Mengundang Masyarakat Mengunjungi Pasar Malam di Parkiran Kantor Camat

Para Pemain Drama Kolosal, Pengibar Bendera dan seluruh peserta Upacara Bendera pada Peringatan Kemerdekaan HUT RI ke-72 di Kantor Camat Melak, Kamis 17/8/2017. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

MELAK-KABARKUBAR.COM
Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia belum berakhir di sudut-sudut Tanah Air. Pemerintah Kecamatan Melak juga masih menyiapkan sejumlah kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Proklamasi. Beragam even akan dihadirkan hingga akhir bulan Agustus ini, menjadi bagian dari tekad mengisi kemerdekaan.



Menurut Camat Melak, HM Japar, sejumlah hal telah dan akan dilakukan untuk mengisi kemerdekaan. Contoh kecilnya, melakukan gotong royong atau bersih-bersih kampung di wilayahnya. Setiap Jumat pagi, seluruh pegawai kecamatan, turun ke jalan. Ada kalanya membersihkan parit, memangkas rumput atau semak belukar, mengecat pagar atau trotoar. “Kami berusaha memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara, dimulai dari yang hal kecil seperti gotong royong,” katanya kepada KabarKubar usai upacara Pengibaran Bendera di halaman Kantor Camat Melak, Kamis 17/8/2017.

Japar menambahkan, Rabu 23/8/2017 nanti, ada mengadakan Pentas Seni di lapangan parkir Kantor Camat Melak. Akan dipertunjukkan atraksi kesenian dari beragam etnis daerah, dan kesenian nasional. Selain Pentas Seni dibuka juga bazar atau pasar malam di lokasi yang sama. “Saya harap warga turut hadir memeriahkan even atau acara yang nantinya akan kami adakan di sini. Ini semua bagian dari upaya kami mengisi kemerdekaan,” ujarnya.

Disinggung soal tidak adanya amanatnya selaku Inspektur pada Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, Japar mengaku kendala hujan yang masih turun saat upacara berlangsung. “Kita persingkat saja, karena kasihan kepada seluruh peserta upacara. Apalagi anak-anak sekolah ini, nanti sakit. Tapi prosesi pengibaran bendera kan tetap kita lakukan,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, hujan yang mengguyur hampir seluruh wilayah di Kabupaten Kutai Barat, tidak menghalangi jiwa patriotisme masyarakat. Terlebih bagi mereka yang mengambil tugas dalam proses Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih pada Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Upacara pun tetap berlangsung hikmat di tengah guyuran hujan.

Semangat itu, tampak di halaman Kantor Kecamatan Melak, Jalan Gajahmada RT 20 Kelurahan Melak Ulu, Kamis 17/8/2017 pagi tadi. Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih tetap dilangsungkan oleh 12 Pasukan Pengibar Bendera, yang terdiri dari 9 remaja putra dan 3 putri.

Camat Melak, HM Japar sebagai Inspektur Upacara, dan Bintara Polsek Melak, Bripka Hendrik Cahyono menjadi Komandan Upacara. Sementara Sertu Samsul bertindak selaku Perwira Upacara.

Pengibaran bendera yang dibawa 3 pelajar dari SMK Negeri 1 Sendawar, juga cukup membanggakan. Kristian Asael sebagai Komandan Paskibra, masih duduk di Kelas 11 Jurusan Tehnik Jaringan Komputer, didampingi 2 rekannya. Yakni Ade Febrian dan Mikael Tingang yang sama-sama duduk di Kelas 12 Jurusan Geologi Pertambangan.

Sebelum upacara dilangsungkan, 55 pelajar dari SMKN 1 Sendawar menampilkan Drama Kolosal berkisah sosok Pahlawan Indonesia, Jenderal Soedirman. Mereka gabungan pelajar Kelas 10 dan 11, yang terdiri dari 24 Putra dan 31 Putri. Dilatih Hena Ridayanti, Maya Purnama S, Yudy Prasta dan M Jailani. Drama Kolosal ini telah dilakukan persiapan dengan latihan selama 2 pekan.

Upacara juga bertambah meriah dengan kehadiran Marching Band Madrasah Tsanawiyah Negeri Melak berisi 23 personel yang sedianya dimainkan 33 pelajar. Dilatih Hendra selama sebulan penuh dengan Joya, sebagai Dirigen. Yuni Nur Ulan Sari adalah Pembina Marching Band ini.

Upacara dihadiri seluruh PNS dan honorer Kantor Camat Melak, Kepala Sekolah dan Guru serta para murid sekolah di wilayah Melak. Juga dihadiri Kepala Polsek Melak, AKP Angga Indarta SIK, dan Pelda Amril Muna, Bintara Pembina Desa dari Koramil Melak.

Penulis: Lilis Sari
Editor: Sonny Lee Hutagalung



Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here