Direncanakan di GOR Desnan pada 29 Desember 2017

Rapat Panitia Natal Oikumene Kabupaten Kutai Barat tahun 2017 diikuti para Pastor, Pendeta dan Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Kubar. KELVIN NURDIN/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Tahun 2017 ini, Perayaan Natal Gabungan atau Oikumene Se-Kabupaten Kutai Barat akan dilaksanakan di Gelanggang Olahraga Desnan, Jalan Sendawar Raya, Barong Tongkok. Ibadahnya akan dilaksanakan Jumat 29/12/2017 dengan cara Ibadah Gereja Katolik. Hal itu disepakati pada Rapat Persiapan Natal Oikumene Kabupatan Kubar Tahun 2017, Jumat 8/12/2017 pagi tadi.

“Rencananya pada tanggal 29 Desember 2017 di GOR Desnan, tapi bisa berubah masalah waktunya. Para Koordinator dan Seksi agar menyampaikan sudah sampai di mana kesiapan seksinya,” ujar Ketua Umum Panitia Natal Oikumene Kubar 2017, Silvanus Ngampun.

Menurut Asisten III Sekretariat Kabupaten Kubar, Aminudin, pelaksanaan ibadah Natal nantinya secara Katolik. Soal pendanaan, diakuinya sulit. Karena berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Panitia tidak boleh menerima dana hibah, tapi akan diterima oleh Paroki. Sehingga tidak menyalahi aturan yang ada.

“Paroki harus menyiapkan laporan terkait penerimaan dan pengelolaan bantuan. Hibah harus ada laporannya, karena menjadi pertanggungjawaban ketika ada pemeriksaan dari BPK (Badan Pemeriksa Keuanga),” papar Aminuddin yang pernah menjabat Sekretaris Kabupaten Kubar.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, memimpin Rapat Panitia Natal Oikumene Kabupaten Kubar, Jumat 8/12/2017. KELVIN NURDIN/KABARKUBAR.COM

Sementara Bupati Kubar, FX Yapan, menegaskan Perayaan Natal Oikumene merupakan kegiatan rutini yang setiap tahun dilaksanakan. Kesepakatan Ibadah akan dilakukan secara Katolik, diminta harus bersemangat. “Kenapa kita merayakan Natal ini? Karena TUHAN itu ada,” katanya.

Bupati mengatakan, seluruh yang terlibat dalam perayaan Natal Oikumene itu harus bertanggungjawab dalam hal pelaporan. Masing-masing seksi harus membuat laporan mulai dari rencana dan pelaksanaannya dengan tertata rapi. Dan ada 3 asas dalam pelaporan keuangan, yaitu tidak ada penggelembungan harga atau mark up, tidak fiktif dan transparan.

Seluruh rangkaian kegiatan dimita tanggung jawab bersama. Dan setiap seksi dalam kepanitiaan harus saling berkomunikasi. “Untuk tempat sudah kita sepakati di GOR Desnan, sedangkan waktunya masih diatur. Saya ingin juga acara Natal Oikumene nantinya banyak yang hadir, jangan seperti tahun kemarin yang cuma sedikit,” pesan Yapan.

Hadir dalam rapat di Ruang Diklat Lantai III Kantor Bupati Kubar itu, Sekda Kubar Yacob Tullur, para Pejabat Organisasi Perangkat Daerah, Danramil 0912-12 Barong Tongkok Kapten Arm Sutrisno, Perwakilan Polres Kubar Iptu Andreas, Pastor, Pendeta dan Biarawati, para Seksi dan Koordinator Pantiai Natal Oikumene. #Kelvin Nurdin

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here