Musorkab Ke-V Dihadiri 28 Pengurus Cabang Olahraga

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, memukul gong tanda dimulainya Musyawarah Kabupaten Ke-V KONI Kubar di Ruang Aji Tulur Jejangkat Kantor Bupati Kubar. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Komite Olahraga Nasional Kabupaten Kutai Barat mengadakan Musyawarah Olahraga Kabupaten Ke-V, hari ini Rabu 6/6/2018 di Ruang Aji Tulur Jejangkat, Kantor Bupati Kubar. Siapa penerus Ekti Imanuel yang masuk purna tugas, sudah tidak perlu ditebak lagi. Pasalnya, hanya nama Untung Surapati yang masuk dalam daftar Calon Ketua Umum KONI Kubar di meja Panitia Pelaksana Musorkab.

“Cuma ada satu yang mendaftar. Jika begini situasinya, maka otomatis pemilihan secara aklamasi,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana Musorkab Ke-V KONI Kubar, Kim Sianto, di sela rapat Steering Comitte.

Kim Sianto menjelaskan, 28-31 Mei 2018 lalu, Tim Penjaringan dan Penyaringan Bakal Ketua Umum KONI Kubar telah membuka pengambilan formulir pendaftaran. Tim tersebut diisi 5 orang perwakilan dari cabang olahraga yang bernaung di KONI Kubar. Yaitu Suriansyah mewakili Pengurus KONI Kubar, Widodo dari cabor beladiri, Fredi T Lone dari cabor terukur, Yulius Mimphin dari cabor permainan dan J Markoni dari cabor beregu.

Peserta Musrokab Ke-V KONI Kubar didominasi utusan 28 cabang olahraga yang terdiri dari 4 kelompok cabor. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Kami tunggu pengembalian formulirnya sampai tanggal 2 Juni 2018. Itu tanda berminat dan mendaftar. Mulai Minggu 3/6/2018, berkas persyaratan bakal calon Ketua Umum diverifikasi secara administratif. Ternyata hanya 1 berkas yang masuk, atas nama Untung Surapati,” katanya.

Sebelum membuka secara resmi kegiatan itu, Bupati Kutai Barat FX Yapan telah memberi sinyal kuat terpilihnya Untung Surapati. Figur itu adalah Sekretaris KONI Kubar periode 2014-2018. “Dari hasil pendengaran saya, dari penglihatan maupun hasil terawang, Pak Untung ini yang terpilih,” ujarnya, disambut tepuk tangan dan riuh tawa ratusan peserta Musorkab.

Bupati mengatakan, olahraga adalah kebutuhan pokok manusia untuk membentuk jiwa raga dan rohani yang kuat. Juga dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui prestasi membanggakan di bidang olahraga. Untuk itu, KONI Kubar dituntut melaksanakan tugas dengan baik, dengan manajemen yang teratur agar menjadi organisasi mandiri.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, meminta manajemen KONI Kubar pada kepengurusan yang baru untuk lebih baik. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Menurutnya, keberhasilan organisasi tidak akan tercapai tanpa perencanaan, pengarahan dan pengawasan yang baik. Musorkab ini diharap menjadi upaya meningkatkan kepedulian masyarakat untuk terlibat dalam olahraga prestasi. “Jadikan olahraga sebagai instrumen pembangunan. Kepada yang nantinya terpilih, tolong bantu pemerintah,” pesan Yapan.

Yapan menegaskan, butuh kerja keras dan komitmen yang tinggi untuk lebih memajukan olahraga. Itu sebabnya, harus mampu memilih ketua umum yang siap meluangkan waktunya untuk kemajuan organisasi. Diakuinya, mengurus KONI tidak menguntungkan secara pribadi. Namun harus ada waktu mengurusnya. “Ketum yang baru harus lakukan evaluasi dua kali setahun,” katanya.

Ia menambahkan, setelah nanti terbentuk kepengurusan baru, diminta segera melaporkan cabor yang lolos ke Pekan Olahraga Provinsi Kaltim tahun 2018 ini. Dan menghadap Sekretaris Kabupaten sebagai ketua tim anggaran Pemkab Kubar. “Mau berprestasi ya cost (biaya) harus besar. Sekda yang bisa hitung cost, kita harap bisa naik kalau mau tetap berprestasi. Mau minta sumbangan ke perusahaan, tapi kita belum punya data. Mereka siap untuk membina cabor. Tapi cabor mana belum kita tahu, makanya perlu data,” tegas FX Yapan.

Musorkab Ke-V KONI Kubar dihadiri Komandan Kodim 0912/KBR Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan, Wakil Kepala Polres Kubar Kompol Sukarman, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Kubar Irawan EM dan Kepala Perwakilan TNI AU Kubar Letda POM Agus Aang Khunaifi. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Sementara itu, Wakil Ketua Umum II KONI Kaltim, Sumarlani mengatakan, pergantian pengurus atau Ketua Umum KONI Kubar menunjukkan regenerasi berjalan dalam organisasi. Porprov VI yang akan digelar di Kabupaten Kutai Timur akhir November 2018, diharap jadi ajang menjaring atlet potensial untuk Pekan Olahraga Nasional berikut.

Atas nama KONI Kaltim, ia berterimakasih atas sumbangsih Ekti Imanuel kepada daerah dan telah membawa kemajuan serta nama baik bagi Kaltim. “Memilih ketum hendaknya tepat agar organisasi tertib dan lancar. Keputusan Musorkab hendaknya membawa angin segar bagi KONI Kubar dan Kaltim,” ujar Sumarlani.

Hadir dalam Pembukaan Musorkab ini, Sekretaris Kabupaten Yacob Tullur, Komandan Kodim 0912/KBR Letkol Infanteri Rudi Setiawan, dan Wakil Kepala Polres Kubar Kompol Sukarman. Mewakili Kejaksaan Negeri Kutai Barat, ada Kepala Seksi Intelijen Irawan EM. Ada juga Kepala Perwakilan TNI AU Kubar, Letna POM Agus Aang Khunaifi.

Dari KONI Kaltim dihadiri juga Kepala Bidang Organisasi Budhi Irawan dan Staf, Fahri. Sedangkan utusan peserta Musorkab dari 28 cabor, terdiri dari empat kelompok cabor. Yakni Beladiri 9 cabor, Terukur 8 cabor, Permainan 6 cabor dan Beregu 5 cabor. #Sonny Lee Hutagalung/Advertorial

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here