TMMD Ke-101 di Kampung Sakaq Tada dan Muara Batuq

Bupati Kutai Barat FX Yapan dan Kepala Kejaksaan Negeri Kutai Barat Syarief Sulaiman Nahdi didampingi Komandan Kodim 0912/KBR Letkol Infanteri Rudi Setiawan, di lokasi pembukaan TMMD Ke-101 Tahun Anggaran 2018. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

MOOK MANAAR BULATN – KABARKUBAR.COM
Program Tentara Manunggal Membangun Desa Ke-101 Tahun Anggaran 2018 di Wilayah Kodim 0912/Kutai Barat dilaksanakan di Kecamatan Mook Manaar Bulatn. Tidak hanya kepada 150 prajurit TNI yang terlibat, Bupati Kubar FX Yapan berharap TNI membantu tugas pemerintah daerah. Untuk pelaksanaan fungsi pemerintah dalam kondisi dan situasi yang memerlukan sarana, alat dan kemampuan TNI untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi.

Menurut bupati, TMMD merupakan salah satu wujud operasi bakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan departemen serta pemerintah daerah. Yang dilaksanakan secara terintegerasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan.

“Kami harap bantuan TNI. Antara lain membantu mengatasi akibat bencana alam, merehabilitasi infrastruktur, serta mengatasi masalah akibat pemogokan dan konflik komunal,” kata FX Yapan saat membuka TMMD Ke-101, Rabu 4/4/2018 di Lapangan Sepakbola Kampung Sakaq Tada.

Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan selaku Komandan Satuan Tugas TMMD Ke-101 Tahun Anggaran 2018, melaporkan data situasi dan perencanaan kepada Bupati Kutai Barat FX Yapan yang membuka pelaksanaan TMMD Ke-101 di Lapangan Sepakbola Kampung Sakaq Tada, Rabu 4/4/2018. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

TMMD sendiri dilaksanakan di dua kampung, yakni Sakaq Tada dan Kampung Muara Batuq Kecamatan Mook Manaar Bulatn, pada tanggal 4 April sampai dengan 3 Mei 2018. Dengan dukungan anggaran dari Penanggung Jawab Operasi TMMD Ke-101 dan Pemkab Kubar, program ini diperkuat 150 prajurit TNI dari beragam satuan.

Diakui Yapan, tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan UUD tahun 1945. Serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. Tugas pokok ini sendiri dilakukan dengan dua cara, yakni berperang dan tidak berperang. dalam hal tidak berperang, terdapat berbagai macam kegiatan yang dilakukan TNI. Salah satunya lewat TMMD.

TNI sebagai bagian dari masyarakat, lanjut Yapan, mempunya inisiatif untuk menguatkan kembali kebersamaan dan kegotongroyongan masyarakat. Selain untuk penyediaan sarana dan prasarana fisik, bertujuan juga untuk terjalinnya kemanunggalan antara TNI dengan rakyat. Sehingga hasilnya nanti bermanfaat tidak hanya bagi TNI, tapi juga masyarakat di Kubar.

Ia mengimbau seluruh masyarakat meningkatkan kesadaran untuk berperan dalam proses pembangunan daerah. Juga memelihara dan mengembangkan hasil-hasil pembangunan yang akan dicapai ke depannya. “Manfaatkan hasil kegiatan ini dan pelihara agar terus bisa dinikmati semua orang,” ujar Yapan dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Kubar, Syarief Sulaiman Nahdi.

Sebagai Komandan Satuan Tugas TMMD Ke-101, Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan memberikan laporan data kepada Bupati Kubar. Juga kepada dua perwira menengah TNI yang hadir dalam pembukaan kegiatan itu. Yakni Kepala Seksi Perencanaan Korem 091/Aji Surya Natakesuma, Kolonel Kavaleri Eko Agus Nugroho, dan Staf Ahli Bidang Hukum dan Humaniter Panglima Kodam VI/Mulawarman, Kolonel Arhanud Syarif Hidayatullah.

TMMD ini ditujukan untuk dua tujuan, yakni sasaran fisik dan sasaran non fisik. Untuk sasaran fisik, adalah pembangunan infrastruktur di dua desa tersebut. Berupa semenisasi badan jalan dan pemagaran kantor desa dan puskesmas pembantu. Sedangkan sasaran non fisik dilakukan dalam 11 program di bidang kesehatan, hukum, pertanian, sosial kemasyarakatan dan nasionalisme.

Tidak hanya Bupati Kubar FX Yapan, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Kubar juga menghadiri pembukaan TMMD Ke-101. Tampak Camat Mook Manaar Bulatn, Rusmansyah beserta seluruh para kepala kampung setempat. Sementara dari Kodim 0912/KBR, dihadiri seluruh perwira seksi, para komandan Komando rayon militer dan komandan unit masing-masing satuan. Dua anggota DPRD Kubar juga hadir. Yaitu Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Yohanes Mas Puncan Karna dan Jainuddin dari Partai Gerindra. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here