Usia 17 Tahun Bisa Didaftarkan Untuk Naik Haji

Wakil Bupati Kutai Barat, H Edyanto Arkan, bersama anak-anak yang mengikuti Manasik Haji Cilik, Selasa 3/10/2017 di halaman Kantor Bupati Kutai Barat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Sebanyak 575 anak dari 40 sekolah Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-kanak, mengikuti Manasik Haji di halaman depan Kantor Bupati Kutai Barat, Selasa 3/10/2017. Mereka dikenalkan pelaksanaan Ibadah Haji mengelilingi Ka’bah, untuk memotivasi agar dewasa kelak berangkat ke Tanah Suci.

Wakil Bupati Kutai Barat, H Edyanto Arkan, mengajak seluruh orangtua dan guru agar memberi pemahaman pada anak tentang Ibadah Haji. Menanamkan agama di jiwa anak-anak, untuk bekal di usia dewasa kelak. Juga sebagai bentuk latihan membina spiritual mereka.

“Orangtua wajib memperdalam makna mengelilingi Ka’bah dan lain-lain, sehingga mereka teringat masalah Haji. Dan pada usia 17 tahun nanti, daftarkan mereka untuk berangkat Haji,” kata Edyanto Arkan, saat memberi arahan dalam acara Manasik Haji Cilik Siswa-Siswi Muslim.

Wabup mengatakan, hal yang luar biasa oleh para guru dalam mendidik ratusan anak, dan Manasik Haji Cilik ini sudah 10 kali terlaksana. Kegiatan ini merupakan bagian dari misi Kubar, yakni peningkatan sosial dan spiritual. Juga agar menjadi pedoman hidup anak-anak, agar lebih mendalami agama dan tidak salah jalan di kemudian hari. “Karena maraknya Narkoba yang banyak merusak generasi-generasi muda, oleh karena itu kita orangtua wajib mengenalkan lebih dalam tentang agama,” katanya.

Antusias anak-anak yang berjumlah 575 orang dari 40 sekolah PAUD dan TK, antusias menunggu giliran untuk mengikuti Manasik Haji Cilik. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Peserta antara lain berasal dari PAUD Daruh Falah, PAUD IT Mulia Abadi, PAUD Al-Hikmah, PAUD Bunga Kasih, PAUD Annisa, PAUD Kuntum Melati, Al-Amin, Ra Al-Amanah, Ra Al-Bayan, TK Nurani , TK Sendawar, TK Nurul Huda, TK Kreatif Cendekia, RA Mutiara Islam, TK DDI, TK IT Al-Kautsar, TK Yan Rentau Kelian Dalam, TK Kartini, dan TK Nurul Trimas.

Dikatakan Kepala Kemenag Kubar, HM Isnaini, gencarnya kemajuan teknologi harus diimbangi dengan peningkatan pendidikan agama bagi anak. Agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak diinginkan. Manasik Haji Cilik diharapkan bisa digelar rutin setiap tahunnya. “Kalau daftar tunggu haji sekarang selama 14 tahun, yang tadinya justru 16 tahun. Karena sudah ada penambahan kuota haji dari Pemerintah Arab Saudi,” jelasnya.

Anak-anak dengan serius mengikuti Manasik Haji Cilik di halaman depan Kantor Bupati Kutai Barat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

“Harapan saya, agar kegiatan ini meningkatkan semangat dan minat anak-anak untuk naik haji,” ujar Ardi Yusuf, Ketua Badan Pembina Taman Kanak-kanak Islam Kubar.

“Sangat penting untuk menumbuhkan minat anak-anak sejak dini di dalam Rukun Islam itu, sudah menjadi kewajiban,” ucap Sulastri, Pembimbing TK Kreatif Cendekia.

Hadir dalam acara pagi tadi itu, Bunda PAUD Kubar, Yayuk Seri Rahayu Yapan, dan para Bunda PAUD, serta sejumlah anggota TP PKK Kubar. Hadir pula Pasi Teritorial Kodim 0912/KBR Kapten Infanteri Sarno, dan Paur Ren Polres Kubar Iptu H Suyitno. #Lilis Sari


Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here