Wagub : “Jangan sampai termakan isu-isu SARA yang dapat memecah belah”

Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi, mengingatkan pentingnya reklamasi tambang, dan persatuan dalam menghadapi pesta demokrasi di tahun depan. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Puluhan ribu masyarakat tumpah ruah di Alun-alun Itho, Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, Senin 5/11/2018 pagi tadi. Termasuk di dalamnya ratusan tokoh masyarakat dan pejabat pemerintahan, pimpinan perbankan serta instansi atau lembaga lainnya. Keramaian dalam rangka Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Kutai Barat Ke-19, yang diisi serangkaian acara seni dan budaya.



Dalam sambutannya, Hadi Mulyadi selaku Wakil Gubernur Kalimantan Timur, memuji perkembangan Kubar yang cukup signifikan. Termasuk dalam kepemimpinan FX Yapan yang baru dua tahun, terus menunjukkan kemajuan di segala bidang. Namun ia juga mengingatkan pentingnya penanganan terhadap akitifitas pertambangan. Agar tidak menjadi kendala di masa mendatang.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, mendampingi para tamu penting yang menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-19 Kabupaten Kutai Barat, Senin 5/11/2018 di Alun-alun Itho. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Dikatakannya, Kubar terkenal dengan sektor pertambangan batubara dan emas. Ia mengimbau, agar Pemkab Kubar senantiasa menjaga kelestarian. “Penting ada reklamasi tambang. Jangan sampai kita melalaikannya, karena kelangsungan tambang hanya sementara. Sehingga harus mulai mengembangkan sektor pertanian, perkebunan dan perikanan,” katanya dari Tribun Upacara.

Wagub yang baru dilantik oleh Presiden RI, Joko Widodo pada 5 September 2018 ini pun menyinggung pergolakan politik menjelang Pemilihan Umum tahun 2019 mendatang. Agar masyarakat tetap menjaga keharmonisan meski berbeda pilihan. “Kita boleh berbeda pilihan, mari kita bersama-sama menjaga kerukunan dan persatuan di Kubar. Jangan sampai termakan isu-isu SARA yang dapat memecah belah,” ujarnya.

Hadi Mulyadi berharap, pemerintah tetap kompak dalam menjaga kemitraan antar Forum Koordinasi Pimpinan Daerah. Sehingga iklim Kubar sejuk dan aman, dan dapat meningkatkan animo masyarakat dalam pembangunan. Harapan lainnya, Kubar dapat mengentaskan kemiskinan. “Jangan  sampai ada anak-anak kita yang putus sekolah. Saya turut bangga terhadap kepemimpinan FX Yapan yang dapat mengemban tugas dengan baik,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kubar Jackson John Tawi, membacakan sekilas sejarah Kubar yang lahir dengan terbitnya Undang-undang Nomor 47 Tahun 1999. Yang kemudian memiliki Penjabat Bupati pada periode 1999-2001, yakni Ir Rama Alexander Asia. Dan kemudian Rama Asia menjadi Bupati Kubar dengan didampingi Ismail Thomas SH sebagai Wakil Bupati Kubar.

Selama 10 tahun kemudian, atau Periode 2006-2016, Kubar dipimpin pasangan Ismail Thomas SH dan Didik Effendi SSos MSi sebagai Bupati dan Wakil Bupati. Terakhir lewat Pilkada di tahun 2015, FX Yapan SH dan H Edyanto Arkan SE terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kubar untuk periode 2016-2021.

Kemeriahan peringatan HUT Kubar Ke-19 dengan kehadiran puluhan ribu masyarakat yang memadati Alun-alun Itho dan menyebar di seputar lapangan di Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Kutai Barat itu. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Acara yang berlangsung hingga tengah hari tadi dihadiri para tokoh penting di Kaltim dan Kubar. Di antaranya, Komandan Korem 091/ASN Brigadir Jenderal TNI Irham Waroihan, Pangeran Prabu Adipati Surya Adiningrat dan Aji Pangeran Poeger dari Kesultanan Kutai. Ada juga Direktur Utama Bankaltimtara, Zainuddin Fanani, dan Wakil Bupati Mahakam Ulu, Yohanes Juan Jenau.



Hadir Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph, Komandan Kodim 0912/KBR Letkol Infanteri Rudi Setiawan, Kepala Polres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan, dan Kepala Kejaksaan Negeri Kubar Syarief Sulaeman Nahdi. Dari internal Pemkab Kubar ada Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan dan Sekretaris Kabupaten Kubar Yacob Tullur. #Sonny Lee Hutagalung/Advertorial

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here