Upacara Pengibaran Bendera Di Tengah Guyuran Hujan

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Pasukan Pengibar Bendera pada Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Taman Budaya Sendawar, Kamis 17/8/2017. SONER KLEND SABBATH HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK-KABARKUBAR.COM
Hujan yang mengguyur di seputar Taman Budaya Sendawar, Kamis 17/8/2017 tidak menyurutkan semangat Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) menunaikan tugasnya. Antusias masyarakat dan peserta upacara pun tidak berkurang, sehingga membuat suasana semarak dan meriah pada upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Kabupaten Kutai Barat.

Podium Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Taman Budaya Sendawar, Kabupaten Kutai Barat, dipenuhi para pejabat teras. Tampak Kapolres Kubar AKBP Pramuja Sigit Wahono, Kepala Kejari Sendawar Syarief Sulaeman Nahdi dan Komandan Perwakilan TNI AU Letda Heru P, dan sejumlah kepala instansi atau lembaga vertikal. SONER KLEND SABBATH HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Pada upacara yang dipimpin Bupati Kubar FX Yapan SH sebagai Bertindak sebagai Inspektur Upacara, pengibaran Bendera Merah Putih berjalan baik. Gerakan yang rapi dan teratur ditunjukkan oleh 69 orang anggota Paskibra Kubar 2017. Mereka terdiri pelajar yang diseleksi dari SMA yang tersebar di 16 kecamatan se-Kubar.

Upacara dimulai tepat pukul 10.00 Wita, dengan peringatan detik-detik Proklamasi. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kubar, Jackson John Tawi. Hadir ribuan peserta upacara yang terdiri dari para pelajar sekolah di seputaran Ibukota Kubar, Sendawar. Seluruh Anggota DPRD Kubar juga mengisi kursi di Podium Upacara. Hadir pula para pegawai di lingkungan Pemkab Kubar, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Perwakilan Ormas, LSM, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Politisi, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, serta para Veteran.

 

 

Bendera Merah Putih berhasil dikibarkan oleh 69 anggota Paskibra Kubar 2017 yang adalah para pelajar hasil seleksi dari SMA yang tersebar di 16 kecamatan se-Kubar.SONER KLEND SABBATH HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Seluruh Indonesia wajib melaksanakan peringatan HUT Kemerdekaan RI. Sekarang sudah zaman merdeka, masyarakat Kubar bangga dengan Kemerdekaan RI yang kini sudah 72 tahun. Makna kemerdekaan bagi masyarakat Kubar adalah mengisinya dengan membangun bersama daerah ini,” kata Bupati FX Yapan didampingi Wakil Bupati H Edyanto Arkan, dalam keterangan pers usai upacara di TBS.

Bupati menjelaskan, makna lain dalam memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI, agar masyarakat secara luas mengingat perjuangan para pahlawan. Yang telah berkorban dalam memperjuangkan dan merebut Kemerdekaan RI. “Sekarang tidak lagi tertindas atau ditekan penjajah. Pada momen HUT RI ini, seluruh masyarakat Kubar perlu meningkatkan karya positif. Jaga persatuan dan kesatuan, dan tetap berpegang teguh pada Pancasila, UUD 1945, dan NKRI Harga Mati,” bebernya.

Tampak juga di Podium Upacara, Kapolres AKBP Pramuja Sigit Wahono, Dandim 0912/KBR Letkol Inf Hendriawan Senjaya, Kepala Kejari Sendawar Syarief Sulaeman Nahdi, Ketua Pengadilan Negeri Kubar Suwandi, Ketua Umum TP-PKK Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan, Camat, Petinggi, Kepala Adat, hingga pengurus kampung se-Kubar.

Derap langkah yang teratur dan rapi dari 69 anggota Paskibra Kubar tahun 2017. SONER KLEND SABBATH HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Sehari sebelumnya, Rabu 16/8/2017, Pemkab Kubar juga menggelar pawai pembangunan dengan ribuan peserta dari berbagai instansi dan OPD di lingkungan Pemkab Kubar. Ratusan kendaraan hias bertema peringatan HUT ke-72 RI dengan rute mengelilingi Kota Sendawar. Di hari yang sama, yakni pada malamnya digelar Pawai Obor dengan peserta pelajar dan siswa siswi sekolah di Sendawar, serta para pegawai lingkup Setkab Kubar.
SONER KLEND SABBATH HUTAGALUNG/ADVERTORIAL PEMKAB KUTAI BARAT

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here