Safaruddin: Tidak Ada Istilah ‘Musuh Politik”

SAMARINDA – KABARKUBAR.COM
Inilah kegiatan Irjen Pol (Purn) Safaruddin pada hari Minggu 22/4/2018 kemarin. Sengaja datang jauh-jauh dari kediamannya di Balikpapan ke Samarinda, calon Wakil Gubernur Kaltim ini bertemu dengan Isran Noor, lawan politiknya di acara pesta pernikahan.

“Ah, jangan bilang lawan politik. Beliau saudara saya,” ujar Safaruddin ketika ditanya Wartawan apa saja yang dibincangkan dengan Isran Noor di acara pesta kawin yang digelar di GOR Segiri, Samarinda.

Bagi Safaruddin tidak ada istilah “musuh”. Sejak bertugas di kepolisian hingga meraih jabatan Kapolda Kaltim, dia berkawan dengan tokoh-tokoh masyarakat di manapun dia ditugaskan. Begitu juga dengan Isran Noor yang sebelumnya adalah Bupati Kutai Timur.

“Tugas saya sebagai Kapolda Kaltim kan menjaga agar situasi dan kondisi di Kaltim kondusif. Itu semua bisa terlaksana karena kedekatan dan komunikasi saya dengan tokoh-tokoh masyarakat, juga dengan para walikota dan bupati,” ujarnya.

Pertemuan dengan Isran Noor terjadi tidak disengaja, saat menghadiri acara pernikahan anak H Jahidin, Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Kota Samarinda. Safaruddin yang mengenakan kemeja batik merah hati, tiba sekitar pukul 13.30 Wita, dan langsung bergegas masuk gedung usai mengisi buku tamu. Namun langkahnya dicegat para ibu yang minta foto bersama. “Pak Safaruddin, foto bersama dulu pak,” teriak ibu-ibu di lorong pintu masuk gedung.

Seorang ibu terlihat tak sabar kemudian menghampiri dan menarik tangan Safaruddin ke rombongan ibu-ibu. “Ayo pak kita foto dulu,” ujarnya. “Sabar bu, gantian ya,” kata Safaruddin sambil mengambil posisi bersama para ibu undangan.

Di dalam gedung Safaruddin bertemu dengan H Sarapin dan beberapa tokoh KKSS, seperti Jafar Haruna, H Ayub, Ridwan Tasa, Amir P Ali dan H Masjaya. Sontak kedatangan mantan Kapolda Kaltim ini menjadi perhatian para tamu undangan. Terlebih seorang pembawa acara menyebut nama Safaruddin calon wakil gubernur Kaltim yang berpasangan dengan Rusmadi Wongso lewat pengeras suara. “Selamat datang pak Safaruddin, calon Wakil Gubernur Kaltim,” kata pembawa acara ini.

Kemudian dia bergerak mengucapkan selamat atas kedua mempelai, Adi dan Miati. “Selamat menempuh hidup baru, semoga menjadi keluarga Samawa,” sebut Safaruddin di atas panggung.

Tidak berapa lama, Isran Noor juga datang. Cagub nomor urut 3 itu memakai kemeja putih dan langsung menyalami kedua mempelai. Usai itu  Isran langsung menghampiri Safaruddin yang duduk berdampingan dengan H Masjaya bersama H Sarapin. Kedua calon gubernur dan wakil gubernur ini terlihat nampak akrab. Mereka saling bersalaman dan berpelukan. Safaruddin sebelum beranjak meninggalkan acara tersebut, menyempatkan foto bersama Isran Noor.

Tidak hanya dengan Isran Noor, Safaruddin sehabis sosialisasi di Loa Kulu, Kutai Kartanegara juga mengunjungi rumah anggota DPRD Kukar, Isnaeni. Padahal, Isnaeni adalah politikus Partai Golkar di mana partai tersebut menjadi pengusung Sofyan Hasdam-Rizal Effendi.

Ceritanya, malam itu Safaruddin dan rombongan akan menginap di Hotel Grand Fatma, karena malamnya akan menghadiri undangan warga Desa Bakungan, Kecamatan Loa Janan. Namun setelah istirahat sejenak di lobi hotel, sekitar pukul 19.10 Wita, Safaruddin malah memutuskan tidak jadi menginap dan menggantinya dengan mengunjungi rumah Isnaini. Di rumah tokoh Golkar ini, Safaruddin bersama rombongan dijamu makan malam. Turut hadir juga beberapa tokoh masyarakat, termasuk Ketua DPC Hanura Kukar, Ishak Iskandar.

Safaruddin dan Isnaini terlihat santai dan akrab ngobrol di ruang tamu. Mulai dari masalah politik sampai persoalan yang dialami masyarakat Kutai Kartanegara. “Kami membahas banyak masalah di Kukar paska ditangkapnya Bupati Rita Widyasari. Ada banyak kesamaan visi ibu Rita dan program Rusmadi-Safaruddin,” ucapnya. #Achmad Yusuf

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here