FX Yapan: “Jadi pimpinan harus selalu berkomunikasi dan berkoordinasi”

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Sekretaris Kabupaten Kutai Barat resmi dijabat Ayonius. Melalui Surat Keputusan Bupati Kutai Barat Nomor 821.2/1198/2020 Tentang Pemberhentian Dan Pelantikan Serta Pengambilan Sumpah Janji Sekretaris Daerah. Ayonius dilantik pada Senin, 7 September 2020 pagi di Auditorium Aji Tulur Jejangkat. Ia menjadi Sekretaris Daerah  atau Sekda Kubar definitif yang ketujuh.

Mereka yang pernah menjabat Sekda Kubar adalah:

NO NAMA MASA BAKTI
1 Drs. Adji Muhammad 2001 – 2003
2 H Encik Mugnidin, BSc 2003 – 2005
3 Drs. Valentinus Tingang, MM 2005 – 2006
4 Drs. Yahya Marthan, MM 2006 – 2011
5 Drs. Amunuddin, M.Si 2011 – 2016
6 Drs. Yacob Tullur, MM 2017 – 2020
7 Ayonius, S.Pd, MM 2020 –



Ayonius yang terakhir menjabat sebagai Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten Kutai Barat, pernah memimpin sejumlah instansi. Antara lain Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata Kubar.

“Saya minta sekda sebagai ketua tim anggaran dan baperjakat (badan pertimbangan jabatan dan pangkat), tolong diusulkan ke Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri). Agar bisa digeser bagi mereka (Kepala Organisasi Perangkat Daerah) yang tidak bisa dibina,” pesan Bupati Kubar, FX Yapan, dalam sambutannya.

Bupati mengakui, setiap instansi telah sering mengikuti pendidikan dan pelatihan. Baik di luar atau dalam daerah. Peningkatan sumber daya manusia juga sudah dilakukan. “Tapi ada dinas tidak mau hadir dan anggap sepele diklat,” katanya.

Sekda, kata Yapan, bertugas membantu kepala daerah untuk menyusun kebijakan dan sejumlah urusan yang berkaitan dengan administrasi pemerintahan. Ia menginginkan sekda sebagai pimpinan tertinggi Aparatur Sipil Negara untuk mengayomi para pegawai.

Hal yang berkaitan dengan pemeritahan diakui tidak bisa dikerjakan sendiri. Oleh sebab itu Yapan meminta sekda nantinya memanggil atau bertemu seluruh Kepala OPD. “Supaya bersama berkerjasama merapatkan barisan, bahu membahu dan bergandengan tangan. Agar bisa bersaing dengan daerah lain,” pesannya.

Menurut dia, berjalannya pemerintahan yang baik dipengaruhi kemampuan seorang sekda. Sebagai Sekda Kubar definitif yang mengakhiri tugas Achmad Sofyan selaku Penjabat Sekda Kubar sejak 11 Juni 2020, Ayonius diingatkan dalam bertugas.

“Jadi pimpinan harus selalu berkomunikasi dan berkoordinasi. Supaya kita bisa merumuskan kebijakan yang baik dan bekerja terus untuk masyarakat,” tegas Yapan di luar teks pidatonya di acara yang dihadiri Wakil Bupati Kubar, H Edyanto Arkan.

Pelantikan yang menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan Corona Virus Disease 2019 dihadiri sejumlah tokoh dari berbagai instansi, lembaga maupun kelompok. Antara lain, Ketua DPRD Kubar Ridwai, Wakil Kapolres Kubar Kompol Sukarman, dan Pasi Ter Kodim 0912/Kubar Kapten Infanteri Rahman Sahanung.



Hadir pula Kasi Intel Kejari Kubar Ricki Panggabean, Kepala Perwakilan Lanud Balikpapan di Kubar Letda, dan Ketua Pengadilan Agama Kubar H Abdul Rukip. Ada juga Ketua KONI Kubar Stepanus Ujung, Ketua KNPI Kubar Canissius Arjan, Ketua Pemuda Pancasila Kubar Teddy Rahmat Hidayat, dan Kepala Lembaga Adat Kabupaten Kubar Manar Dimansyah.

Tampak juga Ketua Kerukunan Keluarga Dayak Bentian Kubar Lorensius Balak, Sekretaris Persatuan Masyarakat Batak Berkat David Sinaga, dan Sekretaris Rumpun Asa FX Sumardi. Ada juga di barisan undangan, Direktur Politeknik Sendawar Nikolaus, Ketua Himpunan Huang Bahau Hinaq Ayaq Bahau Maran Kubar Hermonius. Tokoh Masyarakat Kubar H Ambo Dalle juga hadir, Petrus Bien selaku pegiat seni dan Petinggi Ongko Asa, Bagun. #Sonny Lee Hutagalung

Komentar Anda

Komentar

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here