Peserta Lomba Sumpit, Logo dan Gasing Sudah Ratusan

Sekretaris Kabupaten Kubar Yacob Tullur, Kepala Polres Kubar AKBP Pramuja Sigit Wahono, Komandan Kodim 0912/Kubar Letkol infanteri Rudi Setiawan, dan Ketua Panitia HUT ke-18 Kubar Henderman Supanji, menyumpit perdana dalam Pembukaan Lomba Menyumpit di Taman Budaya Sendawar, Jumat 3/11/2017. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Kompleks Taman Budaya Sendawar di Jalan Sendawar Raya, Kecamatan Barong Tongkok, kembali tampak ramai. Jumat 3/11/2017 pagi ini dibuka perlombaan 3 olahraga atau permainan tradisional. Sekaligus meresmikan keberadaan 180 stan yang turut memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-18 Kabupaten Kutai Barat.

Olahraga tradisional yang diperlombakan tersebut, adalah Sumpit, Logo dan Gasing. Jumlah peserta lomba telah mencapai 100 lebih, dan masih menerima pendaftaran. Pembukaan ditandai dengan Forum Komunikasi Perangkat Daerah yang melakukan sumpitan dari jarak 30 meter. Yakni Sekretaris Kabupaten Kubar Yacob Tullur, Kepala Polres Kubar AKBP Pramuja Sigit Wahono dan Komandan Kodim 0912/Kubar Letkol infanteri Rudi Setiawan. Dan Ketua Panitia HUT Ke-18 Kubar, Henderman Supanji.

Dalam sambutan mewakili Bupati Kutai Barat, Yacob Tullur mengajak agar selalu semangat serta mempunyai kesadaran untuk memajukan Kubar. Semakin menguatkan dan meneguhkan nilai budaya serta olahraga. Juga membangun pemahaman publik yang positif, dan tidak tenggelam dalam arus budaya asing.

“Mengimplementasikan olahraga ini, bisa dijadikan seni dalam kehidupan jasmani. Dan menjadikan Kubar sebagai destinasi (tujuan) wisata yang sangat menarik dan berpotensi,” kata Yacob Tullur.

Ia mengimbau masyarakat Kubar untuk berpartisipasi aktif melestarikan nilai budaya. Dan mendongkrak Gerakan Masyarakat, serta optimalisasi semangat dan tekad seluruh generasi muda.

Lebih dari 5000 peserta mengikuti Senam Bersama, Jumat 3/11/2017 pagi tadi, dalam Pembukaan Rangkaian HUT ke-18 Kabupaten Kutai Barat di Taman Budaya Sendawar. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Menurut Kepala Seksi Perizinan Industri pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kubar, Yakin Masiku, stan pada pameran berjumlah180. Terdiri dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah 60, Kuliner 11, Pedagang Kaki Lima 74 dan Pengrajin 25. “Sebagian besar stan sudah mulai buka sejak pekan ini. Dan puncak acara pada Senin 6 November 2017 nanti,” ujarnya kepada KabarKubar.

Pembukaan rangkaian HUT ke-18 Kubar itu juga diisi dengan pelepasan balon oleh Sekda, Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Sri Rahayu dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kubar, Bahtiar. Dan ada juga Launching Paket Komplit Layanan Administrasi Kependudukan dari Disdukcapil Kubar.

Acara tersebut diawali Senam Pagi Bersama yang diikuti ratusan peserta yang terdiri dari para pegawai Pemkab Kubar, anggota TNI-Polri, pelajar dan juga masyarakat. Turut hadir sejumlah Kepala OPD dan tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta tokoh adat. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here