Bulan Bakti Gotong Royong Ke-15 Tingkat Kabupaten

Rapat Pelaksanaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Ke-15 tingkat Kabupaten Kutai Barat tahun 2018, Senin 9/4/2018 di Ruang Rapat Diklat Lantai III Kantor Bupati Kutai Barat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Pelaksanaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Ke-15 tingkat Kabupaten Kutai Barat di tahun 2018, sedang digodok jadwalnya. Direncanakan dibuka Senin 16/4/2018 di Kampung Juaq Asa Kecamatan Barong Tongkok, akan ditutup di Kampung Tanjung Isuy Kecamatan Jempang, 16/5/2018. Bersamaan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-46.

Diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kubar, Faustinus Syaidirahman, kegiatan organisasi perangkat daerah bisa dilaksanakn serentak. Akan diadakan rangkaian perlombaan yang dijadwalkan tersendiri di Juaq Asa, sehingga masing-masing pemerintah kecamatan mempersiapkan diri untuk mengikutinya.

“Saya ingin acara ini sukses dan bernuansa berbeda. Jika memungkinan dan OPD siap, bisa mengadakan pameran,” katanya dalam rapat kordinasi di Ruang Rapat Diklat Lantai III Kantor Bupati Kubar, Senin 9/4/2018.

Ditambahkannya, bulan bakti juga ditujukan untuk peningkatan usaha masyarakat, menyejahterakan dan menambah pendapatan masyarakat setempat. “Ini merupakan upaya meningkatkan pendapatan desa dan ingin ada percontohan bagi desa,” tutur Syaidirahman.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Kutai Barat, Faustinus Syaidirahman memimpin rapat pelaksanaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Ke-15. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Untuk rencana bakti sosial, Kepala Seksi Perlindungan Korban Bencana Alam pada Dinas Sosial Kubar, Salkus menyebut baksos dijadwalkan di dua tempat pada 23 April nanti. Pertama di di Pasar Jaras Kelurahan Barong Tongkok dan berikutnya masih dipertimbangkan dengan permohonan aparat Kelurahan Simpang Raya. “Ada jalan lingkungan yang kondisinya masih jalan tanah. Informasinya licin saat hujan, dan masyarakat sering tergelincir saat melintasinya. Ini tentu membutuhkan banyak personil dan tenaga,” katanya.

Diusulkan pula baksos di Kampung Sakaq Tada Kecamatan Mook Manaar Bulatn. Ada seorang tua yang cacat permanen, Incun (67) tidak bisa melihat sejak remaja. Tadinya Incun produktif dengan usaha memproduksi gula merah. Namun faktor usia membuat Incun tidak lagi produktif, dan membuat kolam ikan. “Kita rencana mau membersihkan kolamnya, dan nanti ditampilkan pada expo di Jakarta pada Mei 2018 ini,” kata Salkus.

Sementara Sekretaris TP PKK Kubar, Margaretha Rampan menjelaskan, sudah mengoptimalisasikan lomba yang diikuti 16 kecamatan dengan utusan masing-masing 5 orang. Direncanakan juga mengadakan kunjungan ke Hutan Lindung Hemaq Beniung di Juaq Asa tersebut. “Tanggal 16 ada 3 lomba hingga malam dengan fahion show busana santai. Tanggal 17 paginya kita adakan senam bersama,” ujarnya.

Dalam rakor juga dibahas rencana pembukaan dengan prosesi adat, termasuk tarian selamat datang. Kemudian penandatangan berita acara peresmian, lomba busana dan hiburan rakyat. Ada juga Lomba Penyuluhan Lansia, Lomba BKB, Lomba UP2K, dan Lomba Ivates. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here