Belum Ada Laka Lantas Akibat Kabut Asap

Kasat Lantas Polres Kutai Barat, AKP Aulia Hadi Putra

BARONG TONGKOK – Kabut asap di penjuru Kabupaten Kutai Barat makin pekat. Hingga Selasa (15/9/2015) hari ini, kabut asap makin menjadi dan membuat masyarakat terhambat menjalankan aktifitasnya. Lebih parah lagi bagi para pengguna jalan, khususnya pengendara roda dua yang merasakan pedih di mata saat berkendara.

Terkait itu, Kepolisian Resor Kutai Barat ikut berpikir bagi keselamatan para pengendara. Melalui Satuan Lalu Lintas, telah beberapa kali membagikan alat penutup mulut dan hidung atau masker secara cuma-cuma. Pembagian masker dimulai sejak awal bulan Agustus 2015 yang dilakukan pada pagi hari.  “Memang belum ada laporan masuk ke Satlantas adanya kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan kabut asap. Tapi melihat kondisi kabut asap hingga hari ini semakin pekat, jarak pandang hanya berkisar seratus meter ke depan, sangat membahayakan,” kata Kapolres Kubar AKBP Hindarsono melalui Kasatlantas Polres Kubar AKP Aulia Hadi Putra.

Aulia menambahkan, Polres Kubar mengimbau semua pengendara di jalan raya agar memaksimalkan penggunaan alat keselamatan berkendara. Masker menjadi alat keselamatan tambahan di situasi seperti sekarang dengan pekatnya kabut asap. Untuk kendaraan roda dua dan roda empat, diminta tetap menyalakan lampu di siang hari dan mengurangi kecepatan. Satlantas juga terus mensosialisasikan tentang keselamatan di jalan raya. “Pengendara harus waspada, utamakan keselamatan, perhatikan pengguna jalan lain,” ujarnya.    #Hendri Philip

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here