Upacara Bendera di Halaman Makhtab 401, Aziziyah

Jamaah Haji asal Kalimantan Timur yang tergabung dalam Kloter 2 Balikpapan, berpose bersama usai melaksanakan Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke-72 di Makkah, Arab Saudi. IPDA HARI SUPRANOTO/KABARKUBAR.COM

MAKKAH-KABARKUBAR.COM
Sedang di luar negeri, jiwa patriotisme rakyat Indonesia tidak lantas pudar. Semangat juang itu ditunjukkan juga oleh Jamaah Calon Haji atau Calhaj Indonesia di Arab Saudi, Kamis 17/8/2017 waktu setempat. Khususnya Calhaj pada Kelompok Terbang 2 Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Yang masuk Embarkasi Padang, Jawa Barat, Jawa Tengah , dan Palembang.


Sebanyak 250 Calhaj asal Kaltim itu melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati HUT ke-72 kemerdekaan RI di halaman Makhtab atau Hotel 401, wilayah Aziziyah, Makkah. “Inspektur Upacara tadi adalah Ketua Kloter 2 Balikpapan H Muhtar, dan sebagai Komandan Upacara, saya sendiri,” ujar Hari Supranoto melalui sambungan telepon, sore ini.

Hari kini bertugas sebagai Kepala Unit Kejahatan dan Kekerasan Satuan Reserse Kriminal di Kepolisian Resor Kutai Timur dengan pangkat Inspektur Dua, pernah menjadi Ajudan Bupati Kutai Barat selama 10 tahun. Sejak Ismael Thomas terpilih sebagai Bupati Kubar dengan pasangannya H Didik Effendy di tahun 2006, hingga keduanya mengakhiri jabatan di tahun 2016 lalu. Hari sebelum menjadi ajudan, adalah anggota Satuan Intelkam Polres Kubar.

Hari mengungkapkan, Upacara Bendera dilakukan pada pukul 06.00 Waktu Arab Saudi atau pukul 11.00 Wita. Kegembiraan mendalam dan sukacita terpancar dari wajah para Calhaj asal Kaltim itu di sela melaksanakan ibadah haji di tanah suci Makkah. Karena dapat menyambut HUT RI tahun ini dan mengibarkan Bendera Merah Putih di Tanah Suci.

Peserta upacara melakukan penghormatan bendera merah putih dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. para peserta upacara juga mengheningkan cipta dipimpin Irup dan ditutup pembacaan doa oleh Ustadz H Sulaiman dari kloter 2 Kota Balikpapan. Sebelum membubarkan diri, para Jamaah Haji Kaltim itu masih melanjutkan menyanyikan lagu perjuangan 17 Agustus 1945, diiringi pekikan Merdeka dan Takbir. “Salam dari para jamaah haji asal Kaltim kepada masyarakat Kaltim dan Indonesia umumnya,” kata Hari.
Sonny Lee Hutagalung


Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here