Satuan Lain Juga Diminta Membuat Terobosan Unik

Petugas dari Satuan Lalu Lintas Polres Kubar mengkampanyekan Keselamatan Berkendara dengan Tidak Melakukan Pelanggaran Berlalulintas, dengan cara unik, Kamis 31/8/2017. BRIPDA IMAM MUTTAQIN/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Pemandangan tidak seperti biasanya, nampak di ruas jalan seputaran Kota Sendawar di Kabupaten Kutai Barat, Kamis 31/8/2017 pagi tadi. Di beberapa titik jalan yang ramai lalu lintasnya, ada orang mendekati para pengendara. Yang sedang berhenti di persimpangan lampu merah, atau melintas perlahan. Uniknya, mereka mengenakan ornamen Adat Suku Dayak Kenyah dan Bahau.



Mereka adalah Polisi Lalu Lintas yang sedang bertugas. Kali ini, mereka khusus memberikan teguran ringan secara lisan kepada para pengendara atau pembonceng yang tidak patuh aturan. Sambil menunjukkan baliho ukuran mini bertuliskan ‘Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan’.

Cara unik itu, menjadi salah satu cara Polres Kubar dalam mengkampanyekan tertib berlalulintas. Dengan pola peneguran itu, masyarakat diharap akan memahami dan sadar pentingnya keselamatan karena tidak melanggar peraturan berlalulintas. “Juga berkesan, karena mereka (para pengendara) menganggap cara peneguran yang kami lakukan ini unik,” ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kubar, AKP Angga Indarta.

Bripka Umar dan Briptu Roni Tisa, mendekati pengendara sepeda motor yang melintas di depan SDN 06 Busur, Kelurahan Barong Tongkok, dan mengkampanyekan ‘Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan’. BRIPDA IMAM MUTTAQIN/KABARKUBAR.COM

Kasatlantas mengakui, cara unik itu sengaja dipilih, supaya masyarakat berkesan saat mendapat teguran. “Mereka akan selalu ingat, oh iya kemarin saya ditegur polisi yang memakai baju adat saat tidak memakai helm. Oh iya, kemarin saya ditegur bapak polisi yang berpakaian adat saat kaca spion saya tidak ada,” ungkap Angga Indarta, yang sebelumnya menjabat Kepala Polsek Melak.

Kapolres Kubar, AKBP Pramuja Sigit Wahono, mengapresiasi tindakan positif anggotanya. Ia berharap terobosan unik dan menarik itu untuk terus digiatkan, sebagai sarana untuk memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat.

“Hari ini Polantas berpakaian adat, besok bisa saja anggota Sabhara atau Binmas. Bisa juga mendatangi sekolah untuk bersosialisasi. Yang penting intinya, cara yang kita gunakan adalah sopan, unik dan menarik serta berkesan,” katanya.

Ia meminta satuan lainnya di jajaran Polres Kubar untuk membuat terobosan dan metode unik, menarik dan dapat diterima masyarakat Kubat ketika menyampaikan pesan Kamtibmas. Sehingga besar harapan, masyarakat akan semakin dekat dengan polisi. “Masyarakat akan semakin tertib dan terwujud Kutai Barat yang semakin makmur dan damai,” pungkas AKBP Pramuja.

Penulis: Bripda Imam Muttaqin/Humas Polres Kutai Barat
Editor: Sonny Lee Hutagalung



Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here