Adakan Senam Massal dan Sepeda Santai Berhadiah Gowes Dahau 2018

Wakil Bupati Kutai Barat, H Edyanto Arkan, melepas rombongan Sepeda Santai Gowes Dahau 2018 yang pesertanya juga ada Bupati Kubar dan istri, Kapolres Kubar serta Dandim 0912/KBR, Kamis 1/11/2018 di Alun-alun Itho. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Pemerintah Kabupaten Kutai Barat mengadakan acara Senam secara massal, Kamis 1/11/2018 pagi tadi di Alun-alun Itho, Kompleks Perkantoran Pemkab Kubar. Usai senam yang diikuti ratusan pegawai, karyawan, TNI-Polri dan masyarakat umum, digelar Sepeda Santai bertema Gowes Dahau 2018. Di sela itu, dilakukan Pemeriksaan Darah Gratis dan pemberian Tablet Penambah Darah kepada remaja puteri. Serta pelayanan Tes IVA hingga pelayanan Keluarga Berencana.



Bupati Kutai Barat, FX Yapan, menyerahkan bantuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS bagi dua desa binaan Program Gerakan Masyarakat Sehat atau Germas. Yakni Kampung Juaq Asa di Kecamatan Barong Tongkok dan Kampung Srimulyo di Kecamatan Sekolaq Darat. Berupa Tempat Cuci Tangan, Sapu, Serok dan Bak Sampah. Diserahkan pula bantuan masing-masing 71 Bola Voli dan Bola Kaki bagi 12 klub dan karang taruna yang tersebar di lima kecamatan.

Petinggi Juaq Asa, Adrianus, mendapat arahan terkait alat kebersihan yang diterima dari Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan yang didampingi Bupati Kubar FX Yapan. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Dikatakan bupati, Kabupaten Kutai Barat dipilih dipilih sebagai salah satu kabupaten lokasi khusus pelaksanaan Germas di Provinsi Kalimantan Timur sejak tahun 2017. Guna mendorong capaian Program Indonesia Sehat sebagai Gerakan Nasional yang diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Ia meminta, agar semua pihak saling melibatkan dan menguatkan peran serta fungsi untuk dapat hidup sehat yang berkualitas demi suksesnya Germas. Maka diimbau agar selalu beraktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari, mengonsumsi sayur dan buah. Serta selalu mengecek kesehatan secara rutin, paling sedikit dua kali setahun. “Hidup sehat tidak harus mahal. Lakukanlah kegiatan yang murah meriah seperti berjalan kaki atau bersepeda, dan terus semangat memajukan dunia olahraga,” ungkap Yapan.

Sebanyak 142 bola kaki dan bola voli diberikan kepada 12 klub dan karang taruna yang merupakan perwakilan dari lima kecamatan di Kubar. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Yapan mengatakan, Germas merupakan upaya percepatan dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktifitas penduduk. Dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit. Hidup sehat dan berkualitas adalah impian dan harapan setiap insan mahluk hidup.

Untuk mencapai hidup yang seperti itu, diperlukan dua hal penting, yaitu Niat dan Usaha. Dengan tema Dahau, “Melestarikan Seni Dan Budaya Wujud Cinta Indonesia Di Kabupaten Kutai Barat” ia mengajak mempromosikan ragam budaya serta potensi wisata budaya, wisata alam dan wisata kerajinan di Kubar.

Bupati berterimakasih khusus kepada Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Dinas Pemuda dan Olahraga. Yang telah bersinergi dengan lembaga sosial terkait seperti Tim Penggerak PKK, guna mendukung suksesnya pelaksanaan Germas. “Mari kita giatkan Germas sesuai peran dan fungsi semua elemen masyarakat,” pungkas Yapan.

Bupati Kubar, FX Yapan, mengajak seluruh masyarakat untuk menunjukkan perilaku hidup sehat dengan berolahraga serta sayuran dan buah-buahan. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Kepala Seksi Promosi Pemberdayaan Kesehatan dan Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, M Maulana Fahmi menjelaskan, Kubar dijadikan lokus Germas. Sehingga budaya perilaku hidup sehat sudah sepatutnya terus digiatkan dan diupayakan. Ia mengimbau semua lapisan masyarakat bisa ikut serta dalam program Germas. “Saya harap angka penyakit, baik yang menular maupun tidak menular akan menurun. Dan pada akhirnya beban biaya kesehatan dari tahun ke tahun mengalami  penurunan,” ujarnya.



Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan beserta istri, Isdalena. Ada juga Ketua TP PKK Kubar Yayuk Seri Rahayu, Komandan Kodim 0912/KBR Letkol Infanteri Rudi Setiawan, Kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan, dan Asisten II Ayonius. #Lilis Sari/Advertorial

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here