Ridwai: “Kami menerima masukan dan kritik serta perbaikan,”

Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kubar, Wahyu Firanto Setiono dan Wakil Ketua DPC Partai Hanura Kubar, Umar, ikut memeriksa kelengkapan berkas yang dibawa ke KPU Kubar. EKILOVIS/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Sembilan partai politik pemilik kursi di DPRD Kabupaten Kutai Barat menyertai pasangan FX Yapan dan H Edyanto Arkan atau Yakan ke Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kubar. Surat keputusan dari dewan pimpinan pusat masing-masing pun dibawa sebagai kelengkapan administrasi. Guna memenuhi syarat pendaftaran pasangan calon untuk bertarung di Pilkada Kubar tahun 2020.

Menurut Ridwai sebagai Ketua Umum Tim Koalisi Partai Pasangan Yakan, tentu ada kekurangan atau kelemahan sebagai peserta Pilkada Kubar. Sebagai peserta yang mengusung calon, pendaftaran ke KPU Kubar disebut sebagai langkah utama dari sekian banyak langkah yang mempersatukan masyarakat.



Termasuk mempersatukan parpol dari langkah perjuangan, dan mengikuti pesta demokrasi lima tahunan di Kubar. “Tak ada gading yang tak retak,” ungkapnya saat berbicara mewakili sembilan parpol pengusung dan satu parpol pendukung di Sekretariat KPU Kubar pada Jumat, 4 September 2020.

Ridwai yang juga Bendahara DPC PDI Perjuangan Kubar, berterimakasih atas penerimaan KPU Kubar. Atas nama sembilan parpol yang berkoalisi di bawah panji Tim Kampanye Yakan, datang untuk mendaftarkan jagoannya yang siap berlaga di Pilkada Kubar 2020.

FX Yapan dan H Edyanto Arkan bersama istri masing-masing, saat pendaftaran di Sekretariat KPU Kubar pada Jumat, 4 September 2020. EKILOVIS/KABARKUBAR.COM

“Atas nama segenap partai pengusung, para pejuang dan simpatisan, kami menerima masukan dan kritik serta perbaikan dari pihak penyelenggara dan pengawas. Terutama hal-hal yang berhubungan dengan syarat pencalonan dan syarat calon. Juga bagi hal yang berhubungan dengan tahapan pelaksanaan (Pilkada Kubar) berikutnya,” katanya.

Ia berharap, ada komunikasi dan kordinasi yang mumpuni antara penyelenggara dan peserta. Agar pelaksanaan Pilkada Kubar akan berlangsung dengan tertib dan lancar.

Pasangan Yakan bersama Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya Kubar, Ekti Imanuel dan Sekretaris DPC Partai Gerindra Kubar, Edi Sopian Hadi. EKILOVIS/KABARKUBAR.COM

“Kami datang memenuhi syarat yang telah diatur dalam Undang-Undang serta Peraturan KPU yang telah ditetapkan,” pungkas Ridwai.

Ketua KPU Kubar, Arkadius Hanye, menyebut tahapan pendaftaran hari ini telah diatur dalam PKPU Nomor 10 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaran Pilkada Lanjutan di Masa Pandemi. Sebagai pelengkap aturan sebelumnya, yakni UU Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Penetapan Perpu Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Pilkada 2020 Di Masa Pandemi Covid-19.

Juga PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga PKPU Nomor 15 Tahun 2019. Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

“Didapatlah tahapan tanggal 4-6 September 2020 dengan mematuhi standar pencegahan Covid-19,” jelas Arkadius Hanye yang hadir bersama empat Komisioner KPU Kubar dan Sekretaris KPU Kubar, Syamsuniq.



Saat Pendaftaran di KPU Kubar, Pasangan Yakan didampingi para pengurus inti 10 parpol pengusung dan pendukung. Yakni:

  1. Ipin (Sekretaris DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kubar)
  2. Ekti Imanuel (Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya Kubar)
  3. H Aula (Ketua DPC Partai Hati Nurani Rakyat Kubar)
  4. Paul Vius (Ketua DPC Partai Demokrat Kubar)
  5. Marthinus Usat (Plt Ketua DPD Partai Golkar Kubar)
  6. H Ellyson (Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera Kubar)
  7. Agus Sopian (Ketua DPD Partai Nasdem Kubar)
  8. Minarsih (Ketua DPD Partai Persatuan Indonesia Kubar)
  9. H Sopiansyah (Ketua DPD Partai Amanat Nasional Kubar)
  10. Jamidi (Ketua DPD Partai Gelombang Rakyat Indonesia Kubar)

Seluruh parpol membawa SK DPP masing-masing, yang dituangkan dalam format Model B.1-KWK sebagai syarat yang ditentukan KPU Kubar. Tampak sejumlah pengurus parpol sibuk mendatangi meja penerimaan berkas KPU Kubar. Guna melengkapi berkas atau menjawab pertanyaan dari pihak KPU Kubar. #Ekilovis

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here