Edyanto Arkan: Generasi Muda Harus Merdeka Dari Narkoba

Sekretaris Kabupaten Kutai Barat menyematkan tanda kehormatan Lencana Pancawarsa kepada 11 anggota Pramuka Kabupaten Kutai Barat yang dinilai berjasa. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Kwartir Cabang Praja Muda Karana Kabupaten Kutai Barat menganugrahi tanda penghargaan Lencana Pancawarsa kepada 11 Tokoh yang dianggap berjasa bagi Pramuka Kubar. Anugrah itu diberikan dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-57 Pramuka. Acara dilaksanakan di panggung Alun- Alun Itho, Selasa 14/8/2018 pagi.



Mereka yang mendapat anugrah Lencana Pancawarsa itu adalah:
1. FX Yapan  Ketua Majelis Pembimbing
2. IrwantoWakil Ketua Bidang Humas Kominfo dari Tahun 1998-sekarang
3. Syofiah Widodo  Urusan Abdi Masgana dari Tahun 2003
4. H Edyanto Arkan  Wakil Ketua Majelis Pembimbing dari Tahun 2008
5. Darlie  Ketua Kwartir Ranting Muara Pahu
6. Safri Mabi Gugus Depan SMPN 1 Muara Pahu dari Tahun 2013-sekarang
7. Mikael  Ketua Mabi Gugus Depan SMAN 1 Linggang Bigung
8. Ahmad Shadiq  Wakil Ketua Bidang Binawasa
9. Yakobus YamonKetua Kwartir Cabang Kutai Barat
10. Ari Setiawan Warsito  Kordinator Wilayah
11. Susiani  Aset dan BUMGP dari Tahun 2013-sekarang

Momen yang dihadiri seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah itu, Edyanto Arkan yang juga Wakil Bupati Kutai Barat, berharap ada hikmah penting harus didapat. Peringatan HUT Pramuka diharap menjadi pendorong kebangkitan Pramuka agar lebih baik. Serta menjadikan generasi muda yang lebih berkualitas dan mampu menjaga keutuhan NKRI. “Pramuka ialah perekat NKRI,” tegasnya pada acara yang menampilkan Tarian Semaphore, Kolaborasi dan Fashion Show.

Dikatakan Edyanto Arkan, gerakan Pramuka sebagai wadah membentuk karakter yang beriman dan memiliki ahlak mulia. Serta taat kepada hukum, disiplin dan memiliki kecakapan hidup. Sekaligus mengamalkan pancasila untuk kehidupan yang lebih baik bersama sama. Seluruh anggota Pramuka harus mampu menjadi bangsa yang berkualitas dalam iman dan perbuatan. Generasi muda harus merdeka dari narkoba.

Wakil Bupati Kutai Barat, Edyanto Arkan yang juga Wakil Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Kutai Barat, menyerahkan piagam penghargaan kepada 11 tokoh. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Ia melanjutkan, Pramuka harus meningkatkan pengabdiannya dengan cara menjauhi dan mencegah peredaran narkoba. “Aktifkan kembali Pramuka di sekolah, untuk membentuk kaum muda yang berkarakter, mandiri dan berbudaya. Aktifkan gugus depan, dan gapailah prestasi serta harumkan nama daerah. Dan selalu tumbuhkan keperdulian terhadap lingkungan,” ucap Edyanto Arkan.

“Saya berterimakasih dan bangga terhadap Pramuka Kutai Barat atas juara atau peringkat 4 Keaktipan Pramuka di Provinsi Kalimantan Timur,” imbuhnya.



Yakobus Yamon sebagai Ketua Kwarcab Kubar memaparkan, tentunya harus tertanam dalam hati, sebagai pedoman bersikap dan berperilaku. Hendak membantu kaum muda menjadi pemimpin masa depan, juga berperan di dunia dewasa ini dengan semangat kesatuan dan persatuan.

“Semoga dapat memacu dan mendorong, membantu tanpa bosan dan lelah demi cita-cita bangsa. Siap bergandengan tangan bersama pemerintah menuju Kubar yang lebih baik. Jaya Pramuka, Jaya Indonesiaku,” katanya. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here