Bupati: “Tanamkan Rasa Cinta Seni Budaya Ciri Khas Kubar”

Pembukaan Festival Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat Kabupaten Kutai Barat, Rabu 18/4/2018, dihadiri sejumlah kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Kutai Barat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat menggelar Festival Lomba Seni Siswa Nasional atau FLS2N tingkat Kabupaten Kutai Barat Tahun 2018. Saat pembukaan Rabu 18/4/2018, ada 86 pelajar yang menjadi peserta dari 23 sekolah. Lima jenis seni yang dilombakan adalah Menyanyi Solo, Tari Kreasi, Musik Tradisional, Pantomim dan Gambar Bercerita.

Diungkapkan Kepala Disdikbud Kubar, Silvanus Ngampun, 23 sekolah terdiri dari 9 Sekolah Menengah Pertama yang mengutus 50 siswa dan 14 Sekolah Dasar mengirim 36 siswa. Kegiatan ini ditujukan untuk memacu bakat seni para pelajar. Dan terciptanya generasi berbakat di bidang kesenian dan pendidikan karakter dari seni budaya.

Serta terwujudnya cinta nilai tradisi dan rasa kebhinekaan yang semakin kuat. “Kita ingin mengapai bibit-bibit seni yang berkulitas. Agar dapat tampil di tingkat provinsi dan Nasional,” harap Silvanus dalam sambutannya dalam pembukaan FL2SN di ruang Aji Tullur Jejangkat, Kantor Bupati Kutai Barat, pagi tadi.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, berharap para pelajar makin bertumbuh kecintaannya pada seni dan budaya ciri khas daerah sendiri. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Atas gelaran tersebut, Bupati Kutai Barat FX Yapan menyambut positif. Bukan hanya memacu diri, tapi juga memupuk daya saing dan kualitas melalui ragam daya seni. Serta memupuk kecintaan sejak dini terhadap karya seni nasional asli Kubar. Dan menjadi bekal membangun citra diri yang sempurna. Agar kesenian menunjang perkembangan karakter dan peningkatan mutu pendidikan, khususnya di bidang seni.

“Saya harap peserta bersemangat, jangan cepat berpuas diri. Terus asah bakat agar dapat menguasai beragam keterampilan yang nantinya berguna dalam kehidupan,” katanya dalam acara yang dihadiri Sekretaris Kabupaten Kubar Yacob Tullur, Asisten III Setkab Kubar Aminuddin, para kepala organisasi perangkat daerah, kepala sekolah dan pelajar yang menjadi peserta lomba.

Bupati menambahkan, kompetisi seni itu harus dijadikan ajang pengajaran yang luar biasa. Dan mengasah pengalaman untuk berani tampil, menunjukkan bakat terbaik yang dimiliki. Tidak lupa menjunjung semangat kerja sama, rasa persaudaraan dan kesatuan. Dengan mengedepankan semangat sportifitas yang tinggi,  dan ikut mengharumkan nama Kubar. “Mari cintai dan tanamkan rasa memiliki budaya Indonesia, khususnya seni budaya khas Kubar,” pesan FX Yapan.

Terakhir, bupati berpesan kecintaan terhadap seni dan budaya bangsa agar lebih dikuatkan karakternya. Serta memiliki arti dan semakin sadar bahwa budaya menjadi bagian terpenting. Juga ciri khas yang terus melekat. Kita jangan hanya sebagai penikmat seni, tapi juga bisa sebagai pelaku seni yang handal,” pungkasnya. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here