Bakti Sosial di Pondok Pesantren Al Hikmah Rejo Besuki

Ketua DPD Partai Perindo Kutai Barat, Darsono Edward, ikut menyumbangkan darahnya dalam Bakti Sosial Donor Darah di Unit Transfusi Darah, RSUD Harapan Insan Sendawar, Sabtu 19/8/2017. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONGTONGKOK-KABARKUBAR.COM
Dewan Pimpinan Daerah Partai Persatuan Indonesia Kabupaten Kutai Barat punya cara tersendiri dalam memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017 ini. Tidak sekedar mengibarkan Bendera Merah Putih di depan sekretariat dan rumah masing-masing kader. Juga tidak hanya mengikuti sejumlah kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Proklamasi.


Cara itu adalah, menyumbangkan darah para pengurus melalui Palang Merah Indonesia Cabang Kubar di Rumah Sakit Harapan Insan Sendawar, Sabtu 19/8/2017 kemarin. “Kami ingin berbagi sesuatu yang dibutuhkan saudara-saudara kita. Ini merupakan wujud perjuangan kecil untuk mengisi kemerdekaan Indonesia ini,” ujar Ketua DPD Perindo Kubar, Darsono Edward, usai mendonorkan darahnya di ruang Unit Transfusi Darah RSUD HIS.

“Saya sudah mendaftar tadi untuk ikut donor, tapi dilarang dokter karena tekanan darah saya rendah, jadi tidak memenuhi syarat. Ternyata niat baik tidak selalu bisa terlaksana,” celetuk Ketua DPD Pemuda Perindo Kubar, Tomi.

“Iya saya juga sudah diperiksa golongan darah. Tapi pas mau diambil darah, dicek ulang tekanan darah saya, ternyata tidak bisa donor. Tekanan darah saya tiba-tiba turun,” celetuk Ketua DPC Perindo Kecamatan Barong Tongkok, Suwanto.

Dari 15 pengurus DPD Perindo Kubar dan organisasi sayap partai yang mendaftar donor darah, hanya 13 yang dapat diambil darahnya. Sebanyak 10 di antaranya dalah Pengurus DPD Kartini Perindo Kubar. “Saya berharap apa yang kami berikan dapat bermanfaat bagi penerima donor. Dan lebih banyak yang tergerak hatinya untuk berdonor darah,” ungkap Ketua DPD Kartini Perindo Kubar, Yulita Darsono.

Ketua DPD Kartini Perindo Kutai Barat, Yulita Darsono, memeriksakan tekanan darah sebelum mendonorkan darahnya. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Sebelum aksi donor darah, para pengurus DPD Perindo Kubar melakukan Bakti Sosial lainnya. Dengan mengunjungi Pondok Pesantren Al Hikmah di Kampung Rejo Besuki, Kecamatan Barong Tongkok. Selain bersilaturahmi dengan Pimpinan, Ustadz dan Ustadzah, juga para Santri, Perindo Kubar menyerahkan sejumlah bantuan. “Semoga wujud kasih yang tidak seberapa nilainya itu, bisa membantu saudara-saudari kita di Pesantren Al Hikmah,” imbuh Yulita Darsono.

Ketua UTD PMI Cabang Kubar, Dokter Eri Sarudin, menyampaikan apresiasi kepada Partai Perindo yang telah memberikan sumbangsih tidak ternilai lewat donor darah. Diakuinya, persediaan atau stok darah tidak menentu setiap hari atau bulannya. Kebutuhan akan tambahan darah tergantung keperluan pasien. Kadang ada yang mendadak mencari darah,  sehingga pasien atau keluarga pasien membawa  pendonor pengganti.

“Melalui donor, kita bisa membantu masyarakat Kubar yang memerlukan darah. Saya harap, ke depan ini bisa secara rutin dilaksanakan baik melalui momen seperti ini atau kegiatan lainnya. Syukurnya hari ini ada 200 kantong darah diterima dari pendonor, yang berasal dari berbagai instansi. Kalau dari partai politik, baru Perindo,” jelas Eri Sarudin.

Penulis: Lilis Sari
Editor: Sonny Lee Hutagalung

Ads