Golkar, PKB, PAN dan PKS Siap Mendukung Atas Keputusan DPP

H Ahmad Syaiful dan Asrani menyerahkan dokumen pendaftaran kepada Ketua DPD Partai Amanat Nasional Kabupaten Kutai Barat, Sabtu 21/9/2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Peta politik terkait Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Kutai Barat Tahun 2020 mulai tergambar jelas. Setelah FX Yapan dan H Edyanto Arkan menyatakan kembali berpasangan di Pilkada Kubar, hari ini giliran H Ahmad Syaiful dan Asrani Barnabas yang tampil. Pasangan yang berkomitmen ikut dalam kontestasi panggung politik Tanaa Purai Ngeriman tahun depan, mendatangi empat partai politik.



Ahmad Syaiful yang akrab disapa Haji Acong, menyatakan siap bertarung di Pilkada Kubar sebagai Bakal Calon Bupati Kubar. Demikian juga Asrani yang dikenal sebagai seorang birokrat murni, berkomitmen mendampingi. “Kedua pasangan ini kita sebut ‘Harus Asa’. Artinya Hak Rakyat Untuk Sejahtera Ahmad Syaiful-Asrani,” kata Ketua DPD Partai Golkar Kubar, HM Zainuddin Thaib, Sabtu 21/9/2019.

“Selama ini, banyak yang tidak yakin saya maju di Pilkada Kubar 2020. Tapi hari ini kami tunjukkan komitmen untuk bersama Pak Asrani untuk membawa Kubar lebih maju dan lebih baik dari saat ini,” kata Haji Acong kepada KabarKubar, usai pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati Kubar di Sekretariat DPD Partai Golkar Kubar, Jalan Sendawar Raya No.97 RT.03 Kampung Sendawar, Kecamatan Barong Tongkok.

Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pada DPD Partai Golkar Kabupaten Kutai Barat, H Yamhun Anwar, menerima dokumen pendaftaran dari pasangan H Ahmad Syaiful dan Asrani. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Pendaftaran di Partai Golkar dihadiri Sekretaris dan Bendahara DPD Partai Golkar Kubar Hamniansyah dan Suherman. Hadir pula Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon DPD Partai Golkar Kubar, H Yamhun Anwar. Ada juga dua Ketua Tim Administrasi Balon, yakni Kim Sianto dan Markulius Mahing.

Di antara sekitar 150 massa pendukung Acong dan Asrani, tampak sejumlah tokoh yang dituakan di tengah masyarakat Kubar. Antara lain, H Ambo Dalle, H Asnawi, dan Dadang Suhardi. Tidak sedikit juga hadir pengurus lintas partai politik. “Mudah-mudahan dapat diproses lebih lanjut dan ditetapkan oleh DPP. Kami memroses sebagaimana aturan berlaku di internal partai,” kata Penasihat DPD Partai Golkar Kubar, H Imansyah Said.

Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kubar, Syachran Eric Lenyoq, memeriksa kelengkapan dokumen pendaftaran yang diserahkan pasangan Haji Acong dan Asrani. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Usai di Partai Golkar, massa pendukung ikut mendampingi ke Sekretariat Partai Kebangkitan Bangsa di Jalan Pattimura No.12 RT.29 Kelurahan Melak Ulu, Kecamatan Melak. Pasangan Acong dan Asrani diterima Ketua DPC PKB Kubar, Syachran Eric Lenyoq. Juga ada Bendahara dan Wakil Ketua DPC PKB Kubar, yaitu Kiagus Elvis Pamuncak dan H Syaparuddin,

“Niat kami untuk membangun Kubar. Bukan karena uang, tapi murni ingin menyejahterakan masyarakat Kubar. Semoga PKB Kubar bisa merekomendasikan ke DPP agar kami diusung,” kata Haji Acong kepada para Pengurus DPC PKB Kubar yang menerima rombongan dengan sederhana.

Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Kutai Barat, H Ellyson, menerima berkas pendaftaran dari pasangan H Ahmad Syaiful dan Asrani. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Diakui Eric Lenyoq, PKB tidak memberikan banyak syarat. Kaarena sadar tidak bisa banyak berbuat, dengan satu kursi yang didapat di DPRD Kubar. PKB memberi kesempatan mendaftar dan akan memeriksa berkas yang diserahkan. “Kami bukan tidak ada daya, tapi ada mekanisme, dan DPW dan DPP yang berwenang. Apapun rekomendasi DPP akan kami ikuti dan berjuang keras. Kami tidak ada komitmen dengan siapapun, jangan kuatir. Independensi kami tidak diragukan, siapa yang ikat komitmen, kami akan perjuangkan,” jelasnya.

Haji Acong dan Asrani beserta pendukung beranjak kembali untuk menuju Sekretariat DPD Partai Amanat Nasional di Jalan Gajahmada, di kelurahan dan kecamatan yang sama. Rombongan diterima oleh Ketua dan Sekretartis DPD PAN Kubar, H Sopiansyah dan Arkadius Elly. Hadir juga Pembina DPW PAN Provinsi Kaltim Wilayah Kubar dan Mahakam Ulu, H Eddi Akhmadi. Serta Ketua MPD PAN Kubar, Anas, dan Anggota DPRD Kubar dari PAN, Rita Asmara Dewi.

Dikatakan Arkadius Elly, PAN menerima siapa saja dengan berupaya adil dan merata. Biaya pendaftaran di partainya disebut paling murah, dan berusaha menyambut layaknya bupati dan wakil bupati terpilih. “Terima kasih sudah mendaftar dan mudahan ada jodoh, tapi keputusan di tangan DPP. Semoga pasangan ini dapat restu dari pimpinan kami untuk bisa maju pada 23 September 2020,” ungkapnya.

Sejumlah tokoh masyarakat Kubar mengiring langkah pasangan H Ahmad Syaiful dan Asrani saat mendaftar ke Partai Golkar dan tiga partai politik lainnya, Sabtu 21/9/2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Sedangkan H Sopiansyah mengakui, 10 tahun lalu pernah menjadi calon legislatif DPRD Kubar dari Partai Golkar. Juga sempat menjabat Ketua Pimpinan Tingkat Kecamatan Partai Golkar Kecamatan Melak. “Kami membuka komunikasi pada partai lain. Saya juga harap Ketua Umum (Zulkifli Hasan) memberi rekomendasi pada pasangan ini, karena mereka ini adalah sahabat. Mudah-mudahan kita sukses di Pilkada Kubar 2020,” katanya.

Saat menerima rombongan Haji Acong dan Asrani, ditampilkan kearifan lokal Kubar berupa tari-tarian tradisional. Antara lain, Tarian Jepen yang dibawakan Perempuan Amanat Nasional, Tari Belian Bawo dan Tari Perang oleh Remaja dari Kampung Ombau Asa, serta Tari Tunggal adat Dayak Bahau.



Usai di PAN, rombongan menuju Sekretariat DPD Partai Keadilan Sejahtera Kubar, di Jalan Hidayatullah RT.10 Kelurahan Melak Ilir Kecamatan Melak. Pasangan berlatarbelakang pengusaha dan birokrat ini diterima Ketua dan Wakil Ketua DPD PKS Kubar, H Ellyson dan H Arli. “Sangat berharap dapat mengusung pasangan ini, tapi ada persyaratan. Kami hanya bisa merekomendasikan, sedangkan keputusan ada di tangan DPW dan DPP. Yang jelas kami mendukung dan ingin mengusung,” ujar H Ellyson. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here