Jamidi dan H Ellyson Akan Maju di Pileg 2019

Aksi sosial intens dilakukan DPD Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Kutai Barat saat terjadi musibah atau bencana alam di wilayah Kutai Barat. ISTIMEWA/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Kutai Barat telah menuntaskan tugas pemberkasan bakal calon legislatif untuk Pemilu 2019 mendatang. Sebanyak 25 figur telah dinilai lengkap berkasnya dan memenuhi syarat untuk diajukan ke Dewan Pimpinan Wilayah PKS Provinsi Kalimantan Timur di Kota Samarinda. Targetnya, sedikitnya 4 kursi akan menjadi jatah PKS di DPRD Kubar.

“Kami sudah setor 25 berkas ke DPW dan akan diteruskan ke DPP PKS di Jakarta, Mengapa 25 saja, karena memang kami diberi wewenang menentukan bacaleg. Jadi yang 25 nama itu tinggal menunggu rekomendasi DPP (Dewan Pimpinan Pusat),” ungkap Ketua DPD PKS Kubar, Jamidi, Rabu 23/5/2018 saat ditemui di Lantai I Sekretariat Kabupaten Kubar.

 

Jamidi mengaku tidak ada syarat khusus yang diminta kepada para bacaleg yang mendaftar di PKS. Jika di partai politik lain mengharuskan setiap bacaleg menyetor dukungan dengan salinan KTP sedikitnya 600 sampai 1.000 lembar, PKS tidak perlu. “Yang penting adalah melengkapi berkas sebagaimana ditentukan KPU (Komisi Pemilihan Umum). Misalnya dokumen ijazah dan identitas yang sah seperti KTP dan Kartu Keluarga,” katanya.

Ditanya soal figur yang menonjol dan berpeluang untuk mendulang suara bagi PKS di Pemilihan Legislatif di tahun 2019, Jamidi enggan membuka data. Ia menilai peluang 25 bacaleg PKS tidak berbeda jauh. Namun ia sendiri akan maju di daerah pemilihan 2, yang meliputi Kecamatan Melak, Sekolaq Darat, Mook Manaar Bulatn, Muara Pahu, dan Penyinggahan. “Kalau pak Ellyson (Anggota DPRD Kubar periode 2014-2019) akan maju lagi,” jelasnya.

DPD PKS Kabupaten Kutai Barat selalu berkoordinasi dengan para pihak dalam melaksanakan aksi sosial di semua kesempatan. ISTIMEWA/KABARKUBAR.COM

Untuk tingkat Provinsi Kaltim, diakui Jamidi sulit menentukan figur bacaleg. Terlebih di Pileg 2019, daerah pemilihan Kaltim 4 sudah berubah. Jika sebelumnya mencakup Kutai Kartanegara, Kubar dan Mahakam Ulu, nantinya tinggal Kubar dan Mahulu yang dijatah 3 kursi. “Sekarang ini langka bacaleg untuk DPRD Provinsi. Kami tunggu arahan dari DPW dan DPP saja,” pungkasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Berita Acara Pleno Nomor: 40/BA/KPU-KUBAR/XI/2014, Tanggal 28 November 2014, PKS meraih 3.757 suara di Pemilu tahun 2014. Dari total 100.889 suara sah, PKS mendapat 3,7 persen. Rinciannya, sebanyak 1.515 suara di Dapil Kubar 1 yang meliputi wilayah Kabupaten Mahakam Ulu. Hasilnya, menempatkan dua wakilnya di DPRD Mahulu. Yakni Hendrikus Keling dengan raihan 638 suara dan Benediktus Wisdiadi yang memeroleh 540 suara.

Sedangkan di Dapil Kubar 2 meraih 515 suara, Dapil Kubar 3 dengan 1.448 suara dan Dapil Kubar 4 mendapat 279 suara. Hasilnya, 1 kursi didapat di DPRD Kubar yang ditempati H Ellyson dengan 613 suara. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here