Anggaran Pilkada Desember 2015

 

SENDAWAR – Komisi Pemilihan Umum Kutai Barat  akan mendapat kucuran dana Rp 20 miliar melalui Pemkab Kubar. Nilai yang sebelumnya diusulkan sebesar Rp 25,6 miliar tersebut untuk menggelar Pilkada di Desember 2015 mendatang. Meski kurang dari usulan, KPU Kubar yakin pesta demokrasi di Tanaa Purai Ngeriman akan lancar dan sukses.



“Pemkab hanya menyetujui Rp 20 miliar dari Rp 25,6 miliar. Itu tidak termasuk dengan anggaraan Panwas dan keamanan. Anggaran kami sendiri dan lembaga lainnya sendiri,”  ujar Ketua KPU Kubar, FX Irianto, di sela Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubar, 9 Desember 2015 mendatang.

Dalam kegiatan di Taman Budaya Sendawar di Jl Sendawar Raya pada, Senin 4 Mei 2015 pagi , Irianto mengakui anggaraan yang kurang sekira Rp 4 miliar itu tidak mempengaruhi semangat kerja KPU Kubar. Dan akan terus berusaha untuk menyukseskan Pemilu tahun ini. “Kekurangan itu tidak menjadi hambatan bagi KPU,” jelasnya.

Pada kesempatan yang dihadiri Bupati Kubar Ismael Thomas, Wakil Bupati Kubar Didik Effendi dan segenap unsur muspida, kepala badan, dinas, kantor di Kubar, ditandai pendatanganan Nota Kesepahaman. Memorandum of Understanding tersebut ditandatangani Ketua KPU dengan Bupati Kubar, Polres dan RSUD  HIS.  Dilanjutkan pemukulan gong dan pelepasan balon ke udara oleh Bupati.

Irianto mengungkapkan, tahapan dimulai sejak 19 April lalu dengan diawali perekrutan penyelanggara Badan Penyelenggara Pemilu. MoU ini juga memenuhi kegiatan KPU. Sebab berkaitan dengan anggaran, juga Kepolisian dan kesehatan di rumah sakit. Tujuannya, semua elemen masyarakat di Kubar dapat mengetahui tahapan Pilkada dimulai.

Peraturan KPU Nomor 18 tahun 2013 menyebutkan masa kepemimpinan kepala daerahnya telah habis di semester satu 2016 harus menyelenggarakan Pilkada di Desember 2015 ini. Kegiatan tersebut ditujukan agar semua lapisan masyarakat mengetahui penyelenggaraan Pilkada di Kubar sudah memasuki tahapan awal.



“Saya harap para Partai Politik (Parpol), tokoh-tokoh masyarakat yang akan ikut serta bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu di Kubar, agar dapat mempersiapkan diri,” kata Irianto, menambahkan bahwa untuk Parpol bagaimana cara mengajukan calon, bisa sesuai ketentuan. Demikian juga dengan yang akan maju secara perorangan. #Revandi

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here