Diharap Berpartisipasi di Setiap Pemilu

Para pelajar dan mahasiswa menjadi peserta terbanyak dalam Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula dan Perempuan Dalam Rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim Tahun 2018 di Ruang Aji Tulur Jejangkat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Pemerintah Kabupaten Kutai Barat mengingatkan para pemuda dan perempuan yang notabene pemilih pemula di pesta demokrasi berikut, menjauhi diri dari pemberitaan palsu. Atau berita bohong yang populer disebut hoax. Sebab hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya.

Ia menyampaikannya dalam Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula dan Perempuan Dalam Rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim Tahun 2018. “Saya mengimbau agar mencari yang resmi dan hindari informasi hoax atau palsu. Serta menggunakan hak politik dalam memilih secara dewasa,” ujar Bupati Kutai Barat FX Yapan, dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Kabupaten Kubar Yacob Tullur, Kamis 5/4/2018 di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat Kantor Bupati Kubar.

Yacob Tullur menyampaikan, keikutsertaan seluruh pemilih pemula dan perempuan perlu ditingkatkan. Agar mereka paham pada proses demokrasi. Seperti penggunaan hak pilih, persyaratan ikut memilih, dan persoalan lain dalam pemilihan. Sehingga nantinya ikut menjadi pemilih.

Sekretaris Kabupaten Kubar, Yacob Tullur, memimpin Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula dan Perempuan Dalam Rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim Tahun 2018, Kamis 5/4/2018. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Sekda berharap para pelajar yang hadir dalam sosialisasi dapat menjadi pemilih pemula yang berperan dalam pesta demokrasi. Karena pemilih pemula dan perempuan adalah aset serta generasi masa depan bangsa. “Untuk dapat terwujud dengan baik dan profesional, kami mengajak serta mendorong masyarakat agar berpartisipasi di setiap pemilihan umum,” ujar Yacob Tullur.

Diungkapkan Ishak Pongsama selaku Ketua Panitia, pelajar dan mahasiswa diundang untuk menyosialisasikan berbagai regulasi mengenai pemilih pemula. Guna meningkatkan pengetahuan dan partisipasi mereka dalam pesta demokrasi, khususnya dalam Pilgub Kaltim 2018.

Sosialisasi dijadwalkan di tiga zona. Pertama, meliputi masyarakat dan pelajar SMA di tujuh kecamatan yang bertempat di Ruang Aji Tulur Jejangkat. Yakni Kecamatan Long Iram, Tering, Bigung, Barong Tongkok, Melak, Nyuatan dan Mook Manaar Bulatn. Kemudian pada 6 April 2018 di Kecamatan Damai, Muara Lawa, Siluq Ngurai dan Bentian. Terakhir, 13 April 2018 nanti di Kecamatan Bongan, Muara Pahu, Penyinggahan dan Jempang.

Sosialisasi hari ini diisi ceramah, diskusi dan tanya jawab peran perempuan dalam demokrasi oleh Komisi Pemilihan Umum Kubar. Peserta dari 7 kecamatan mencapai 300 orang, yang terdiri masing-masing 3 aparat kecamatan dan 2 orang dari setiap kampung. “Semoga berjalan dengan baik dan lancar,” ucap Ishak Pongsama.

Sosialisasi dihadiri juga Hermanuddin selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Ketua KPU Kubar FX Irianto, Bidang Pencegahan dan Perhubungan Antar Lembaga Panwaslu Kubar Risma Dewi, dan Kepala Bagian Perencanaan Polres Kubar Kompol Kasdi. #Lilis Sari

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here