Yapan: “Saya tidak beri janji, tapi realisasi”
Meski undangan disampaikan terbatas, tapi antusias warga tidak bisa dibendung untuk hadiri Kampanye Dialogis di BPU Kampung Penawai, Kecamatan Bongan pada Senin, 2 November 2020. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

BONGAN – KABARKUBAR.COM
Masyarakat Kampung Penawai di Kecamatan Bongan mengakui sudah tepat pilihannya pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kutai Barat tahun 2015. Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar dengan nomor urut 2, FX Yapan dan H Edyanto Arkan (Yakan) mendapat suara mayoritas. Bahkan menang telak dari tiga pasangan atau kandidat lainnya.

Kali ini, warga kampung yang didominasi suku Kutai tersebut akan kembali menyatukan pilihan pada tanggal 9 Desember 2020 nanti. “Berbulan-bulan kami berembuk dan sepakat akan pilih Yakan lagi,” kata Hamka, Tokoh Masyarakat Penawai saat Kampanye Dialogis di Balai Pertemuan Umum Kampung Penawai pada Senin, 2 November 2020.

Hamka mengaku ia dan sejumlah tokoh bukanlah bagian dari tim sukses atau pemenangan Yakan di Penawai. Sehingga pilihan kepada Yakan bukan berdasarkan kepentingan. Tapi pengakuan warga atas kinerja Yapan dan Edyanto Arkan dalam menjalankan visi dan misi yang telah disampaikan sebelumnya.

Mewakili warga Kampung Penawai, Hamka mengakui tugas warga untuk ikut mengawal pemerintahan Yapan dan Edyanto Arkan hingga berakhir masa jabatan di tahun 2024. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Menurut dia, tugas yang paling berat untuk warga adalah mengawal Yapan dan Edyanto Arkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kubar. Agar menjalankan visi dan misi hingga berakhir masa jabatan. “Dan kami percaya beliau mampu. Kami tidak ada komitmen (kepentingan), tapi kami percaya penuh. Visi dan misinya sudah cukup kami rasakan. Warga Penawai tidak akan lupa, tanggal 9 Desember, coblos nomor 2,” seru Hamka.

Di antara warga yang memadati BPU Penawai, sejumlah tokoh masyarakat Penawai turut hadir. Termasuk H Burhan yang biasa disapa Haji Abu, H Thamrin, Suhardi dan H Inasta Amin yang pernah menjabat Kepala Kampung atau Petinggi Penawai.

Ndik (tidak) pilih yang lain lagi. Sudah Pak Yapan dan Pak Arkan, baru jalan etam (kita) ini baik. Lawas (lama) etam tunggu siapa bupati hendak (mau) bai’i (memperbaiki) jalan ini. Dulu jalan ini lompor segala (lumpur semuanya). Jadi ndik da pilihan lain, Yakan pilihan etam,” ungkap H Abu kepada KabarKubar sebelum kampanye dimulai.



Berasal dari Penawai, H Aula mengingatkan agar warga setempat kembali menyatukan suara untuk Yakan. “Kalau hanya banyak janji, tidak usah pergi (hiraukan). Dulu 2015 menang telak Yakan di Penawai. Tanggal 9 Desember nanti tidak harus 100 persen, tapi cukup 99 persen suara untuk Yakan,” pesan pria yang juga Ketua DPC Partai Hati Nurani Rakyat Kabupaten Kutai Barat.

“Saya tidak usah bicara lagi kalau soal Pak Yapan, karena warga sini sudah tahu. Kalau dulu menang telak, nanti menang lagi dengan suara lebih banyak,” kata Noratim, Sekretaris DPC Partai Demokrat Kubar yang juga Anggota DPRD Kubar.

FX Yapan menjabarkan sejumlah prestasi yang diraih di era pemerintahannya bersama H Edyanto Arkan. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Berterimakasih karena menang telak di Penawai pada 2015 lalu, Yapan berharap suara warga setempat bisa lebih banyak lagi untuk Yakan di 2020. Ia menegaskan terus merealisasikan apa yang dirancang dalam visi dan misi pemerintahannya. “Saya tidak beri janji, tapi realisasi. Karena kita membangun bukan karena kepentingan, tapi kebutuhan rakyat,” ujarnya.

Yapan memaparkan sejumlah prestasi yang telah diraih Pemerintah Kabupaten Kutai Barat selama empat tahun pemerintahannya bersama Edyanto Arkan. Beberapa di antaranya berupa penghargaan dari lembaga negara atas pengelolaan keuangan dan kinerja pemerintahan yang dinilai sangat baik.

Warga Penawai berkomitmen untuk kembali memenangkan Yakan di Pilkada Kubar 2020, seperti kemenangan di Pilkada Kubar 2015 lalu. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Meski jalan menuju Penawai dan Kampung Muara Kedang sudah bagus, Yapan berniat untuk membangun akses menuju daerah lain. Yakni jalan menuju Desa Perian di Kecamatan Muara Muntai, Kutai Kartanegara dan akses Desa Jantur di Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Serta jalan tembus ke Kampung Pulau Lanting di Kecamatan Jempang. “Saya minta keikhlasan kalian sekali lagi, tiga setengah tahun ke depan. Saya yakin menang lagi. Tinggal berapa persen menangnya, dan yakin akan meningkat dibanding pilkada lalu,” harap Yapan.



Kampanye Dialogis di Penawai dihadiri juga Ketua Laskar Kebangkitan Kutai Kubar, H Arly. Ada juga Sekretaris DPC Partai Hanura Kubar, Suryadi K dan Saili selaku Ketua PAC Partai Gerakan Indonesia Raya Kecamatan Bongan. Serta sejumlah pendukung Yakan dari lintas partai, Barisan Muda Yakan, dan Srikandi Yakan. #Sunardi

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here