ujarnya.

Diakuinya, jalan yang berstatus jalan provinsi yang menjadi kewenangan Balai Satuan Kerja Nasional di Balikpapan. Dishub Kubar akan membuat usulan untuk membuat Zebra Cross di sejumlah titik yang ramai penduduknya. “Di beberapa titik, memang Zebra Croos sudah buram warnanya. Untuk di beberapa kampung, kami yang langsung memasang Zebra Cross,” kata Ahmad Bey.

Zebra Cross di depan Gereja Bethel Tabernakel, sangat membantu masyarakat untuk terhindar dari risiko kecelakaan lalu lintas. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Soal usulan yang akan ditujukan ke Kementrian Perhubungan, jelas Ahmad Bey, masih akan disurvei lebih dulu. Namun Zebra Cross akan diutamakan dipasang di titik yang berdekatan atau tepat di sarana pendidikan, kesehatan, dan ibadah. Juga di sarana umum lainnya, seperti sekolah, masjid, gereja, puskesmas atau rumah sakit, serta pasar.

Apresiasi juga disampaikan Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kutai Barat, Ajun Komisaris Polisi Angga Indarta. Tidak saja menjadi sarana melindungi masyarakat sebagai pelintas, tapi juga membuat pengendara lebih berhati-hati saat berkendara. “Kalau seluruh pihak punya inisiatif baik seperti itu, tugas Polisi pun akan lebih mudah,” katanya. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here