15 Kecamatan Tidak Punya Lahan Sawah

Bupati Kutai Barat, Rama Alexander Asia, bersama H Encik Mugnidin dan Kepala Dinas Pertanian Kubar, H TImur Luri Saksono, ikut menanam padi di areal persawahan Kampung Long Iram Seberang. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

LONG IRAM – KABARKUBAR.COM
Kampung Long Iram Seberang di Kecamatan Long Iram, telah memulai menanam padi di sawah sejak tahun 1972. Diawali masuknya warga dari etnis Jawa, Bugis, Kutai, Banjar, Timor dan bersama penduduk asli di sana, dari suku Dayak Tunjung dan Bahau. Seluas 75 hektare sawah dibuka oleh dua kelompok tani dan telah berhasil memanen dua kali dalam setahun.

Bupati Kutai Barat, Rama Alexander Asia, mengaku sangat menaruh perhatian kepada bidang pertanian. Sebab ia berlatarbelakang pendidikan sebagai seorang insinyur pertanian dan mengawali karir di Dinas Pertanian Kutai. Ia pun menghadiri tanam padi perdana di lahan sawah yang berjarak empat kilometer dari pinggir Sungai Mahakam pada Kamis, 20 Oktober 2005.



Rama Asia mengimbau petani agar mengembangkan usaha mereka dengan tidak bergantung bertani saja. Guna mengantisipasi resiko kegagalan panen yang mungkin saja terjadi. Dengan mengembangkan sistem pertanian Agribisnis, yang tidak hanya sekedar memenuhi kehidupan petani, namun dapat menghidupi keluarga petani.

“Jangan terbuai oleh alam yang serba ada, maksimalkan lahan yang ada dengan tidak membiarkan hutan semakin ditumbuhi semak belukar,” katanya di kampung yang sejak tahun 2002 telah menanam pohon cokelat seluas 50 hektare dan berhasil panen perdana Agustus 2005 lalu.

Dalam dialog bersama para petani di bawah tenda pinggir persawahan, Rama mengatakan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat memiliki program. Yakni Usaha Kecil Menengah yang ditujukan membantu rakyat dalam pengembangan ekonomi rakyat.



“Buka lahan sebanyaknya untuk dijadikan lahan pertanian, agar menambah penghasilan warga. Bila perlu dibuat peraturan denda bagi orang yang membiarkan lahan tidur, buatlah produktif,” tegas Rama Asia yang datang bersama Staf Khusus, H Encik Mugnidin, Kepala Dinas Pertanian kubar H Timur Luri Saksono, dan Camat Long Iram Harun Al-Rasyid.

Data yang didapat dari Dinas Pertanian Kubar, mengindikasikan perbandingan jumlah yang tidak jauh di enam kecamatan. Yakni lahan padi sawah 3.392 hektare dan padi ladang 14.687 hektare. Rinciannya, Long Iram (662/993), Mook Manaar Bulatn (641/687), Bongan (558/880), Linggang Bigung (523/808), Long Hubung (515/1.121) dan Muara Pahu (503/645). “Ada 15 dari 21 kecamatan yang tidak memiliki lahan padi sawah,” ungkap Kepala Seksi Perluasan Lahan pada Distan Kubar, Tinak.

“Masyarakat sangat berharap perhatian pemerintah lebih memotivasi petani dengan fasilitas-fasilitas untuk memudahkan pekerjaan. Seperti hand tracktor untuk membajak sawah,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Tanam Padi Perdana, Abdul Galib.



Pada kesempatan itu, Rama Asia menyerahkan bantuan kepada pengurus masjid dan langgar setempat. Sebagai bentuk kepedulian seorang anak bangsa bagi dunia rohani yang berkaitan bulan suci Ramadhan.

Berupa uang senilai Rp20 juta untuk penyelesaian pembangunan Masjid Al- Irshad di Kampung Long Iram Seberang. Kemudian satu set peralatan pengeras suara berupa masing-masing 1 unit radio tape, amplifier, 2 unit toa, microphone dan 1 roll kabel yang bernilai Rp5 juta persetnya untuk di tiga kampung. Yakni Masjid Baiturahim di Kampung Long Iram Bayan, Masjid Al- Roudah di Kampung Long Iram Kota dan Langgar Al- Huda di Kampung Long Iram Ilir. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here