Jadi Langkah Membentuk Karakter Anak Bangsa

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Untuk ketiga kalinya, SD Negeri 01 Barong Tongkok yang biasa disebut SD Busur, kembali melaksanakan Program Sehari Berbudaya. Kegiatan yang dilaksanakan Rabu 20/3/2019 kemarin, dihadiri SDN 10 Kampung Muara Begai, Kecamatan Muara Lawa. Acara ini sejalan dengan Peraturan Bupati Kutai Barat Nomor: 13 Tahun 2017. Dan Motto Kabupaten Kutai Barat, yaitu Kota Beradat Tana Purai Ngeriman.



Menurut Kepala SD Busur, Viktorius Gereng, perlu ditanamkan karakter mulai dari usia anak SD. Untuk mengenalkan, mengingatkan dan mengembangkan budaya lokal dalam seni budaya. “Agar pemahaman tentang budaya tetap diingat, dan berharap kegiatan selanjutnya bisa lebih bagus dan lebih baik lagi,” ujarnya kepada KabarKubar.

Sekolah yang telah menerapkan Kurikulum 2013 untuk siswa Kelas 1 hingga Kelas 6 ini, mengadakan Sehari Berbudaya dalam rangka menanamkan seni dan budaya sejak dini. “Ini sebagai langkah untuk pembentukan karakter anak bangsa,” pungkas Viktorius Gereng yang memimpin sekolah dengan 43 guru, staf dan pegawai, serta 641 siswa.

Diungkapkan Kepala Seksi Pembinaan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubar, Samsul, sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan Sehari Berbudaya itu. Sebagai pelopor mengangkat koper perubahan peserta didik. Dengan kepedulian pembangunan karakter untuk Kutai Barat yang berbudaya.

Ia mengimbau, agar generasi Kubar mengangkat budaya daerah. Sehingga budaya lokal bisa maju dan tidak berhenti atau lenyap. Mengajari selalu budaya lokal, mendidik, melatih, mengasuh dan mengarahkan. Sehingga dapat membangun mental generasi. Dan berharap tidak ada anak yang putus sekolah. “Melatih anak-anak dari sekarang, kalau bukan kita siapa lagi,” tegasnya.

“Ini merupakan program harapan. Terima kasih telah mengundang dan bersedia belajar bersama kami. Juga menjadi kenal dengan adat istiadat dan menambah pengetahuan, ini  merupakan hal yang luar biasa,” tutur Nodiana, Kepala SDN 10 Muara Lawa.



Acara yang juga dihadiri Duta Pemuda dan Duta Wisata Kubar ini diisi dengan persembahan tarian tradisional dari para siswa SDN Busur. Antara lain, Tari Gantar, Tari Jepen, Tari Datun, Tari Ngeleway, dan lagu daerah Rijok beserta paduan suara. #Lilis Sari

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here