Pembukaan Diisi Tari Jepen, Marching Band dan Rebana

Camat Melak H Muhammad Japar, menyerahkan Piala Bergilir kepada Wakil Bupati Kutai Barat H Wdyanto Arkan, pada Pembukaan MTQ ke-12 Tingkat Kabupaten Kutai Barat, Rabu 11/10/2017. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

MELAK – KABARKUBAR.COM
Kaum Muslim di Kabupaten Kutai Barat diminta aktif dalam pembangunan daerah di segala bidang. Mengukir lebih banyak prestasi dan produktif dalam keseharian, serta menjadi penggerak dan penggiat hal-hal positif untuk Kubar yang lebih maju.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Kutai Barat, H Edyanto Arkan, saat membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an Ke-12 Tahun 2017 Tingkat Kabupaten Kubar. Pada acara di Masjid Al Muttaqin Islamic Centre Kecamatan Melak, Rabu 11/10/2017 itu, ia Umat Muslim mampu menjadi tauladan. Serta menjadi penggerak tingkah laku, perbuatan juga pikiran dengan membaktikan diri bagi kesejahteraan dan kemaslahatan hidup.

Wakil Bupati Kubar, H Edyanto Arkan, membacakan Surat Keputusan Pengangkatan Dewan Hakim, sekaligus melantik Dewan Hakim.  LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Dan senantiasa termotivasi untuk memampukan diri mendorong anak-anak meningkatkan minat dan bakat.  Juga semakin memperkuat iman dan diteguhkan melalui pendidikan keagamaan yang lebih baik. “Selalu mengajarkan kasih dan sayang, kebaikan, kebersamaan, persaudaraan, dan menjunjung tinggi kehormatan serta penghargaan kemanusiaan,” ucap Edyanto Arkan.

MTQ diawali penampilan 11 Pemusik Rebana dari Melak, dilanjutkan Lagu Indonesia Raya dan Mars MTQ oleh Paduan Suara dari Pelajar. Kemudian pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Ustad Harun, lalu pengibaran Bendera Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an  oleh Paskibra diiringi Hymne MTQ. “Dengan MTQ Kubar 2017, kita wujudkan pembangunan berkeadilan menuju masyarakat Kubar yang aman, adil, damai dan tentram,” ujar Ketua Panitia, H Muhammad Japar yang juga Camat Melak.

Penampilan Marching Band Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Melak. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

“Banyak-banyaklah berbuat amal, berbuat baiklah walau tidak kenal, semoga MTQ hasilnya maksimal bisa berkiprah di tingkat nasional,” kata H Isnaini, selaku Ketua LPTQ Kubar dan Kepala kantor Kementerian Agama Kubar.

Peserta MTQ ini berasal dari 13 kecamatan yang berjumlah 300 orang lebih. Yakni Melak, Barong Tongkok, Linggang Biggung, Tering, Long Iram, Damai, Muara Lawa, Jempang, Bongan, Muara Pahu, Penyinggahan, Sekolaq Darat dan Mook Manaar Bulatn .

Penampilan Musik Rebana. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Acara juga diisi pawai deifile seluruh Kafilah mengelilingi forum dari 13 kecamatan. Dilanjutkan penampilan 46 anggota Marching Band Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Melak yang telah berdiri pada tahun 2011. Ada 4 dipersembahkan, yakni Bila Waktu, Mars MTQ, Tanah Air dan Mars Madrasah. Terakhir, persembahan Tari Jepen dari BKMT dan Tari Kolosal oleh gabungan pelajar.

Pembukaan MTQ ke-12 Kubar dihadiri Kepala Bagian Sumber Daya Polres Kubar Kompol Teguh Joko, Danramil 0912-12/Melak Kapten Infanteri Sarifudin, Direktur Utama Perusda Witelteram Syachran Eric Lenyoq, dan Anggota DPRD Kubar Syaparuddin.

Tampak pula Mantan Wakil Bupati Kubar H Didik Effendi, Ketua MUI Kubar, Ketua PC Muhammadiyah, Kepala OPD, Ketua Pelaksana MTQ, Ketua Badan Pengelola Islamic Centre dan Dewan Hakim, serta ribuan masyarakat. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here