Sejumlah Pencurian Terekam Kamera Tersembunyi

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Akhir-akhir ini marak terjadi pencurian di Kabupaten Kutai Barat, khususnya wilayah perkotaan. Beragam pencurian itu bahkan sempat terekam kamera tersembunyi. Tren pencurian ini telah diperhitungkan berbagai pihak sebagai salah satu ancaman kemajuan pembangunan. Wacana pemindahan Ibu Kota Negara yang tidak jauh dari Kubar pun sudah diantisipasi oleh kepolisian.



“Kita harus lebih waspada, karena begal pun sudah mulai berdatangan ke Kaltim. Tidak hanya ASN (Aparatur Sipil Negara) yang akan mutasi ke Kaltim, tapi begal juga sudah ada yang mutasi,” tegas Kepala Kepolisian Resor Kubar, AKBP I Putu Yuni Setiawan, saat memberikan arahan dalam Apel Pagi di Markas Komando Polres Kubar.

AKBP Putu Setiawan mengatakan, kecanggihan teknologi juga diikuti oleh kelompok atau pribadi penjahat. Termasuk situasi politik menjadi hal yang dipikirkan para penjahat. Untuk itu seluruh anggota Polri di jajaran Polres Kubar diminta makin awas. Untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan di tengah masyarakat.

“Semua personel harus menjalankan fungsi intelijen. Jangan kecolongan, agar masyarakat tetap aman dan nyaman. Kita harus mengantisipasi, karena para penjahat juga sudah mulai mengatur pindah lokasi ke Ibu Kota Negara. Ingat, begal juga sudah mutasi, dan kemungkinan sudah ada yang masuk ke Kubar,” kata Perwira Menengah dengan pangkat dua Melati di pundak.

Maraknya pencurian dapat dilihat dari status sejumlah akun media sosial Facebook di grup maupun akun pribadi.  Salah satunya, status yang diunggah akun Tara Silmi pada Senin 14/10/2019 tengah malam. Ia menginformasikan pencurian tabung gas elpiji di toko milik orangtuanya. Unggahan disertai video hasil rekaman kamera tersembunyi memperlihatkan seorang pria memakai helm, dengan santai menggondol sebuah tabung gas elpiji ukuran tiga kilogram.

Ia menulis; WARNING !!
Mohon berhati2 ya bagi yg punya toko sembako, barusan toko ortu sya di busur depan perdana cell kemalingan tabung gas yg terekam kamera CCTV, syg nya wajah laki2 muda itu gak keliatan dia pake masker dan pake helm menutupi wajah. Sperti nya sudah ada niat sblum nya krna parkir motor nya jauh dri lokasi sembako ortu sya. Ini hanya himbauan barangkali ada yg mengenal dengan ciri2 tersebut harap info ke kami krna ini sangat merugikan para pedagang.

Jdi mohon bantuan nya tmn2 smga gak ada lagi korban selanjut nya. Lebih waspada krna brusan terjadi sekitar jam 3 lewat. Bantu up dan share ya smga pelaku nya segera tertangkap 🙏😇

Lima hari lalu, tepatnya Kamis 10/10/2019 pada pukul 21.20 Wita, akun Muhammad Irvan DM mengunggah pencurian di Toko Vita yang berada di Kecamatan Melak. Ia menulis;
Nah maling kedapatan di toko vita. Mudahan rezekimu banyak biar gak maling di tempat orang ya…

Pada 18 Maret 2019 lalu, akun Marcello Chrystian Aldio Alkingson menulis;
Heboh dengan masalah anjing yang ada..
Ini lagi salah satu hal yang musti di berantas dari Kubar yaitu CuranMor..
Sepertinya sudah ada sindikatnya… Di Kutai Barat..
Dalam 1 malam 3 motor CBR hilang.. Dan 1 motor Satria F hilang..
Kasian yang jadi korban angsuran perbulan belum lunas dibayar motor raib.. Hilang di ambil maling..

Status tersebut dikomentari seorang warga Kubar, Joe Juardi, dengan membagikan musibah yang dialaminya. “Hengki Dayak Benuaq saya 6 bulan lalu kehilangan motor satria f, satu bulan lalu hotel walet saya dibobol maling jadi saya pikir memang harus dibasmi manusia yg td berguna spt itu,”

Kekesalan atas tindakan para pencuri ditunjukkan akun Hengki Dayak Benuaq. Pria yang adalah Ketua Sempekat Tonyooi Benuaq Provinsi Kaltim ini setuju jika pencuri atau begal diberi hukuman langsung oleh masyarakat. “Mkanya kita hrs wspada brjaga2 yg tdk klh penting smpi ketauan malingnya di hajar rame2 smpi babak belur stlh itu bru serahkn ke aparat keaman..sbb klu tdk merajarela pra pencurian kendaraan..,”



Di komentar lainnya, Hengki menulis;
Seri Mah ya betul..mkanya di tmpt sya stanbay senapan angin sma sumpit bracun..sbb klu tdk bgtu efex jera tdk ada nnti kena tangkap kluar dri penjara maling lg..tp klu ada 1 sja jd korban mikir kawanannya mau braksi di tmpt kita kubar ini. #Sonny Lee Hutagalung

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here