Tertinggi Dalam Keterwakilan Caleg Perempuan

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Masa pendaftaran Bakal Calon Legislatif yang akan mencoba peruntungan di Pemilihan Umum tahun 2019 mendatang sudah ditutup oleh Komisi Pemilihan Umum. Dari 13 partai politik yang menyerahkan berkas caleg mereka, ada keunikan. Sebab lima parpol menyetor nama caleg tidak mencapai kuota yang disiapkan KPU Kabupaten Kutai Barat. Meski tersedia 25 kursi di DPRD Kubar, tiga parpol malah menyetor kurang dari 50 persen.

Hal itu terungkap dari lampiran Berita Acara Rapat Pleno Nomor: 43/HK.04.1-BA/6407/KPU-Kab/VII/2018. Yaitu tentang Penetapan Batas Akhir Pendaftaran Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Kutai Barat Peserta Pemilu Tahun 2019.

Berita Acara menyebut Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Berkarya hanya mendaftarkan masing-masing 10 caleg. PKS menempatkan 2 caleg di Daerah Pemilihan Kubar 1, 7 di Dapil Kubar 2, dan 1 di Dapil Kubar 3. Sementara Berkarya memposisikan calegnya dengan formasi 4-4-2 di tiga Dapil tersebut. Meski paling rendah jumlah caleg, keduanya di posisi tertinggi dalam prosentasi keterwakilan perempuan. Jika Berkarya sebesar 60%, PKS sebanyak 50%.

Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Kutai Barat, Jamidi, menyerahkan berkas caleg kepada Ketua KPU Kubar, FX Irianto, Minggu 15/7/2018. HUMAS DPD PKS KUTAI BARAT/KABARKUBAR.COM

Kemudian Partai Solidaritas Indonesia menyetor 11 nama dengan formasi 3-5-3. Dengan keterwakilan perempuan mencapai 36,36%. Dan sebesar 43,75% pada Partai Persatuan Pembangunan yang menyerahkan 16 nama dalam formasi 6-7-3.

Cukup menarik dicermati adalah Partai Golongan Karya yang masih kurang dua nama untuk mencapai kuota 25 caleg. Padahal Golkar merupakan parpol yang cukup diperhitungkan di tingkat nasional, bahkan merupakan pemenang Pemilu 2014 di Provinsi Kalimantan Timur. Sedangkan di Kubar, Golkar pernah meraih 6 kursi di Pemilu 1999 dan berkurang jadi 4 kursi di Pemilu 2004. Kemudian berkurang menjadi 3 kursi di Pemilu 2009 dan merosot menjadi 1 kursi di Pemilu 2014.

Menanggapinya, Ketua DPD PKS Kubar, Jamidi, mengakui animo masyarakat untuk maju sebagai calon Wakil Rakyat. Selain itu, dari daftar caleg yang telah disiapkan PKS Kubar, ada beberapa yang mundur sebelum berkas pendaftaran dibawa ke KPU Kubar. Saat mereka yang mundur akan diganti figur lain, waktu sudah tidak memungkinkan. “Mau ganti yang mundur, waktunya mepet,” ujarnya melalui pesan singkat, Rabu 18/7/2018.

Sepuluh Calon Anggota Legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera. HUMAS DPD PKS KUTAI BARAT/KABARKUBAR.COM

“Tapi kami yakin, meski pola permainan yang ditawarkan 2-7-1, kami bisa mempertahankan kursi. Dan berpeluang menambah 1 kursi baru,” tegas Jamidi yang partainya saat ini memiliki 1 kursi ditempati Ellyson di DPRD Kubar.

Untuk diketahui, KPU Kubar memverifikasi berkas bakal caleg mulai hari ini. Kemudian akan diserahkan kembali ke 13 parpol pada Sabtu 21/7/2018. Untuk kelengkapan administrasi atau persyaratan yang ditentukan, diakui tidak menemui kendala. Karena kebanyakan parpol sudah menaati aturan yang ada.

Soal bakal caleg, Ketua KPU Kubar, FX Irianto menyebut ada 270 orang. Yang terbagi dalam tiga Daerah Pemilihan di Kubar. Rinciannya, 77 caleg laki laki dan 44 perempuan di Dapil Kubar 1. Untuk Dapil Kubar 2, terdapat 49 laki-laki dan 37 perempuan. Terakhir, 40 laki-laki dan 23 perempuan di Dapil Kubar 3. “Kami harap menahan diri dulu, tidak usah kampanye. Karena belum masanya kampanye,” katanya. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here