Siapkan Perjalanan Wisata dan Terbitkan Buku Panduan Wisata Kaltim

0609_Exotic Kaltim
TOURISM DESTINATION: Para peserta Journey to the West of Kutai yang digagas Exotic Kaltim mengabadikan momen kunjungan di lokasi wisata Danau Aco, Sabtu (1/8/2015) lalu.    YULIANI HERAWATI MASI/KabarKubar.com

SAMARINDA – Keindahan panorama Kabupaten Kutai Barat telah menjadi salah satu tujuan wisata yang dipromosikan hingga ke mancanegara. Para turis dari berbagai negara juga banyak mendatangi sejumlah lokasi wisata dengan Guide Book atau buku panduan di tangan. Potensi besar tersebut tidak dilepaskan begitu saja oleh Exotic Kaltim, yang merupakan brand di bawah Yayasan Promosi dan Informasi Pariwisata Kaltim atau YPIPKT.

“Kubar menyimpan tempat-tempat wisata yang tidak kalah menarik dari daerah lainnya di Kaltim. Mulai dari atraksi alam berupa sungai, danau, perbukitan, cagar alam dan air terjun hingga atraksi budaya yang khas dengan kearifan lokal suku Dayak,” ungkap Ketua Exotic Kaltim, Amiruddin.

Potensi pariwisata di Kubar tersebut, kata Amiruddin, mendasari diselenggarakannya kegiatan Journey to the West of Kutai, awal bulan Agustus 2015. Dengan tema “Jelajahi Pesona Alam dan Budaya Kutai Barat oleh Exotic Kaltim”. Selama dua hari, 22 peserta dari berbagai kalangan di Kaltim diajak melakukan perjalanan menyusuri destinasi wisata di Kubar.

Dimulai dari Samarinda dengan menempuh jarak 700 kilometer dan menjelajahi tujuh lokasi wisata alam dan budaya andalan di Tanaa Purai Ngeriman. Dengan menyusuri Sungai Mahakam menuju Danau Jempang, dan singgah di Kampung Tanjung Isuy, ibukota Kecamatan Jempang. Kemudian mengunjungi Lamin (rumah adat) Mancong, lalu melanjutkan perjalanan darat menuju ibukota Kabupaten Kubar di Sendawar. “Kami bermalam di Danau Aco, Kampung Linggang Melapeh Kecamatan Linggang Bigung (sekitar 32 kilometer dari Sendawar),” tutur Mirza, Ketua Panitia Journey to the West of Kutai.

Tidak jauh dari Danau Aco, ada air terjun atau Jantur Tabalas yang cukup indah dengan airnya yang segar dinikmati para peserta keesokan hari perjalanan. Dilanjutkan mengunjungi Taman Budaya Sendawar di Kecamatan Barong Tongkok, tidak jauh dari Kantor Bupati Kubar. Lalu menjelajahi hutan anggrek dan pasir putih Kersik Luway di Kecamatan Sekolaq Darat, yang berjarak sekitar 25 kilometer dari TBS.

“Kita juga mengunjungi Lamin di Kampung Pepas Eheng Kecamatan Nyuatan yang telah terkenal di seluruh dunia, karena sering didatangi turis dari banyak negara. Terakhir melihat dan menikmati eksotisnya Jantur Inar dan sebelumnya mendatangi Danau Beluq yang tidak jauh dari Jantur Inar,” imbuh Mirza.

0609_Falls, Inar. The most excotic here about 30 Kms from our house
MISTERI: Jantur Inar di Kampung Temula Kecamatan menjadi salah satu potensi wisata yang menjanjikan di Kabupaten Kutai Barat. SONNY LEE HUTAGALUNG/KabarKubar.com

“Senang banget bisa gabung di perjalanan ini, tempat wisatanya keren-keren. Walaupun perjalanannya lumayan jauh, tapi pengalaman yang diperoleh banyak banget. Yang paling berkesan adalah kebersamaan selama perjalanan,” ujar Nadira X-Factor yang berasal dari Samarinda.

Kembali Amiruddin mengungkapkan, kegiatan yang digelar Exotic Kaltim itu juga memiliki misi untuk menjalankan program Promote Tourism Kaltim. Di mana peserta diimbau untuk mempublikasikan dokumentasi perjalanannya melalui media sosial yang bertujuan mempromosikan pariwisata Kubar. Exotic Kaltim sebagai lembaga promosi pariwisata Kaltim berharap ada sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam memajukan pariwisata daerah. Khususnya partisipasi aktif sejumlah perusahaan di 10 kabupaten dan kota di Kaltim untuk memaksimalkan program Community Development atau Corporate Social Responsibility di bidang pariwisata.

“Kami juga punya program lain yang sedang dikerjakan, berupa pembuatan buku panduan wisata Kubar. Sedangkan untuk tingkat Kaltim, sedang dirampungkan buku panduan wisata Kaltim 2016. Juga persiapan kegiatan Journey to the East of Kutai, berupa perjalanan wisata ke wilayah Kabupaten Kutai Timur,” ungkap Amiruddin.

“Ini program yang sangat bagus, harus tetap berlanjut,” ujar Ketua Komisi II DPRD Kubar, Ipin, menyatakan dukungannya. Ia meminta agar Exotic Kaltim bersinergi dengan berbagai pihak dalam mempromosikan pariwisata Kubar kepada wisatawan lokal, domestik dan asing.

“Kami sangat senang dan mendukung kegiatan ini, semoga bisa membantu memajukan pariwisata Kubar. Terutama dalam hal promosi, baik berupa media maupun mengajak peserta dari berbagai kalangan untuk menjelajahi potensi wisata Kubar,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kubar, Martinus J.   #Yuliani Herawati Masi

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here