Kodim dan Polres Diminta Mengawal Penyelenggara Pemilu

Ketua KPU Kubar, FX Irianto, melantik 138 PPS untuk Kecamatan Barong Tongkok, Linggang Bigung, Sekolaq Darat dan Melak, di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, Sabtu 11/11/2017. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Barat membutuhkan 582 orang untuk bertugas sebagai Panitia Pemungutan Suara di 190 kampung dan 4 kelurahan se-Kubar. Meski membuka peluang selebarnya, belum terpenuhi kuota masing-masing 3 anggota PPS di 16 kecamatan. Yang sudah lengkap baru di 4 kecamatan dan dilantik, Sabtu 11/11/2017 pagi tadi.

“Hari ini yang dilantik adalah PPS di Kecamatan Barong Tongkok, Linggang Bigung, Sekolaq Darat dan Melak. Seluruhnya 138 orang. Sedangkan PPS di 12 kecamatan lainnya belum lengkap,” ujar Ketua KPU Kubar, FX Irianto kepada KabarKubar.
Mereka yang akan bertugas sebagai penyelenggara dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2018, berasal dari 46 kampung dan kelurahan. Yakni 63 orang dari 21 kampung dan kelurahan di Kecamatan Barong Tongkok, 33 orang dari 11 kampung di Linggang Bigung, 21 orang dari 7 kampung di Sekolaq Darat dan 18 orang dari 6 kampung dan kelurahan di Melak.

Diakui Irianto, kurangnya minat menjadi anggota PPS karena rasa takut menjalankan tugas berat. Juga karena seleksi penerimaan PPS cukup ketat dan mengedepankan profesionalisme. Ia berharap semua elemen turut memberi perhatian dalam hal itu. “Ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” katanya.

Menurut Irianto, hal itu akibat masih kurangnya pelamar atau yang berminat anggota PPS.
Hal ini dijadikan catatan, karena beberapa kecamatan belum memiliki SDM yang maksimal, jadi kurang memenuhi syarat sebagai anggota PPS dan juga Panitia Pemilihan Kecamatan. “Masih kurang minat menjadi petugas PPS, sangat beragam dan ada juga karena takut,” jelasnya.

Untuk Pemilu, termasuk Pilgub Kaltim yang kondusif, KPU Kubar tidak lupa meminta TNI-Polri melalui Kodim 0912/Kubar dan Polres Kubar untuk mengawal proses Pemilu di Kubar.
Panitia Pengawas Pemilu dan pihak pengamanan, diharap siap mengawal KPU, PPK dan PPS apabila ada gangguan di lapangan.

Untuk diketahui, KPU Kubar telah melantik 80 anggota PPPK untuk 16 kecamatan se-Kubar dan 138 anggota PPS dari 4 kecamatan. Seluruhnya adalah hasil tahapan sejak tanggal 12 Oktober 2017 lalu. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji PPK dan PPS tersebut dilakukan di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, Sabtu 11/11/2017 pagi tadi.
Pelantikan oleh Ketua KPU Kubar, FX Irianto, dihadiri Asisten II Sekretariat Kabupaten Kubar, Yohanes Kiman dan sejumlah pejabat instansi terkait. Hadir pula Sekretaris KPU Kubar, Syamsuniq, dan seluruh Komisioner KPU Kubar, yakni Martinus, Arkadius Hanye, Johanes Nuel, dan Suhaini.

Dari instansi lain, hadir Ketua Panwaslu Kubar Muhtar Kusuma Atmaja, Kasubbag Hukum KPU Provinsi Kaltim Susan, Waka Polres Kubar Kompol I Gde Pasek Mulyasa, Kasdim 0912/KBR Mayor Inf Wahyudi, Inspektur Inspektorat Kubar Robertus Bellarminus Belly Djuedi Widodo, dan Kasat Pol PP Kompol Sentot Susanto. #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here