Panen Raya 75 Hektare di Muara Pahu, Dandim Ikut Menyabit Padi

Komandan Kodim 0912/KBR Letkol Infanteri Rudi Setiawan bersama Camat Muara Pahu Suhamdi, di atas mesin pemisah padi, saat Panen Raya di Kampung Sebelang Kecamatan Muara Pahu, Jumat 3/11/2017. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

MUARA PAHU – KABARKUBAR.COM
Komando Distrik Militer 0912/Kutai Barat membuka pintu bagi untuk datang berkoordinasi dengan TNI. Terlebih para petani yang ingin hasil panen di kebun atau sawahnya lebih baik dari sebelumnya. Sebab TNI juga memiliki tugas untuk mendampingi petani di seluruh Indonesia.

“Kalau ada hal-hal yang perlu dikoordinasikan dengan kami, silahkan datang ke Kodim untuk berkoordinasi. Demi kemajuan masyarakat Kutai Barat,” ujar Komandan Kodim 0912/KBR, Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan, saat Panen Raya di RT I Kampung Sebelang Kecamatan Muara Pahu, Jumat 3/11/2017 pagi tadi.

Dihadiri Camat Muara Pahu Suhamdi, Kepala Polsek Muara Pahu AKP Parulian Hasugian, Komandan Koramil 0912-05 Muara Pahu Kapten Inf Sudarsono, Petinggi Sebelang Jain, serta Kasi PTS dan Produksi Dinas Pertanian Kubar Masliah. Turut juga Perwira Seksi Intelijen Kodim 0912/KBR Kapten Infanteri Rokim, Pasi Operasional Kodim 0912/KBR Kapten Infanteri Sartono, Ketua Petugas Penyuluh Lapangan Muara Pahu Herianto, dan Ketua Gabungan Kelompok Tani Kampung Sebelang Safri.

Dandim saat memanen padi di RT I Kampung Sebelang, Kecamatan Muara Pahu, Jumat 3/11/2017 pagi tadi.  LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Dandim menjelaskan, sudah ada nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding antara TNI dengan pemerintah. Guna meningkatkan produksi pertanian dalam mewujudkan swasembada pangan. Ditunjukkan juga sinergitas berupa program pendampinganTNI dalam Upaya Khusus Swasembada Pangan di Kubar.

Prakteknya, panen padi meningkat setidaknya target 10 persen dari sebelumnya. Ini merupakan Program percepatan pemerintah dalam menuju Indonesia Swasembada Pangan 3 tahun ke depan. “Mulai tahun 2015, TNI diperintahkan Presiden Jokowi untuk mendampingi petani. Mulai tanam sampai penjualan ke Bulog melalui proses antar TNI, Kementerian Pertanian dan Bulog. Ssehingga wujud perhatian pemerintah haruslah dapat dilaksanakan tanpa mengalami kendala.”

Dandim bersama Komandan Koramil 0912-05 Muara Pahu Kapten Inf Sudarsono, Kapolsek Muara Pahu AKP Parulian Hasugian, dan unsur Muspika Muara Pahu lainnya, melihat langsung pemisahan padi dari jerami. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

“Juga menjamin ketersediaan logistik wilayah untuk pertahanan Negara dan tegaknya NKRI. Serta meraih ketahanan pangan nasional dalam meningkatkan kesejahteraan petani,” jelas Letkol Rudi Setiawan saat memanen padi di sawah seluas 75 hektare. Ia mengapresiasi masyarakat dan unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan Muara Pahu yang antusias mengikuti panen raya.

Diakui Camat Muara Pahu, Suhamdi, pendapatan masyarakat Muara Pahu mengandalkan sektor pertanian, perikanan atau nelayan dan sebagian lagi bekerja di perkebunan sawit. “Selaku pemerintah, kami sangat bangga atas kehadiran Bapak Dandim beserta rombongan ke wilayah Muara Pahu,” ucapnya. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here