Dikenal Sebagai Polisi Tegas

2805_Kapolres Kubar AKBP Hindarsono dan istri disambut acara adat Tepung Tawar
TRADISIONAL : Kapolres Kubar AKBP Hindarsono dan istri mendapat sambutan masyarakat secara adat Dayak Tunjung dan Benuaq dengan Tepung Tawar yang dilaksanakan seorang Pemangku Adat di Bandara Melalan, Kutai Barat, Kamis (28/5/2015).    HENDRI PHILIP/KabarKubar.com

BARONG TONGKOK – Untuk yang keenam kalinya, Kepala Kepolisian Resor Kutai Barat mengalami pergantian. Ajun Komisaris Besar Polisi Hindarsono menggantikan AKBP Wahyu Purwadi Anggoro yang akan bertugas ke Sekolah Setingkat Pimpinan Polri di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian. Mantan Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya ini tercatat sebagai Kapolres Kubar ke tujuh.

Sejak dimekarkan dari Polres Kutai di tahun 2001, Polres Kubar baru ditunjuk seorang Kapolres definitif di tahun 2004. Kapolres pertama adalah AKBP Nursaptono Djuhartono yang mulai bertugas sejak Oktober 2004 hingga November 2015. Sebelum Nursaptono, Polres Kubar dipimpin Kompol Halomoan Tampubolon sebagai Kapolres Persiapan sejak tahun 2002. Halomoan Tampubolon saat ini menjabat Kepala Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional Provinsi Kaltim dengan pangkat AKBP.

Berikut riwayat pergantian Kapolres Kubar sejak pertama hingga sekarang:
1. AKBP Drs Nursaptono Djuhartono                                      Oktober 2004 – November 2005
2. AKBP Heru Dwi Pratondo, SH, MM                                      November 2005 – Maret 2008
3. AKBP Drs I Wayan Sunartha                                               Maret 2008 – November 2009
4. AKBP Raden Yosef Wihastono Yoga Pranoto S.IK              November 2009 – Desember 2011
5. AKBP Handoyo S.IK, M.Si                                                    Desember 2011 – Mei 2013
6. AKBP Wahyu Purwadi Anggoro S.IK                                    Mei 2013 – Mei 2015
7. AKBP Hindarsono S.IK, M.Hum                                            Mei 2015 – Sekarang

Hindarsono menjadi Kapolres Kubar dengan terbitnya Surat Telegram bernomor: ST/1065-1067/V/2015 tertanggal 13 Mei 2015. Serah terima jabatan Kapolres Kubar digelar di Markas Polda Kaltim, Selasa (26/5/2015), bersamaan dengan sertijab dua kapolres lainnya. Yakni Kapolres Kutai Kartanegara dari AKBP Mukti Juharsa kepada AKBP Handoko, dan Kapolres Bontang AKBP Heri Sasangka diganti AKBP Hendra Kurniwan.

2805_AKBP Hindarsono

Ia dikenal sebagai polisi yang bersikap tegas terhadap pelanggaran hukum tanpa pandang bulu. Sekalipun anggota kepolisian, ia tidak akan memberi toleransi jika terbukti melanggar hukum. “Jika benar, ya katakan benar. Kita tidak mau tajam ke bawah tapi tumpul ke atas. Polisi adalah wajah masyarakat, jika polisi buruk masyarakatnya pun bisa jadi buruk,” katanya kepada sejumlah wartawan di ruang kerja, Kamis (28/5/2015).

Kapolres Hindarsono telah bertugas di berbagai daerah dalam beragam jabatan. Diantaranya Wakil Kapolres Magelang (Jawa Tengah), Kasat Lantas Polres Jakarta Selatan (Jakarta), Kasat Lantas Polres Boyolali (Jawa Timur) dan Kasat Reskrim Polres Dili (Timor Timur). “Paling berkesan saat di Dili, berhadapan dengan para anggota separatis Fretilin. Yang harus diutamakan adalah kebersamaan. Tidak boleh ada yang lari jika sedang bertugas, harus kompak dan hadapi resiko bersama-sama,” katanya.

Kepada para Kepala Satuan, Kepala Polsek, Kepala Unit dan Perwira di Polres Kubar, Hindarsono mewanti agar polisi tidak terlibat penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang. Jika terbukti, tidak ada toleransi darinya sebagai pimpinan. “Saya ingatkan agar para kapolsek selalu mengawasi anggotanya, jangan sampai terlibat narkoba, jika terlibat berarti komandannya tidak becus mengatur anak buah. Jika terbukti, tahu sendiri akibatnya,” tegasnya di ruang rapat lantai II Mapolres Kubar.   #Hendri Philip

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here