Awal 2019 Akan Digelar Asa Cup di Kampung Ongko Asa

Ekti Imanuel sebagai sponsor utama Rumpun Asa Cup Open 2018, didampingi Sekretaris Rumpun Asa FX Sumardi dan Petinggi Asa Imansyah, mengabadikan momen bersama PS Mitra Bangkit Geleo sebagai Juara II pada kejuaraan sepakbola ini. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Kejuaraan Sepakbola Rumpun Asa Cup Open 2018 berakhir dengan menempatkan Kesebelasan Persisa Asa B sebagai jawara. Setelah di Final kemarin, Kamis 25/10/2018 berhasil menumbangkan Kesebelasan Mitra Bangkit Geleo dengan skor telak, 5-0. Tidak hanya menjuarai turnamen ini, pasukan Persisa Asa juga menggondol predikat Top Score atau Pencetak Gol Terbanyak.



Striker Persisa Asa B, Dedi Sukarna, berhak mendapat hadiah uang pembinaan senilai Rp1.000.000. Ia menjadi pemain yang berhasil menyarangkan gol terbanyak ke gawang kesebelasan lain. Ia mencetak 13 gol selama pertandingan yang digelar selama 2 pekan.

FX Sumardi yang juga Ketua DPD KNPI Kabupaten Kutai Barat, menyerahkan Piala Tetap kepada PS Mitra Bangkit Geleo yang menjadi Runner Up pada Kejuaraan Rumpun Asa Cup Open 2018. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Sebagai Juara, Persisa Asa B berhak membawa pulang Piala Tetap dan Piala Bergilir dari Panitia Rumpun Asa Cup Open 2018. Juga mendapat hadiah uang pembinaan senilai Rp5.000.000. Hadiah tersebut diserahkan Ekti Imanuel selaku sponsor utama penyelenggaraan kejuaraan ini.

“Saya berharap pembinaan sepakbola terus digalakkan. Tidak hanya di wilayah Rumpun Asa, tapi juga di seluruh pelosok Kabupaten Kutai Barat. Kita punya banyak potensi dalam sepakbola, dan semoga para pesepakbola ini bisa mengisi kembali skuad Persikubar di masa mendatang,” ungkap Ekti Imanuel yang pernah menjabat Ketua Komite Olahraga Nasional Kubar selama dua periode.

“Saya masih punya semangat tinggi untuk memajukan olahraga di Kubar, meski sudah bukan Ketua KONI Kubar. Saya juga pernah jadi Ketua KNPI Kubar, jadi masih merasa muda. Kita harap dengan ajang ini, para pemuda dan pecinta sepakbola terus punya semangat olahraga,” kata Ekti yang juga Calon Anggota DPRD Kaltim dari Daerah Pemilihan Kaltim V (Kubar dan Mahulu), dengan nomor urut 1 asal Partai Gerakan Indonesia Raya.

Ekti Imanuel menyerahkan Piala Tetap kepada PS Persisa Asa B yang menjadi Juara Rumpun Asa Cup Open 2018, Kamis 25/10/2018 di Lapangan Sepakbola Raja Manik Kampung Asa. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Sedangkan Mitra Bangkit Geleo berhak atas uang senilai Rp4.000.000 dan Piala Tetap. Yang diserahkan oleh Sekretaris Rumpun Asa, FX Sumardi. “Kita akan mengadakan lagi kejuaraan seperti ini di awal tahun 2019 nanti. Dipusatkan di Kampung Ongko Asa, dengan nama turnamen Asa Cup 2019. Agar makin banyak bibit potensial pesepakbola bermunculan untuk Kubar,” ujar dia yang DPD Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia Kubar kepada KabarKubar, usai menyerahkan hadiah.

Sebelum Persisa Asa B melawan Mitra Bangkit Geleo, dilangsungkan pertandingan untuk merebut posisi ketiga. Antara PS PBL Intu Lingau  yang berhadapan dengan PS Sangken Jengan. Dan hasil akhir dengan kemenangan di tangan PBL Ingu Lingau dengan skor 3-1.

Atas hasil ini, PBL Intu Lingau mendapatkan Piala Tetap dan uang senilai Rp3.000.000. Sementara Sangken Jengan meraih uang senilai Rp2.000.000 dan Piala Tetap. Hadiah untuk ini diserahkan oleh Petinggi Asa, Imansyah.

Petinggi Asa, Imansyah, ikut mengangkat Piala Tetap yang diraih PS Persisa Asa B yang berasal dari Kampung Asa Kecamatan Barong Tongkok. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Kejuaraan Sepakbola Rumpun Asa Cup Open 2018 telah dimulai di Lapangan Sepakbola Raja Manik Kampung Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Selasa 2/10/2018 lalu. Sebanyak 40 kesebelasan bertanding untuk memperebutkan total hadiah senilai Rp15 juta. “Meski mencantumkan nama Rumpun Asa, tidak berarti pesertanya hanya dari kampung-kampung yang masuk Rumpun Asa. Karena ini pertandingan terbuka untuk umum,” ungkap Yayan Kurniadi, Ketua Panitia Rumpun Asa Cup 2018.



Yayan menjelaskan, untuk memimpin pertandingan, panitia telah menyiapkan empat wasit yang mengantongi Lisensi dari PSSI. Dan perangkat pertandingan lainnya, seperti Hakim Garis ada sembilan orang. “Ini sudah kami rencanakan sejak lama, dan ada Pak Ekti Imanuel yang bersedia menjadi sponsor utama. Jadi ini bukan agenda politik, tapi murni olahraga yang kebetulan didukung orang politik,” tegas Yayan. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here