Ajaran Baru, SMAN 1 Sendawar Terima 251 Siswa

 

Para siswa-siswi baru di SMA Negeri 1 Sendawar mengikuti kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah yang dulu disebut Masa Orientasi Sekolah. Kegiatan ini tidak diisi dengan acara-acara aneh atau nyeleneh seperti tren beberapa tahun lalu di seluruh Indonesia.    LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

MELAK-KABARKUBAR.COM
Hari pertama masuk sekolah untuk tiga tingkatan, yakni SD, SMP dan SMA, diisi beragam kegiatan. Tidak lagi seperti yang tren sebelumnya di seluruh Indonesia, perpeloncoan sudah ke arah yang lebih positif. Masa Orientasi Sekolah (MOS) yang sekarang disebut Pengenalan Lingkungan Sekolah atau PLS, tidak lagi melakukan hal aneh atau nyeleneh.

Seperti di SMA Negeri 1 Sendawar yang terletak di Jalan Pattimura No.1 RT 29, Kelurahan Melak Ulu Kecamatan Melak. Sebanyak 251 siswa baru yang diterima tahun ajaran kali ini, tidak sekedar diajak mengenal lingkungan sekolah selama sejam oleh Pengurus OSIS. Tapi diajari banyak hal berbau pendidikan.



Semangat para siswa-siswi baru terlihat jelas dari wajah-wajah ceria. Kalung berlabel nama masing-masing berbahan kardus dengan tali plastik, dan teriakan yel-yel, menambah meriah suasana. Saling canda diselingi tawa, membuat para seniornya makin antusias terlibat dalam kegiatan yang ditangani OSIS setempat.

“Awalnya kami dari OSIS menangani sejam, lalu lanjut ke aula untuk menerima materi dari guru-guru. Hari ketiga nanti, baru diadakan permainan seru-seruan untuk melatih kekompakan adik-adik. Supaya tidak jenuh, akan diselingi juga dengan penampilan kesenian,” ujar Ketua Osis SMAN 1 Sendawar, Adam Ahmad Darussalam yang merupakan siswa Kelas 12 IPA 3.

Materi yang disampaikan di Aula adalah, ‘Kepemimpinan’ yang dibawakan Kepala SMAN 1 Sendawar, Agus Johansyah. Kemudian ‘Wawasan Wiyata Mandala dan Tata Tertib’ oleh Agus Dwiardjo. Akan dilanjutkan besok, Selasa 18/7/2017 dengan 3 materi. Yakni, ‘Retorika dan Sopan Santun’ yang akan dibawakan Ambar Putri, ‘Pendidikan Pendahuluan Bela Negara’ oleh Suginto Siagian, serta materi ‘Tata Krama dan Budi Pekerti’ oleh Muhamad Hardi.

Terakhir nanti, Rabu 19/7/2017, materinya adalah ‘Dinamika Kelompok dan Kesenian’ yakan akan disampaikan Panitia atau Pengurus OSIS. Seluruh kegiatan setiap harinya, dimulai dari pukul 7.30 hingga pukul 14.00. Seluruh siswa dibagi dalam 7 kelompok PLS, berisi masing-masing 36 siswa di tiap kelompoknya.

“Kegiatannya lancar kak. Semua siswa dan siswi ikut berpartisipasi,” celetuk Zulfan Fariz Muazzam (16), siswa senior yang duduk di Kelas 11 IPS.

“MOS hari pertama cukup menegangkan kak, tapi menyenangkan dan seru,” ujar Sela (14), salah seorang siswi baru.
Penulis: Lilis Sari
Editor: Sonny Lee Hutagalung



Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here