Polsek Long Bagun Gencar Sosialisasikan Keselamatan Berkendara 

Personel Polsek Long Bagun menjelaskan pelanggaran yang dilakukan salah seorang pengendara, sekaligus memberikan pemahamam pentingnya menggunakan alat keselamatan berkendara. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

LONG BAGUN – KABARKUBAR.COM
Meski berada di ‘Ujung Negeri’, keselamatan pengendara sepeda motor di Kabupaten Mahakam Ulu tetap menjadi perhatian serius bagi Polisi. Sosialisasi pentingnya mengenakan helm, gencar dilakukan kepada masyarakat, terutama pengendara yang melintas di jalan. Helm dimaksud juga tidak sembarang helm, tapi yang telah dinyatakan Standar Nasional Indonesia atau SNI.

Menurut Kepala Kepolisian Resor Kutai Barat, AKBP Pramuja Sigit Wahono, Kepolisian Sektor Long Bagun bersama terus menyosialisasikan penggunaan helm setiap pagi hari kerja. Guna mengingatkan masyarakat, khususnya warga Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun.  Sebagai Ibukota Mahulu, Ujoh Bilang memang paling padat penduduknya dan ramai kendaraan.

“Tujuannya, meningkatkan kesadaran pengendara yang selama ini lalu lalang, tapi tidak menggunakan helm. Padahal helm untuk keamanan pengendara sendiri, karena jadi pelindung kepala apabila terjadi kecelakaan,” katanya melalui Kepala Polsek Long Bagun, Inspektur Satu Kasiyono, Senin 20/11/2017.

Kepala Unit Lalu Lintas Polsek Long Bagun, Brigadir Kepala R Situmorang memberikan pemahaman pentingnya mengenakan helm bagi pengendara yang melintas di depan Mapolsek Long Bagun, Senin 20/11/2017. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Diakui Kasiyono, kebanyakan warga di Mahulu tidak memakai helm saat berkendara. Terkesan meremehkan pentingnya pengaman kepala tersebut, dan tidak memikirkan keselamatan dirinya sendiri. Sehingga Petugas Satuan Lalu Lintas Polsek Long Bagun kerap kali memberi sanksi teguran pelanggaran lalin dan angkutan jalan.

“Disertai surat pernyatan pelanggar Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan  Angkutan Jalan,” ungkap Kasiyono di sela sosilisasi pengendara yang melintas tidak mengenakan helm di depan Mapolsek Long Bagun, pagi tadi.

Sejak menjabat Kapolsek Long Bagun, Kasiyono menegaskan peraturan soal penggunaan helm. Sikap tegas itu didukung Pemkab Mahulu dengan menerbitkan Surat Edaran bagi seluruh Pegawai. Isinya, wajib menggunakan helm saat berkendara, agar memberi contoh.  Ssehingga meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menggunakan helm.

“Saya ingin Kecamatan Long Bagun, sebagai Ibukota Kabupaten Mahulu ini sebagai kawasan wajib helm di mana masyarakatnya menyadari pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas,” kata Iptu Kasiyono.

Menanggapinya, Laurensius Ding Lie mengapresiasi langkah sosialisasi tersebut. Warga Kampung Long Bagun Ilir ini mengaku telah terbiasa mengenakan helm saat berkendara. “Bukan cuma untuk keselamatan diri sendiri, tapi memakai helm juga menunjukkan wibawa kita sebagai sebuah kabupaten. Masak sudah jadi kabupaten tapi warganya masih seperti orang di kampung atau kecamatan. Kita harus malulah, apalagi pegawai, harus beri contoh,” tukas pria yang dikenal sebagai Seniman di Mahulu dan Kutai Barat.

“Ya dulu kita di Kubar juga terbiasa pakai helm kalau naik motor. Jadi kita juga harus pakai di sini, kan sudah jadi kabupaten. Batu di Mahulu lebih keras dari batu di Kubar. Apa mau kepalanya diadu dengan batu? Kalau tidak mau, ya pakai helm lah,” canda seorang pegawai di Inspektorat Mahulu, Ibau Jau. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here