Sembako dan Daging Stabil, Telur Naik 25 %

Harga Telur Ayam di Pasar Jaras Kecamatan Barong Tongkok dan Pasar Olah Bebaya Kecamatan Melak sudah naik mencapai 25 persen dari harga sebelumnya. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Dua pekan menjelang Perayaan Hari Natal dan Tahun Baru, stok sembilan bahan pokok atau sembako terbilang aman. Namun pasokan gas dinilai masih berkurang, dan persediaan atau stok gas perlu tambahan. Sedangkan harga telur ayam mengalami kenaikan hingga 25 persen.

“Kita berharap Pertamina menambah lebih banyak lagi pasokan gas ke Kubar,” kata Wakil Bupati Kubar, H Edyanto Arkan, saat meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Olah Babaya, Kecamatan Melak, Selasa 12/12/2017.

Dalam kunjungan atau inspeksi mendadak tersebut, Edyanto mendapati harga–harga sembako dan daging di Pasar Olah Bebaya Melak masih stabil. Demikian juga hasil kunjungan ke Pasar Jaras Kecamatan Barong Tongkok, stok sembako cukup aman. Kondisi ini diperoleh dari hasil inspeksi mendadak Edyanto Arkan bersama sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah terkait, yakni Dinas Perdagangan dan Koperasi serta Bagian Ekonomi Sekretariat Kabupaten Kubar.

Di sela sidak pasar, Edyanto Arkan mengatakan, setelah dilakukan sidak di sejumlah warung sembako, daging dan sayuran kedua pasar tersebut, tidak ditemukan lonjakan harga. Seperti sebelumnya yang dikabarkan akan ada kenaikan harga sembako menjelang Natal dan Tahun Baru.

Wakil Bupati Kutai Barat, H Edyanto Arkan, saat memantau harga sembilan bahan pokok di Pasar Jaras Kecamatan Barong Tongkok, Selasa 12/12/2017 pagi. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Harga–harga di pasar relatif stabil dalam seminggu terakhir ini. Tdak ada lonjakan harga yang berarti, kecuali harga telur ayam yang naik sedikit. “Kenaikan tersebut disebabkan hambatan dan gangguan pasokan yang terlambat. Ssehingga mengakibatkan sedikit ada kenaikan harga,” kata Edyanto Arkan.

Arkan meminta masyarakat selaku konsumen tidak kuatir. Karena hanya telur ayam yang naik harganya. Jika biasanya 1 piring di hari biasa berkisar di bawah Rp 40.000, saat ini dihargai Rp 45.000 – Rp 50.000 atau naik Rp 10.000. Atau sama dengan naik 25 persen.

Ia mengatakan, dengan sidak seperti ini akan terpantau apakah stok di tangan pedagang dan distributor cukup atau tidak. Untuk kedua pasar tersebut, stok cukup dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru di Kubar. Jika ada kenaikan telur ayam dan tabung gas, dinilai masih wajar. Dan Pemkab Kubar akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan. Sehingga jika terjadi lonjakan akan langsung diantisipasi.

Dipilihnya pasar Olah Bebaya Melak dan Jaras Barong Tongkok, karena kedua pasar tersebut merupakan pasar terbesar di Kubar. Berbagai komoditas dijual untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah ini. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here