Gunakan Ruang Laboratorium Jari Ruang Belajar Mengajar

SEKOLAQ DARAT – KABARKUBAR.COM
Meski minim fasilitas kegiatan belajar mengajar, Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sendawar berupaya menyajikan pendidikan berkualitas bagi anak didik. Sekolah beralamat di Jalan Nihin RT 2 Kampung Sekolaq Darat, Kecamatan Sekolaq Darat ini terpaksa mengalihfungsikan 3 ruangan menjadi ruang belajar.

Diungkapkan Kepala SMPN Sendawar, Senak AMd, saat ini baru ada 9 lokal untuk kegiatan belajar mengajar. Dengan jumlah siswa terdiri dari laki-laki 169 orang dan 138 perempuan yang belajar hanya pagi hari. “Karena kurang ruang belajar, kami gunakan ruangan laboratorium, ruang praktek dan perpustakaan jadi lokal,” katanya, Selasa 24/4/2018 di ruang kerja.

Kepala SMP Negeri 3 Sendawar, Senak AMd. KELVIN NURDIN/KABARKUBAR.COM

Senak mengakui kebutuhan tenaga pendidik cukup dengan bidang studi yang ditentukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Sebanyak 22 di antaranya berstatus PNS, Pegawai Tidak Tetap ada 12 orang dan 6 guru berstatus Honor Sekolah.

Untuk pendidikan rohani siswa, masing-masing seorang guru agama telah ada. Yakni Agama Islam, Kristen dan Katolik. Pendidikan jasmani juga tidak ada kendala, karena guru olahraga juga tersedia. Seluruh guru merupakan warga sekitar. “Tidak ada masalah soal jumlah guru, semua bidang studi lengkap. Kami berharap ada tambahan ruang kelas, agar tidak lagi menggunakan ruangan lainnya,” ungkapnya.

Senak bersama sebagian guru yang menjadi tenaga pendidik di SMPN 3 Sendawar. KELVIN NURDIN/KABARKUBAR.COM

Disinggung Ujian Nasional, Senak mengakui sekolahnya belum menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Sehingga sejak dimulai Senin 23/4/2018 kemarin, ujian masih menggunakan kertas dan pensil. Ujian diadakan selama dua jam dengan satu mata pelajaran dalam sehari. Jika kemarin bidang studi Bahasa Indonesia, hari ini diujikan Matematika.

Jumlah murid yang mengikuti ujian ada 97 siswa yang dibagi dalam lima ruangan. “Seperti tahun 2017 lalu, kami berharap tahun ini juga semua anak didik kami bisa lulus ujian,” harap Senak. #Kelvin Nurdin

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here