Pantau Kedisiplinan Pengendara di Jalan Raya

Kepala Kepolisian Resor Kutai Barat, AKBP Pramuja Sigit Wahono, menjadi Inspektur Upacara pada Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Mahakam 2017, Rabu 1/11/2017 di halaman Mapolres Kutai Barat. BRIPDA AGUS PURNOMO-HUMAS POLRES KUTAI BARAT/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Kepolisian Resor Kutai Barat melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Mahakam 2017, Rabu 1/11/2017 pagi tadi. Seluruh petugas yang akan memantau kedisiplinan pengendara di jalan raya, diingatkan untuk bertindak tegas. Untuk mengatasi permasalahan di bidang lalu lintas, tidak boleh berdiam diri.

“Bertindaklah secara tegas namun humanis, terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamseltibcar (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran) lalu lintas,” ujar Kepala Polres Kubar, AKBP Pramuja Sigit Wahono, membacakan sambutan Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa.

Apel di halaman Mapolres Kubar itu sebagai tanda dimulainya operasi hingga 2 pekan ke depan, yakni 14/11/2017. Operasi terpusat yang digelar secara serempak di seluruh Polda ini, menyasar pengendara yang tidak taat hukum. Sasaran operasi mulai dari pengemudi motor, mobil pribadi hingga angkutan umum.

Kepala Polres Kutai Barat, AKBP Pramuja Sigit Wahono, memeriksa pasukan pada Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Mahakam 2017, yang diikuti juga TNI AD dari Kodim 0912/Kubar dan Perwakilan TNI AU Lanud Balikpapan. BRIPDA AGUS PURNOMO-HUMAS POLRES KUTAI BARAT/KABARKUBAR.COM

Diungkapkan Kapolres, mengatasi masalah lalu lintas, tidak bisa berdiam diri. Namun wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya dalam memelihara Kamseltibcar Lantas. Dengan memberdayakan seluruh Stakeholder atau pemangku kebijakan, agar dapat mengambil langkah komprehensif guna menyelesaikan permasalahan lalu lintas.

“Perlu koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggungjawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcar lantas. Sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang tugas di lapangan,” kata AKBP Pramuja Sigit Wahono, dalam apel yang diikuti barisan anggota Polres Kubar, gabungan TNI AD Kodim 0912/Kubar dan TNI AU, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kubar.

Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Mahakam 2017, dihadiri Komandan Kodim 0912/Kubar Letkol Inf Rudi Setiawan, Sekda Kubar Yacob Tullur dan Kasi Intel Kejari Kubar Riyan Permana. BRIPDA AGUS PURNOMO-HUMAS POLRES KUTAI BARAT/KABARKUBAR.COM

Usai apel, Pramuja Sigit Wahono menjelaskan, Operasi Kepolisian Terpusat  Zebra Mahakam 2017 dilaksanakan guna menekan angka pelanggaran. Agar masyarakat penguna jalan raya bisa mematuhi tata tertib dalam berlalulintas. “Dalam operasi ini, 60 persennya tindakan berupa penilangan. Lalu masing-masing 20 persen teguran dan imbauan,” kata dia.

Operasi sendiri akan dilakukan di beberapa titik. Terlebih daerah yang selama ini rawan akan pelanggar lalu lintas dan terjadi kecelakaan lalu lintas. Selain menindak para pelanggar lalu lintas, operasi ini juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib lalu lintas. “Apalagi dengan operasi ini, kami ingin meminimalisir tingkat laka lantas di Kubar,” jelas Kapolres Kubar.

Hadir dalam apel tersebut, Komandan Kodim 0912/KBR Letkol Infanteri Rudi Setiawan, Sekretaris Kabupaten Kubar Yacob Tullur, Kasi Intel Kejari Kubar Riyan Permana, Kepala Perwakilan AURI Kubar Letda Lek Edi Iswahyudi, Kasatpol PP Kompol Sentot Susanto, Pasi Intel Kodim 0912/KBR Kapten Inf Rokim, Dan Unit Intel Kodim 0912/KBr Letda Inf Lilik S, Pasi Log Kodim 0912/KBR Letda Inf Juweni, dan para Kabag, Kasat, Kapolsek dan Perwira Staf Polres Kubar. #Bripda Agus Purnomo-Humas Polres Kutai Barat

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here