Pisah Sambut Pastor Sam dengan Pastor Atsui

Sekretaris Kabupaten Kutai Barat, Yacob Tullur, memotong nasi tumpeng pada Perayaan Syukuran HUT Ke-81 Paroki Kristus Raja Barong Tongkok, Minggu 25/11/2018 malam. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Gereja Katolik Paroki Kristus Raja Barong Tongkok memiliki Pastor baru, yaitu  Pastor Thomas Lukas Atsui Wiyatngow MSF. Pastor yang sebelumnya melayani di Gereja Katolik Paroki Tering ini menggantikan Pastor Tadeus Sam Anyeq Pr. Pastor Atsui, lahir pada tahun 1956 di Kabupaten Sampit, Provinsi Kalimantan Tengah. Dan merupakan anak sulung dari 10 bersaudara.

Acara penyambutan diadakan di halaman Gereja Paroki Kristus Raja Barong Tongkok, Minggu 25/11/2018 malam. Seremoni itu juga sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun Paroki Kristus Raja Ke-81.



Bupati Kutai Barat, FX Yapan, mengucapkan selamat atas dilantiknya Pastor Atsui sebagai Pastor Paroki Kristus Raja BarongTongkok. Juga secara atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat menyampaikan selamat atas ulang tahun ke-81 Paroki Kristus Raja Barong Tongkok.

Hadir pula Ayonius yang adalah Asisten II Sekretariat Kabupaten Kutai Barat, bersama para tamu dan undangan lainnya. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Leat pisah sambut, gereja diharap dapat terus memotivasi umat untuk semakin mengeratkan serta mengokohkan hubungan silahturahmi antara umat dan Pastor Paroki yang baru. “Semoga hari ini menjadi penanda kelanjutan kebangkitan karya roh Kristus dalam karya injili  umat Katolik di Kevikepan Sendawar ini, khususnya di wilayah paroki ini,” katanya melalui sambutan yang dibacakan Sekretaris Kabupaten Kubar, Yacob Tullur.

Yapan berharap, gereja melibatkan diri dalam usaha pembangunan daerah. Serta bersikap kristis konstruktif dengan jujur menilai tujuan dan sasaran pembangunan. Maupun program-program yang dicanangkan oleh pemerintah dalam upaya pemerataan kesejahteraan.

Sekda Kubar Yacob Tullur, Pastor Thomas Lukas Atsui Wiyatngow dan Silvanus Ngampun, meniup lilin ulang tahun ke-81 Paroki Kristus Raja Barong Tongkok. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Juga mampu mengarahkan umatnya untuk terlibat secara aktif dalam pembangunan sesuai dengan keahlian dan panggilan masing-masing. Gereja wajib untuk bersinergi dengan pemerintah untuk memperjuangkan dan menegakkan martabat manusia. Baik atas hak dasar dan hukum, serta kemiskinan dan keterbelakangan. “Dan pada akhirnya gereja mendukung sepenuhnya usaha pemerintah memupuk rasa toleransi dan kerukunan antar umat beragama,” harap bupati.



Pengurus Paroki Kristus Raja Barong Tongkok, Silvanus Ngampun mengatakan, pengurus dan umat siap mendukung dan berjuang bersama untuk mensukseskan program pastor. Yang memimpin 24 Stasi dengan sekitar 7.000 umat di wilayah Paroki Kristus Raja Barong Tongkok. “Hal ini sungguh luar biasa, bahwa agama Katolik di Kubar ini juga telah menunjukkan kesungguhannya dalam mengimani ajaran TUHAN. Terutama dalam mengamalkan hukum yang terutama, yaitu kasih,” katanya.

Silvanus Ngampun yang juga Kepala Dinas Pendidikabn dan Kebudayaan Kubar menjelaskan, sebagai bagian dari umat beragama, gereja selaku salah satu institusi sosial. Yang berupaya untuk mewadahi manusia yang percaya akan nilai kebaikan dan kebenaran. “Gereja juga terus berupaya melalui ragam programnya menjawab tantangan iman dan hidup saat ini, termasuk tantangan pembangunan,” pungkasnya.

Ditambahkan Marselinus Muchlis, pergeseran petugas gereja berkaitan dengan Pastor Maratmo MSF yang meninggal dunia. Pastor Maratmo sebelumnya adalah Pastor Paroki Kristus Raja Barong Tongkok dan Vikaris Kevikepan (Vikep) Sendawar. Kemudian digantikan oleh Pastor Tadeus Sam Anyeq PR yang adalah Penanggung Jawab Katolik Center Santo Thomas Aquinas.

Pastor Sam selaku Pelaksana Tugas Pastor Paroki Kristus Raja Barong Tongkok kemudian kini menjabat Vikep Sendawar. Wilayah Kevikepan Sendawar meliputi semua Paroki yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu. “Vikep Sendawar bertanggungjawab langsung kepada Uskup Agung Samarinda,” jelas Muchlis yang juga Pengurus Paroki Kristus Raja Barong Tongkok. #Lilis Sari/Advertorial

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here