Minta ikuti perkembangan kasus dan Sinergi Memutus Mata Rantai Covid-19

Rombongan Komisi II DPRD Kabupaten Kutai Barat mengunjungi Posko Covid-19 di Kampung Ongko Asa, Kecamatan Barong Tongkok pada Selasa, 12 Mei 2020. RENALDO/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Komisi II DPRD Kabupaten Kutai Barat mendatangi Posko Pencegahan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Kampung Ongko Asa, Kecamatan Barong Tongkok. Tujuh dari sembilan Politisi ikut dalam kunjungan. Selain memberi arahan atau saran, Komisi yang membidangi Perekonomian dan Pembangunan ini menyerahkan bantuan sembako, serta alat penutup hidung dan mulut atau masker.

“Kunjungan kami ini untuk memantau Posko Covid-19, dan melihat bagaimana perkembangan dan penanganan Covid-19 di Kampung Ongko Asa,” ungkap Yudi Hermawan selaku Ketua Komisi II di Posko Covid-19 di RT 2 Kampung Ongko Asa pada Selasa, 12 Mei 2020 pagi tadi.



Menurut Rita Asmara Dewi, menegaskan pentingnya kerja sama tiga elemen untuk mencegah penyebaran wabah virus corona. Yaitu antara pemerintah daerah, pemerintah kampung dan masyarakat. “Agar dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini,” kata Politisi Partai Amanat Nasional ini.

Dikatakan Kepala Kampung atau Petinggi Ongko Asa, Bagun, pihaknya telah mengaktifkan posko penjagaan sejak 6 April 2020. Untuk menjaga dan memutus persebaran Covid-19 di wilayah kampung, mereka membentuk tiga kelompok kerja atau shift penjagaan. Yaitu pagi, siang dan sore.

Ia mengakui, kendala terbesar dalam penjagaan adalah kesadaran masyarakat dalam menjalankan aturan-aturan yang sudah ditetapkan pemerintah. “Susahnya mendapatkan masker dan alat perlindungan diri lainnya,” ujar Bagun di hadapan para Wakil Rakyat Tanaa Purai Ngeriman dan Sekretaris Kampung Ongko Asa, Renaldo serta sejumlah perwakilan warga setempat.

Ditambahkannya, Ongko Asa telah menerima bantuan beras dari Pemerintah Kabupaten Kutai Barat sebanyak 440 kilogram. Beras itu sudah dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Akan ada bantuan lain dari Dinas Sosial, dan Bantuan Langsung Tunai bersumber dari Dana Desa yang masih dalam proses verifikasi data dari Tim Relawan Covid-19 Kampung Ongko Asa dan dari pihak kecamatan.

Diskusi para Politisi DPRD Kubar bersama Petinggi Ongko Asa, Bagun, dan perwakilan warga, tetap mengikuti standar kesehatan yang dianjurkan pemerintah. RENALDO/KABARKUBAR.COM

“Kami sangat berterimakasih atas kunjungan DPRD Kubar. Saya berharap ada lagi bantuan dari pemerintah daerah, pihak dewan dan donatur lainnya,” katanya usai menerima bantuan berupa masker 12 lusin, gula 10 kilogram, kopi dan kental manis, serta dua dus mi instan.

Politisi PDI Perjuangan lainnya, Lusiana Ipin, menekankan pentingnya menjaga kestabilan dan ketahanan pangan dengan bercocok tanam. Seperti padi, singkong, talas dan tanaman pangan lainnya. “Ikuti juga informasi tentang perkembangan kasus Covid-29 di Kubar,” pesannya.



Sementara Noratim yang adalah Politisi Partai Demokrat, meminta agar warga Ongko Asa tetap menjaga kesehatan. Serta bersinergi dengan pihak-pihak yang menangani pencegahan penyebaran Covid-19. “Pemerintahan dan pembangunan kampung harus tetap berjalan,” tegasnya.

Hadir pula tiga Politisi lain. Yakni H Ellyson dari Partai Keadilan Sejahtera, Yelmianus Handian asal Partai Hati Nurani Rakyat, dan Agus Sopian dari Partai Nasdem. #Renaldo

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here