Peserta Pemilu Diminta Jaga Kamtibmas

Para Pengurus Partai Politik mengikuti Bimbingan Teknis Tata Cara Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, Sabtu 30/9/2017 di Kantor KPU Kutai Barat. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Barat memanggil para pengurus partai politik di Tanaa Purai Ngeriman, Sabtu 30/9/2017 pagi tadi. Mereka diingatkan untuk bersiap diri, karena tahapan pendaftaran parpol akan dibuka dua hari lagi. Yakni Selasa 3/10/2017 hingga Senin 16/10/2017.

Ketua KPU Kubar, Fransiskus Xaverius Irianto mengatakan, menjalankan amanah dalam Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. Termasuk isi dari Pasal 173 yang menyinggung pendaftaran dan verifikasi parpol. Pendaftaran yang dijadwalkan 3-16 Oktober 2017, akan dibuka hingga pukul 24.00 Wita.

“Dalam kegiatan kita ini, sudah ada keputusan-keputusan terkait jumlah kecamatan dan penduduk yang sah. Sedangkan Daftar Pemilih Tetap di Kubar adalah 158.850 Pemilih,” ujarnya saat membuka Bimbingan Teknis Tata Cara Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Wakil Kepala Polres Kubar, Kompol Gede Pasek Mulyana, memberikan arahan dalam pembukaan Bimtek di KPU Kubar. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Semua partai memiliki hak yang sama dalam melakukan pendaftaran. Dan Nomor Pendaftaran Parpol kami akan menggunakan sesuai nomor kehadiran, jadi siapa yang lebih dulu datang mendaftar, ya itulah nomornya,” imbuhnya dalam pertemuan di Sekretariat KPU Kubar, Kompleks Perkantoran Bupati Kubar di Barong Tongkok.

Selaku pihak yang bertanggungjawab pada pengamanan Pemilu, Kepolisian Resor Kubar meminta semua parpol ikut terlibat menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Terlebih dalam menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur tahun 2018 yang sudah dekat. Juga Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden di 2019.
“Persiapkan diri, agar saat melakukan pendaftaran ke KPU tidak ada hambatan terkait dengan persyaratan,” pesan Wakil Kepala Polres Kubar, Kompol Gede Pasek Mulyana.

Selain Irianto, 4 Komisioner KPU Kubar juga hadir dalam pembukaan Bimtek. Yakni Arkadius Hanye (Divisi Hukum), Martinus (Divisi Program dan Data), Johanes Nuel (Divisi Partisipasi Masyarakat), dan Suhaini (Divisi Umum, Keuangan dan Logistik). Hadir pula Perwira Seksi Intelijen Kodim 09012/KBR, Kapten Infanteri Rokim.

Sedangkan dari Parpol, ada 22 perwakilan. Yaitu,
Elvin Eriadam: Sekretaris DPD Partai Nasdem
Hamniansyah : Sekretaris DPD Partai Golkar
Agus Panca Irianto: Ketua DPC PKPI
Hendrik Bungas: Ketua DPC Partai Hanura
Suryadi : Sekretaris DPC Partai Hanura
Albert: Wakil Ketua DPC Partai Hanura
Untung Surapati: Ketua Harian DPC Partai Demokrat
Surya Atmaja: Bendahara DPC Partai Demokrat
Delusius Paulus: Wakil Ketua DPC Partai Demokrat
Arkadius Elly: Sekretaris DPC Partai Amanat Nasional
Rahmat Nur Hidayat: Bendahara DPC Partai Amanat Nasional
H Suryadinata : Wakil Ketua DPC Partai Amanat Nasional
Robby Fratama: Wakil Sekretaris DPC Partai Amanat Nasional
Jamidi: Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera
Muhamad Aslan: Bendahara DPD Partai Keadilan Sejahtera
Kim Sianto : Wakil Bendahara DPC PDI Perjuangan
Agustinus Ran: Staf Sekretariat DPC PDI Perjuangan
Edi Supian : Sekretaris DPC Partai Gerindra
Alimansyah Ukon : Sekretaris DPC Partai Kebangkitan Bangsa
YS Sudhiyanto : Ketua DPC Partai Indonesia Kerja
Bayu Murti: Sekretaris DPC Partai Indonesia Kerja
Darsono Edward : Ketua DPD Perindo 
#Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here