14 Sapi dan 2 Kambing Disembelih Untuk Dibagikan Ke Sesama

Jemaah Masjid Al Ikhwan Linggang Bigung menyembelih 14 ekor Sapi dan 2 ekor Kambing kurban untuk dibagikan kepada Sesama, Jumat 1/9/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

LINGGANG BIGUNG-KABARKUBAR.COM
Selain menjalankan syariat, Jemaah Masjid Al Ikhwan Linggang Bigung memaknai Perayaan Hari Raya Idul Adha sebagai sarana berbagi kepada sesama. Hewan Kurban yang diperoleh dari pemberian perorangan, maupun kelompok secara ikhlas dibagikan kepada masyarakat.

“Tentunya ini sebagai bentuk menunaikan Syariat Allah yang ditetapkan dalam Alquran. Melalui berkurban, juga melatih umat manusia untuk berbagi kepada sesama yang tidak mampu,” ujar Iskandar, Wakil Ketua Panitia Kurban Masjid Al Ikhwan disela pemotongan hewan kurban, Jumat 1/9/2017.


Masjid Al Ikhwan Linggang Bigung berlokasi di Kampung Linggang Bigung, Kecamatan Linggang Bigung, Kabupaten Kutai Barat. Walau masjid itu ukurannya terhitung masih jauh lebih kecil dan sederhana dibandingkan masjid lainnya yang berada di Kubar, kepedulian jemaahnya sangat tinggi dalam hal berbagi. Hal itu tampak pada pemberian hewan kurban, kesemuanya berasal dari warga yang ikhlas memberi.

Hewan Kurban (Sapi dan Kambing) disembelih, dibersihkan dan kemudian dipotong kecil untuk dibagikan kepada masyarakat, Jumat 1/9/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

“Ada 14 Sapi dan 2 ekor Kambing yang kita kurbankan hari ini. Sedikitpun tidak ada kita jalankan proposal untuk Perusahaan ataupun Pemerintah. Semua hewan kurban berasal dari warga jemaah,” terangnya.

Iskandar menyampaikan, penyembelihan hewan kurban rutin dilakukan setiap tahunnya dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha. Rata-rata Sapi yang dikurbankan setiap tahunnya 14-20 ekor. Selanjutnya setelah dipotong dan dimasukkan dalam wadah plastik, daging kurban itu dibagikan kepada sesama.

Bersemangat, Orangtua dan Muda-mudi bekerjasama mencincang daging sapi menjadi potongan kecil. Selanjutnya daging dibawa dengan mobil untuk dibagikan, Jumat 1/9/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

“Kurban Sapi dan Kambing yang telah disembelih dibagikan buat warga. Seperti warga Kecamatan Linggang Bingung, Nyuatan, dan Long Iram serta warga lainnya,” kata Iskandar.

Khusus Kecamatan Linggang Bigung, jelas Iskandar, daging kurban dibagikan kepada warga Kampung Melapeh Baru, Melapeh Lama, Linggang Bigung, Juhan Asa, Mapan, Linggang Amer, Kelian Dalam, serta kampung lainnya yang tidak mendapat bantuan sapi atau kambing dari Pemerintah.


”Kita juga membagikan daging dengan sistem kupon kepada warga. Seperti untuk kecamatan Linggang Bigung sebanyak 320 kupon, untuk Mualaf sebanyak 300 kupon serta buat warga lainnya,” bebernya.

Daging Kurban juga dibagikan dengan sistem kupon kepada warga. Seperti untuk kecamatan Linggang Bigung sebanyak 320 kupon, Mualaf sebanyak 300 kupon serta buat warga lainnya, Jumat 1/9/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

Tampak di lokasi Masjid Al Ikhwan, Panitia Kurban sibuk menyembelih hewan kurban (Sapi dan kambing). Orangtua dan muda-mudi bekerjasama dengan semangat mencincang daging sapi menjadi potongan kecil. Selanjutnya daging dibawa dengan mobil untuk dibagikan.

Ketua Panitia Abdul Wahab serta panitia lainnya, seperti Maycolhaf, H Jamaluddin, H Priadi juga tak mau tinggal diam, mereka aktif memisahkan daging yang telah dipotong. Untuk persiapan kurban, telah dimulai sejak seminggu sebelum Hari Raya Idul Adha. Panitia mengumpulkan hewan kurban yang hendak disembelih ke lokasi pekarangan masjid. “Semuanya dilakukan dengan ikhlas, berbagi buat sesama,” pungkasnya.
# REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR


Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here