Diharap Tetap Menjaga Kerukunan, Persatuan dan Toleransi Sesama Umat Beragama

Rapat Pemantapan Pembentukan Panitia Pelaksana Musabaqah Tilawatil Quran Ke-13 Tingkat Kabupaten Kutai Barat, Senin 30/4/2018 di Kantor Urusan Agama Kecamatan Barong Tongkok, diikuti sejumlah tokoh agama lintas instansi. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Meski belum ditetapkan tanggal pelaksanaannya, Musabaqah Tilawatil Quran Ke-13 Tingkat Kabupaten Kutai Barat akan dilaksanakan pada minggu keempat September 2018 nanti. Jika MTQ Ke-12 dilaksanakan di Kecamatan Melak, tahun ini tuan rumah didapat Kecamatan Barong Tongkok. Pemantapan pun dilakukan untuk membentuk Panitia Pelaksana MTQ Ke-13 Kubar.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kubar, H Isnaini, pada tahap awal ini diupayakan melengkapi struktur kepanitiaan yang nantinya bertugas. Untuk diusulkan menjadi definitif melalui surat keputusan yang diterbitkan Bupati Kutai Barat. Setelah keluar SK dimaksud, maka panitia resmi bertugas.

Pantia Pelaksana diimbau membangun komunikasi yang baik antar panitia. Agar dapat melaksanakan kegiatan dengan baik. “Legalitas formal panitia dapat menjalankan tugasnya dan bisa menghimpun dana dana,” ujar H Isnaini saat rapat bersama sejumlah tokoh di ruang rapat Kantor Urusan Agama Kecamatan Barong Tongkok, Senin 30/4/2018.

Isnaini meminta masyarakat, khususnya yang beragama muslim, untuk berpartisipasi membantu suksesnya pelaksanaan MTQ yang akan datang. “Semoga Kubar yang heterogen  selalu terlintas suasana kerukunan, bersatu, dan toleran satu dengan yang lain,” katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Barat, H Isnaini, memimpin rapat untuk memantapkan persiapan MTQ Ke-13 Kubar yang akan digelar September 2018 nanti.  LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Dipilih sebagai tuan rumah, Kepala Kampung atau Petinggi Sumber Sari, Mulyadi menjelaskan, persiapan secara teknis belum matang. Namun kegiatan MTQ tahun 2018 sudah disosialisasikan kepada warga Sumber Sari dan rekan-rekannya sesama Petinggi se-Kubar. “Semoga program kabupaten dapat sukses dan berjalan baik,” harapnya.

Terkait pelaksanaan kegiatan atau perlombaan, kata Mulyadi, akan disebar di beberapa titik di Kecamatan Barong Tongkok. Sehingga akan disiapkan  fasilitas, termasuk soal teknis kegiatan di Pondok Pesantren di Kelurahan Barong Tongkok dan Kampung Rejo Besuki. “Ini merupakan hajat kecamatan di kampung Sumber Sari, dan ini juga perintah kabupaten disosialisasikan di wilayah Kecamatan Barong Tongkok,” jelasnya.

Ia berharap MTQ ini menjadi bukti siar Islam dan bisa mempererat tali silaturahmi antar umat beragama. Dan saling mendukung, meski berbeda keyakinan, serta harus saling menguatkan toleransi. “Ini bukanlah hajatan yang gampang. Mohon kerja sama yang baik,  melalui tenaga, pikiran, waktu dan biaya yang sangat dibutuhkansekali,” kata Mulyadi mengakhiri.

Ketua Panitia Hari Besar Islam Kubar, H Eddy Akhmadi mengatakan, Barong Tongkok,siap melaksanakan perhelatan MTQ Ke-13 Kubar. Sebagaimana hasil rapat kordinasi pemerintah kecamatan dengan para Petinggi, untuk menindaklanjuti SK Penetapan sebagai tuan rumah. Rapat pada Senin 5 Maret 2018 di aula Kantor Camat Barong Tongkok, ditetapkan Kampung Sumber Sari menjadi pusat kegiatan.

“Nah, rapat hari ini guna memaksimalkan pelaksanaan nantinya. Panitia pelaksana MTQ dipandu oleh Tim LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) kabupaten. Jadi sekarang panitia pelaksana menunggu terbitnya SK Panitia oleh Bapak Bupati Kubar, baru diagendakan rapat kerja pelaksanaan MTQ itu,” katanya kepada KabarKubar. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here